www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
 
Deretan Daerah di Indonesia dengan Status Tanggap Darurat dan KLB Corona
Sabtu, 21 Maret 2020 - 10:53:14 WIB
Petugas membersihkan salah satu bagian kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (4/3). Foto: ANTARA
Petugas membersihkan salah satu bagian kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (4/3). Foto: ANTARA

Meski belum ada opsi lockdown di Indonesia, sejumlah daerah telah menetapkan status tanggap darurat dan Kejadian Luar Bisa untuk virus corona. Warga diminta untuk menjauhi keramaian, menjaga jarak (social distancing), hingga beraktivitas di rumah untuk menekan penyebaran corona. 

Per Jumat (20/3), angka penderita corona di Indonesia mencapai 369 orang. Sebanyak 32 orang meninggal dunia dan 17 lainnya berhasil sembuh. 

Berikut daftar daerah yang sudah menerapkan tanggap darurat dan KLB:

DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meningkatkan status Tanggap Darurat COVID-19. Dengan adanya status baru ini, Anies berharap, semua penanggulangan penularan corona ditingkatkan, baik itu untuk Pemprov, TNI-Polri, maupun warga Jakarta. 

"Ini ditetapkan untuk 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang menyesuaikan dengan kondisi terkini," ujar Anies, Jumat (21/3). 

Anies juga meminta semua perusahaan untuk menghentikan kegiatan perkantoran dan menginstruksikan pegawai untuk bekerja dari rumah. Selain itu, Anies juga menutup tempat wisata, bar, hingga bioskop selama dua pekan. 

Jakarta menjadi wilayah terparah penularan corona. Tercatat ada 224 orang terinfeksi, 20 meninggal dunia, dan 13 dinyatakan sembuh. Ada 66 orang yang isolasi mandiri. 

Kepulauan Riau

Kamis (19/3), Pemprov Kepri menetapkan tanggap darurat setelah ada tiga warga positif corona, 39 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 144 Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto Isdianto berharap masyarakat tidak panik dalam menghadapi kondisi tersebut, asal bisa mengurangi diri untuk keluar rumah. Gugus Tugas penanganan COVID-19 akan meningkatkan protokol mencegah percepatan wabah corona. 

"Jangan panik, tapi ayo kita sama-sama, melakukan pencegahan, dengan mengawasi diri sendiri, keluarga dan anak," ujarnya dilansir Kepripedia. 

DIY

Status tanggap darurat bencana virus corona di DIY berlaku per 20 Maret-29 Mei 2020. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, menilai perlu ada langkah masif untuk mencegah terjadinya penularan. 

"Makanya kemudian dengan status itu maka harapannya kita memiliki payung untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan SK itu," kata Biwara dihubungi awak media, Jumat (20/3/2020). 

"Kemudahan dalam mengakses sumber daya, perlengkapan peralatan yang dibutuhkan. Karena kita tahu, sekarang kan kebutuhan disinfektan, APD, masker, kebutuhan-kebutuhan lain itu kan banyak. Sumber dananya (dari) APBD. Statusnya tanggap darurat kan bisa mengakses belanja tidak terduga (BTT)," ujarnya. 

Di Yogyakarta, sudah ada 4 orang positif terjangkit virus corona. 

Bogor

Pemerintah Kota Bogor menetapkan status KLB corona setelah Wali Kota Bima Arya dinyatakan positif tertular corona. 

Bima Arya positif COVID-19 pada 20 Maret usai melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan pada awal Maret. Belum diketahui di mana ia tertular, karena sebelum ke Turki ia juga sempat menghadiri acara GPIB di Hotel Aston pada 26 Februari. Seminar itu menjadi salah satu lokasi penularan corona yang telah menjangkiti 4 peserta. 

Saat ini, ada 41 orang di Jawa Barat, termasuk Bogor, positif terjangkit corona. Sebanyak 7 di antaranya meninggal dunia. 

Kalimantan Barat

Kalimantan Barat menetapkan KLB per Rabu, 18 Maret. Ini menyusul setelah ada 342 orang di Kalimantan Barat berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait corona. Sebanyak 10 orang dirawat di ruang isolasi dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 2 di antaranya positif corona.

Mengutip Hi!Pontianak, Pemprov Kalbar telah mengirim surat kepada bupati dan wali kota di Kalbar, untuk mengeluarkan status KLB demi menekan angka corona. 

Dengan ditetapkannya KLB di Kalbar, pihaknya dapat menggerakkan SDA dan lebih serius menangani wabah tersebut. 

Bojonegoro

Bupati Bojonegoro menetapkan KLB nonalam untuk mencegah corona. Bojonegoroo meminta aktivitas di sekolah dirumahkan sementara sejak 16 Maret-21 Maret.

Dilansir Berita Bojonegoro, Pemerintah Bojonegoro juga meminta polisi mengawal masyarakat untuk mengingatkan aksi social distancing dan mengurangi kegiatan di luar rumah. Termasuk menghindari acara yang dihadiri banyak massa. Terlebih, sudah ada 45 kasus positif di Jawa Timur dan 1 pasien meninggal.

Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan Banten dalam kondisi KLB corona. Sejumlah kebijakan sudah diputuskan, salah satunya meliburkan sekolah selama 2 pekan.

Selain itu, Wahidin menginstruksikan agar para pejabat tidak melaksanakan upacara dan apel bersama, membatasi kegiatan yang melibatkan orang banyak. 

"Membatalkan kunjungan kerja dan tidak menerima kunjungan kerja dari luar Banten hingga batas waktu Kejadian Luar Biasa (KLB) ini dinyatakan berakhir," ujar Wahidin. 

Di Banten, terdapat 37 orang terjangkit corona. Sebanyak 1 orang meninggal dunia dan 1 lainnya berhasil sembuh.

Kalimantan Timur

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberlakukan kebijakan local lockdown selama 2 pekan sejak Selasa, 17 Maret 2020. Local lockdown yang dimaksud yakni membatasi warga untuk keluar rumah dan aktivitas yang melibatkan banyak orang. 

"Kita akan mengadakan sebuah situasi yang disebut dengan local lockdown," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi pada saat mengadakan konferensi pers seusai rapat (16/3), dilansir Karja. 

"Kalau lockdown pengertian sesungguhnya tidak boleh masuk, tidak boleh keluar. Kita sebut sebagai local lockdown, mengurangi seefektif mungkin aktivitas di luar," tambah Hadi. 

Saat ini, Pemprov Kaltim telah meliburkan anak-anak sekolah dan menunda UN. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi penyakit COVID-19. Terlebih, sudah ada 10 orang di Kaltim positif corona. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi7 Provinsi di RI Termasuk Riau Nihil Kasus Baru Corona Hari Ini
IlustrasiPositif Corona di RI Hari Ini Bertambah 1.268, Total 66.226 Kasus
KSAD Jenderal Andika Perkasa (nomor 3 dari kiri) dan istrinya, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono (dua ari kiri)./Youtube @TNIADHeboh Masker Unik Istri KSAD yang Harganya Sampai Rp25 Juta
  IlustrasiPecah Rekor, Pasien Corona di Indonesa Hari Ini Tambah 1.863, Total Jadi 68.079 Kasus
Jusuf Kalla.Pemimpin harus Mandiri, Indonesia Jangan Harapkan Bantuan Negara Lain di Masa Pandemi Covid-19
Kalung antivirus corona.Heboh Kalung Anticorona, DPR Minta Kementan Teliti Lebih Lanjut

 
Berita Lainnya :
  • Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
  • SKK Migas dan KKKS Serahkan Paket Sembako ke PWI Riau
  • Gagasan Webinar Komunikasi Kesehatan: Kreativitas, Sesuaikan Aktor hingga Gunakan Pantun
  • Direktur PT DSI Ditetapkan Sebagai Tersangka Pembakar Lahan di Riau
  • Soal Petugas PPDP Reaktif Rapid Test, KPU Bengkalis Tunggu Hasil Swab
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved