www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Jalan Gajah Mada, Tak Berlumpur Kala Hujan, Tak Berdebu Kala Panas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Aturan Akad Nikah New Normal, Maksimal Dihadiri 30 Tamu Undangan
Minggu, 31 Mei 2020 - 07:27:54 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA- Menteri Agama Fachrul Razi mengeluarkan aturan mengenai kegiatan akad nikah di rumah ibadah selama masa pandemi virus corona. Dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020, jumlah kehadiran orang dibatasi maksimal 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak melebihi 30 orang.

Kebijakan ini dikeluarkan seiring keinginan pemerintah untuk memberlakukan tatanan kehidupan baru alias new normal di tengah pandemi Covid-19.

"Membatasi jumlah peserta yang hadir maksimal 20 persen dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang," kata Fachrul Razi di Jakarta, Sabtu (30/5/2020) dikutip dari cnnindonesia.

Selain itu, Razi mengatakan orang yang boleh menghadiri akad nikah adalah mereka yang sehat dan negatif Covid-19. Pelaksanaan kegiatan akad pun dilaksanakan secara efisien.

Fachrul Razi menerangkan rumah ibadah yang dibenarkan melaksanakan kegiatan keagamaan adalah rumah ibadah yang sudah mendapat surat keterangan (SK) 'Rumah Ibadah Aman Covid-19' dari Ketua Gugus Tugas Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan sesuai tingkatan rumah ibadah dimaksud.

Adapun syarat untuk mendapatkan SK tersebut adalah berdasarkan angka R-Naught/RO dan angka Effective Reproduction Number/RT, berada di kawasan/lingkungan yang aman dari Covid-19.

"Surat Keterangan akan dicabut bila dalam perkembangannya timbul kasus penularan di lingkungan rumah ibadah tersebut atau ditemukan ketidaktaatan terhadap protokol yang telah ditetapkan," jelasnya.

Selain itu, kata Fachrul Razi, SE rumah ibadah ini juga mengatur kewajiban pengurus atau penanggungjawab rumah ibadah seperti menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area rumah ibadah, melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala di area rumah ibadah, menyiapkan handsanitizer, fasilitas cuci tangan, dan sebagainya.

Fachrul Razi juga mengungkapkan SE ini mengatur kewajiban masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di rumah ibadah.

Di antaranya jemaah dalam kondisi sehat; meyakini bahwa rumah ibadah yang digunakan telah memiliki SK aman Covid-19 dari pihak yang berwenang; menggunakan masker atau masker wajah sejak keluar rumah dan selama berada di area rumah ibadah; dan lainnya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Bupati Kasmarni didampingi Kadis PUPR Ardiansyah mendengar penjelasan rencana pembangunan Kantor Camat Talang Muandau.Jalan Gajah Mada, Tak Berlumpur Kala Hujan, Tak Berdebu Kala Panas
Jubir Satgas Covid-19 Riau Indra YoviBooster Moderna untuk Nakes, Jubir Covid-19: Satgas Kabupaten-Kota Harus Pantau Ini
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir
Vaksinasi I dan II Masih di Bawah 20 Persen, Kadiskes Ingatkan Jangan Takut Divaksin
Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Koramil 01/Bangko gelar kegiatan penegakkan hukum dan pendisiplinan protokol kesehatan. Tim Satgas dan Koramil Bangko Gakkum dan Pendisiplinan Prokes Covid-19
Wakil Ketua DPRD Riau HardiantoDPRD Riau Dukung Rumah Oksigen
  IlustrasiInhu Tambah 72 Kasus Baru Covid-19, Total Meninggal 101 Orang
Kepala BPS Riau, Misfaruddin.Mulai Membaik, Tingkat Hunian Kamar Hotel di Riau 33,40 Persen
Sekum PP Muhammadiyah Abdul MuMuhammadiyah: Vaksinasi Bagian dari Ikhtiar Ilmiah
Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026Paripurna DPRD, Bupati Rohil Serahkan Rancangan Awal RPJMD 2021-2026
IlustrasiLama Tak Dibersihkan, Kanal Milik PT BSP Simpang Siak Tersumbat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Tanoto Foundation Donasikan 3.000 unit Oxygen Concentrator ke Kementerian Kesehatan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved