www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
434 ASN Pemprov Riau Sembuh dari Covid-19, 8 Meninggal
 
5 Bantuan Ini Cair Oktober, Mulai Kuota Internet hingga BLT Karyawan
Jumat, 02 Oktober 2020 - 20:20:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Pemerintah masih akan memberikan sejumlah bantuan di bulan Oktober sebagai stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Bantuan tersebut diberikan dalam beberapa bentuk sesuai dengan kebutuhan masing-masing target penerima bantuan. Berikut daftar 5 bantuan cair bulan Oktober 2020.

Sejak beberapa waktu lalu, pemerintah memang terus menjalankan program bantuan melalui sejumlah Kementerian terkait. Di bulan Oktober ini, terdapat beberapa bantuan yang kembali diberikan pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid-19. Berikut ini sejumlah bantuan yang cair di bulan Oktober 2020 dikutip dari suaracom:

1. Bantuan Kuota Internet

Bantuan kuota internet diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Target penerima bantuan kuota internet ini adalah pelajar dan tenaga pengajar, mulai dari siswa, guru, mahasiswa, hingga dosen.

Pemerintah pun telah menganggarkan dana sekitar Rp 7 triliun untuk program ini. Di Oktober, bantuan kuota internet rencananya akan disalurkan sekitar tanggal 22 – 24 Oktober (Tahap I) dan 28 – 30 Oktober (Tahap II). Bantuan ini rencananya akan diberikan hingga Desember mendatang.

2. Subsidi Listrik PLN

Di bulan Oktober, subsidi listrik juga kembali diberikan kepada para pelanggan PLN. Pelanggan pascabayar akan mendapatkan pembebasan tagihan.

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar yang memenuhi syarat, bantuan diberikan dalam bentuk token listrik gratis maupun subsidi token sebesar 50%. Pelanggan dapat langsung mengklaim subsidi ini melalui beberapa metode, termasuk melalui laman resmi PLN https://stimulus.pln.co.id/ maupun nomor WA 08122123123. Subsidi yang telah diberikan sejak Mei lalu ini rencananya akan terus disalurkan hingga Desember 2020 mendatang.

3. Subsidi Gaji Karyawan

Subsidi gaji karyawan gelombang kedua akan disalurkan pada akhir bulan Oktober atau paling lambat awal November 2020. Subsidi gaji gelombang kedua akan diberikan setelah seluruh proses penyaluran gelombang pertama selesai dilaksanakan.

Bantuan subsidi gaji ini diberikan kepada para karyawan/pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang dilaporkan dalam kepesertaan Jamsostek. Para karyawan/pekerja yang memenuhi syarat akan mendapatkan subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu selama empat bulan.

4. Bantuan UMKM

Bantuan UMKM juga kembali diberikan pemerintah di bulan Oktober ini. Bahkan bantuan ini rencananya akan terus dilanjutkan hingga kuartal pertama 2021 mendatang. Bantuan UMKM senilai Rp 2,4 juta ini diberikan kepada UMKM yang sudah terdaftar pada koperasi di wilayahnya.

5. Bantuan Sosial Beras

Mulai Agustus lalu, bantuan sosial atau bansos beras telah disalurkan pemerintah kepada 10 juta keluarga Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan ini diberikan dalam bentuk 15 kg beras setiap bulannya.

Bulan Oktober 2020 ini, pemerintah juga masih akan menyalurkan bansos beras melalui Perum Bulog. Sebagai langkah preventif, Perum Bulog terlebih dahulu memastikan kualitas beras sebelum disalurkan ke masyarakat. Adapun proses penyaluran bansos beras ini akan dikoordinasikan dengan pihak kelurahan setempat.

Itu dia bantuan cair bulan Oktober, mulai dari bantuan kuota internet hingga bansos beras. Segera lakukan pendaftaran jika kalian berhak menerima bantuan sosial tersebut. (*)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

 
Berita Lainnya :
  • 434 ASN Pemprov Riau Sembuh dari Covid-19, 8 Meninggal
  • Sudah 20.601 Orang di Riau Terpapar Covid-19, Pekanbaru Sumbang 9.945 Kasus
  • Kapolri Sebut Penanganan Kejahatan Transnasional Perlu Keterlibatkan Seluruh Aparatur Penegak Hukum
  • Ringankan Beban Masyarakat Saat Pandemi, Polsek Bagan Sinembah dan Lurah Bantu Sembako
  • Tokoh Melayu Zulmizan Assagaff Sebut Aksi Tolak Rizieq Adu Domba
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved