www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Kemenkum HAM Riau Dukung Lapas dan Rutan Raih Zona Integritas WBK dan WBBM
 
Diskes Bali Telusuri Tempat Singgah Wisatawan China yang Positif Virus Corona
Kamis, 13/02/2020 - 11:57:49 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

DENPASAR - Dinas Kesehatan Bali melakukan pelacakan kontak (contact tracing) dari jejak perjalanan wisatawan asal China yang disebut terjangkit virus corona.

WN China yang disebut beridentitas Jin itu dikabarkan telah melakukan perjalanan ke Bali sejak tanggal 22 sampai 28 Januari. Ia terbang dari Wuhan (China) ke Bali menggunakan pesawat Lion Air.

Wuhan yang merupakan ibu kota provinsi Hubei, China, diketahui menjadi daerah pertama terjadinya wabah virus corona yang kini sudah pula menyebar ke sejumlah negara di dunia termasuk Singapura dan Thailand.

"Kami lakukan pelacakan kontak. Bersama jajaran kami lacak di mana dia menginap. Ini harus cepat dilakukan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bali, I Ketut Suarjaya, Kamis (13/2.2020) dikutip dari cnnindonesia.

Upaya contact tracing adalah proses identifikasi orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Suarjaya mengaku sudah mendapatkan data orang yang dimaksud (Jin) dari pihak Kementerian Luar Negeri per hari ini.

"Hari ini saya cari datanya. Karena tak mudah mencari kalau alamatnya tidak lengkap saat dia datang dan pergi," kata dia.

"Saya juga baru dapat hari ini identitas orangnya dari kementerian. Namun saya tidak bisa sampaikan. Ini hanya untuk internal," sambung dia.

Meski demikian, Suarjaya cukup yakin warga negara China tersebut tidak terinfeksi di Bali. Alasannya, di Bali tidak ditemukan kasus positif corona selama ini.

Ia menduga WN China yang bersangkutan terinfeksi virus saat sudah berada di negaranya, karena dia kembali sembilan hari sebelum terpapar corona. Apalagi saat itu, di Wuhan virus ini sedang mewabah.

"Jadi beberapa kemungkinan ada. Bisa saja dia saat sudah di sana (China) baru terpapar. Kalau dirunut dia kan kembali sembilan hari sebelum terpapar corona," katanya.

Terkait waspada wabah virus corona, kata Suarjaya, Dinas Kesehatan Bali sudah melakukan berbagai upaya antisipasi.

"Kami selalu jaga, sudah luar biasa. Hal seperti ini tetap dalam pengawasan kami," katanya.

Di satu sisi, kabar keberadaan WN China terjangkit virus corona di Bali itu membuat kekhawatiran juga di tengah warga provinsi tersebut.

Salah satunya, Dewa Bata yang bermukim di Gianyar. Ia mengaku kaget saat membaca berita dugaan WN China terjangkit virus corona tersebut.

"Ratu Bhatara [Ya Tuhan], semoga kabar ini tidak benar. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya," demikian Dewa berdoa kemudian memberi tahu temannya yang lain saat mereka berkumpul di bale banjar di Gianyar.

Terkait kabar ini, pihak maskapai penerbangan Lion Air lewat keterangan resminya telah membantah informasi yang menyatakan satu penumpang dari Wuhan dikabarkan terindikasi virus corona.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penumpang yang dimaksud telah melewati pemeriksaan medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan dinyatakan dalam keadaan sehat.

"Lion Air menerima keterangan setelah seluruh awak pesawat dan penumpang diperiksa oleh tim medis. Dinyatakan tidak terindikasi terkena virus dimaksud." ujarnya, Rabu (12/2).

Danang menjelaskan, pada Rabu 22 Januari, Lion Air melakukan penerbangan internasional dengan pesawat bernomor JT-2618 dari Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan, Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, China menuju bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Saat itu, Lion Air yang mengoperasikan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LJT berangkat sesuai jadwal pada 17.05 waktu setempat dari Wuhan. Pesawat kemudian mendarat di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 22.55 waktu setempat.

Danang menjelaskan, ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara atau apron, petugas teknisi bekerjasama dengan pihak terkait melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiDiskes Bali Telusuri Tempat Singgah Wisatawan China yang Positif Virus Corona
Demo warga Natuna tolak WNI dari Wuhan.Kapolres Natuna Dimutasi, Ada Hubungan dengan Demo Warga Tolak WNI dari Wuhan?
 Warga Natuna membakar ban menolak kedatangan WNI dari Wuhan. FOTO: detikTolak WNI dari Wuhan, Warga Natuna Demo Bakar Ban di Lanud Raden Sadjad
  Ilustrasi1.000 Orang Lebih Meninggal Akibat Virus Corona, Indonesia Diklaim Masih Bebas
Ilustrasi turis asal China di Bali. Foto: CNNIndonesiaWaspada Virus Corona, Ribuan Wisatawan Asal China di Bali Akan Dipulangkan
Warga Natuna protes rencana daerahnya dijadikan lokasi karantina WNI dari Wuhan, China. Foto: CNNIndonesiaTolak WNI dari Wuhan Dikarantina di Natuna, Ratusan Warga Demo

 
Berita Lainnya :
  • Kemenkum HAM Riau Dukung Lapas dan Rutan Raih Zona Integritas WBK dan WBBM
  • KPPG dan AMPG Siap Menangkan Andi Rachman di Musda Partai Golkar
  • Jadi Temuan BPK, Kejati Riau Pelajari Anggaran Tak Wajar UIN Suska Rp42 Miliar
  • Atasi Karhutla di Riau, Gubri Minta Bantuan Perusahaan Lakukan Water Bombing
  • Cuaca Ekstrem, Diskes Catat 63 Kasus DBD di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved