www.halloriau.com  
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Resep Hubungan Intim Dari Biasa Menjadi Luar Biasa
 
Peserta yang Terbebani Kenaikan Iuran, BPJS Sebut Lebih Baik Turun Kelas
Senin, 02/09/2019 - 21:27:57 WIB

JAKARTA - BPJS Kesehatan menyatakan peserta yang merasa terbebani jika iuran kepesertaan dinaikkan bisa memilih turun kelas. Untuk memilih penurunan kelas tersebut mereka tinggal mengajukan perubahan status kepesertaan ke BPJS Kesehatan.

"Kalau memang dia mau pindah kelas yang lebih rendah ya mengajukan surat saja, di mobile JKN juga ada," ujar Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari, Senin (2/9) dikutip dari CNNIndonesia. 

Namun, ia mengingatkan penurunan kelas juga bakal diikuti dengan pengurangan fasilitas yang diterima oleh peserta. Ia mengaku tak mempermasalahkan jika peserta memutuskan turun kelas lantaran keberatan dengan kenaikan iuran. 

Pilihan tersebut ada di tangan peserta. Ia menyatakan tidak diperlukan peraturan menteri kesehatan khusus guna mengatur penurunan kelas tersebut. Masalah penurunan kelas telah diatur dalam Undang-undang (UU) No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Kalau kelasnya tinggi biayanya jadi mahal, biaya kesehatannya juga lebih mahal. Memang seharusnya kalau social insurance (asuransi sosial) itu satu kelas. Jadi tidak masalah," katanya.

Untuk diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan untuk kelas mandiri I dan II mulai awal tahun mendatang. Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menuturkan besaran kenaikan sesuai dengan usulan Kementerian Keuangan sebesar 100 persen dari iuran semula. 

Dengan kepastian tersebut berarti, iuran kepesertaan BPJS Kesehatan untuk golongan mandiri I naik dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu per orang per bulan dan kelas mandiri naik dari Rp51 ribu per bulan menjadi Rp110 ribu.

"Yang kelas I dan kelas II mulai 1 Januari 2020 jadi Rp160 ribu dan Rp110 ribu, sehingga kami bisa sosialisasi untuk masyarakat," kata Mardismo. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Resep Hubungan Intim Dari Biasa Menjadi Luar Biasa
  • Aktivis dan LSM Geram Moeldoko Minta Warga Riau Sabar karena Bencana Asap dari Tuhan, Bukti Tidak Bisa Bergantung ke Pemerintah
  • Cukai Rokok Resmi Naik, Harga Eceran Melambung
  • Toyota Avanza Laris Manis di Avanza-Veloz Sebangsa Pekanbaru
  • HTC Siapkan Ponsel Berbasis VR dan 5G di 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    IFEST Inspirasi Bagi Perubahan Indonesia Hadir di Pekanbaru
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved