www.halloriau.com
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Pekan Depan, Komisi V akan Panggil Kemenhub tentang Kenaikan Harga Tiket Pesawat
Sabtu, 12 Januari 2019 - 07:09:31 WIB
Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis. Foto: Detik
Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis. Foto: Detik

JAKARTA - Terkait keluhan naiknya harga tiket pesawat, Komisi V bakal memanggil Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Selain Kemenhub, Komisi V juga bakal memanggi pihak maskapai.

"Selasa tanggal 15 (Januari 2019) kami panggil Dirjen Hubud (Perhubungan Udara) dan maskapai untuk membahas ini," kata Ketua Komisi V Fary Djemy Francis seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (12/1/2019).

Namun, dia tak menjelaskan rinci apa saja yang akan dibahas nantinya. Fary juga tak menjelaskan maskapai apa saja yang akan dipanggil.

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) sempat berkomentar soal adanya petisi di laman media sosial yang memprotes kenaikan harga tiket pesawat domestik. Dia pun meminta Kemenhub memberikan respons.

"Mendorong Kemenhub untuk memanggil seluruh maskapai penerbangan guna menjelaskan mengenai kenaikan tiket pesawat," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat (11/1).

Selain itu, dia juga menyoroti tentang penerapan tarif bagasi. Menurutnya, hal itu menimbulkan persepsi yang berbeda-beda di kalangan masyarakat.

"Mendorong Kemenhub meminta seluruh maskapai penerbangan untuk mematuhi ketetapan tarif harga atas sesuai dengan Pasal 127 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan," ucap Bamsoet.

Perihal kenaikan harga pesawat itu muncul dalam petisi daring change.org yang berjudul 'Turunkan Harga Tiket Pesawat Domestik Indonesia'. Petisi itu sudah ditandatangani 111.943 orang saat dilihat detikcom pada pukul 06.31 WIB hari ini.

"Penerbangan domestik yang biasanya pulang pergi bisa dibawah 1juta rupiah, kini rata2 diatas 1 juta bahkan bisa 2-4 juta pp perorang.. Harga tersebut terpantau stabil tinggi dari Januari hingga beberapa bulan kedepan...," tulis petisi itu.

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan telah mengadakan pertemuan dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA). Pertemuan itu diadakan untuk melakukan konfirmasi terkait tarif tiket penerbangan yang dikeluhkan sejumlah pihak sangat mahal, karena alami kenaikan yang tinggi.

"Melalui pertemuan ini, Kemenhub menegaskan bahwa tarif maskapai yang berlaku masih sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan dalam keterangan resmi, Jumat (11/1). (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
ilustrasiPenumpang di Bandara Pekanbaru Naik 20 Persen Jelang Natal
Anggota DPR RI, Syahrul Aidi. Foto: RiauposAkibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
Gubernur Riau Syamsuar.Peringati Harganas ke-27, Gubri Berharap Masyarakat Perbaiki Dinamika dalam Keluarga
  Anggota Komisi V DPR RI perwakilan Provinsi Riau, Syahrul Aidi Maazat Gubri Komunikatif, Komisi V DPR RI Siap Dorong Pembangunan Infrastruktur Riau
IlustrasiAngkut Warga Rohul Positif Covid-19, Penumpang Lion Air Pekanbaru-Jakarta 5 Juli Diminta Cek Kesehatan
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo beri keterangan terkait kecelakaan pesawat tempur di Kubang, Kampar.Lanud Rsn Investigasi​ Penyebab Kecelakaan Pesawat Tempur Hawk 209

BERITA LAINNYA    
Pulau RupatPemprov Riau Siapkan Lahan 2 Hektar di Pulau Rupat untuk Pusat Dakwah dan Zakat
Foto bersama.Polda Riau Gagas Dialog Interaktif Bertema Riau Sejahtera, Polri dan Masyarakat Menjaga
Ismardi Ilyas Kadisdik Ingatkan Sekolah Tidak Ambil Kebijakan Sendiri Soal Belajar Tatap Muka
  IlustrasiGunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Diminta Jauhi Radius 3 Kilometer
Apel kesiapan kontijensi bencana banjir, Karhutla dan antisipasi putusan MK.Antisipasi Banjir, Karhutla dan Keputusan MK, Polres Inhu Gelar Apel
Gubernur Riau H SyamsuarGubri Syamsuar tetap Jalani Aktifitas Pemerintahan
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved