www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Jadi Temuan BPK, Kejati Riau Pelajari Anggaran Tak Wajar UIN Suska Rp42 Miliar
 
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Posko Relawan Karhutla Riau
Rabu, 12/02/2020 - 20:06:04 WIB
Kunker Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Riau
Kunker Panglima TNI dan Kapolri ke Pekanbaru, Riau

PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis kembali melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru, Provinsi Riau untuk melakukan pengecekan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sebelum melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah, Pekanbaru, rombongan bergerak dari Lanud Roesmin Nurjadin menuju Posko Relawan Karhutla Provinsi Riau di Purna MTQ Pekanbaru. Relawan Karhutla itu terdiri dari beberapa unsur seperti Tagana, SAR, ormas-ormas serta asosiasi para pengusaha kelapa sawit diantaranya ada dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi - APP Sinar Mas, Fire Free Village Asian Agri dan lainnya.

"Tinjauan kami terkait kesiapan untuk menghadapi musim kemarau, yang dari informasi akan terjadi pada akhir Februari ataupun awal Maret nanti cukup panjang hingga bulan Oktober," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Posko Relawan Karhutla Riau, Rabu (12/2/2020).

Usai meninjau posko terpadu Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI akan melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) terkait bagaimana teori hingga teknis penanganan Karhutla

“Kuncinya adalah sinergi, kita bahu-membahu untuk selamatkan hutan demi anak cucu kita,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis menambahkan, disamping melakukan upaya pencegahan kebakaran, jajarannya juga telah membuat Satuan Tugas (Satgas) penegakan hukum Karhutla. "Ini berjalan selaras dengan penanganan Karhutla, Provinsi Riau sudah bagus, dan beberapa Polda harus mencontoh," tegas Kapolri.

Partisipasi Aktif Asian Agri

Sebelumnya Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Fire Free Village Asian Agri mengatakan, keikutsertaan Asian Agri  merupakan bentuk kesiapan perusahaan dalam mencegah terjadinya Karhutla.

Menurut Hafiz, sebagai salah satu perusahaan perkebunan yang mendukung industri kelapa sawit berkelanjutan, perusahaan sudah menerapkan 'zero burning'.

Dijelaskan, Asian Agri dalam menjalankan operasionalnya senantiasa mendukung industri kelapa sawit lestari dengan menerapkan kebijakan 'tanpa bakar' sejak tahun 1994. Selain itu,  Tahun 2016, Asian Agri juga sudah bergabung dengan Fire-Free Alliance untuk bekerjasama dengan para mitra untuk bersama-sama menanggulangi permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.


Sebagai anggota dari FFA, Asian Agri secara aktif melaksanakan program Desa Bebas Api yang bertujuan untuk memberdayakan dan mendorong desa menerapkan kebijakan tanpa bakar dalam mengelola lahan serta menjaga desa mereka terbebas dari api.

Riau Lebih Siap

Usai kunjungan di Posko Relawan Karhutla Riau, Gubernur Riau, H Syamsuar mengatakan kkedatangan Panglima TNI dan Kapolri dan rombongan adalah untuk melihat kesiapan Satgas yang ada di Riau untuk menghadapi Karhutla 2020.

"Dan tanggapan Panglima TNI beserta Kapolri sendiri cukup bagus karena memang tahun 2020 ini Riau sendiri lebih siap untuk menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan," kata Gubri.

Bahkan tadi, lanjut Gubri, Kapolri juga minta seluruh Polda yang ada di Indonesia yang daerahnya rawan terhadap Karhutla untuk dapat mencontoh apa yang telah dipersiapkan Riau.

"Selain itu, Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan bahwa akan mempersiapkan TMC lebih cepat di Riau. Sehingga nantinya kabupaten/kota di Riau yang jarang hujan akan dibuatkan hujan buatan," jelasnya.

Penulis: Helmi & Rivo
Editor: Yusni

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

 
Berita Lainnya :
  • Jadi Temuan BPK, Kejati Riau Pelajari Anggaran Tak Wajar UIN Suska Rp42 Miliar
  • Atasi Karhutla di Riau, Gubri Minta Bantuan Perusahaan Lakukan Water Bombing
  • Cuaca Ekstrem, Diskes Catat 63 Kasus DBD di Pekanbaru
  • DMDI Riau Siap Bantu Pemprov Entaskan Kemiskinan
  • Konsultasi Publik Serap Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat Sesuai Potensi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved