www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Seluruh Kegiatan Olahraga Dilarang di Halaman Masjid An-Nur Pekanbaru
 
Asian Agri Bermitra dengan Desa Kelola Tanah Kas Desa
Kamis, 14 Desember 2017 - 15:20:23 WIB
Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri dan team mengunjungi areal kebun TKD bersama dengan Kepala Desa Petapahan, Abdul Cholil
Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri dan team mengunjungi areal kebun TKD bersama dengan Kepala Desa Petapahan, Abdul Cholil

KAMPAR - Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan desa, Asian Agri gandeng pemerintah desa melalui pola kemitraan pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD).

"Sejak tahun 2014, Asian Agri melalui unit bisnisnya PT. Tunggal Yunus Estate  bermitra dengan pemerintah  Desa Petapahan Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, dalam rangka pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD) menjadi kebun sawit, yang hasilnya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan desa," ujar Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri, Welly Pardede.

Adapun luas Tanah Kas Desa (TKD) yang dimiliki pemerintah Desa Petapahan adalah 11 Ha; dan pengelolaan kebun sawit dengan pola kemitraan  sudah dimulai dari tahun 2014, dimana pada saat itu sebanyak 1.408 batang bibit kelapa sawit unggul "Topaz" sudah ditanam di Tanah Kas Desa (TKD) tersebut.

"Dalam perjalanannya, kami (Asian Agri) berupaya memberikan pendampingan teknis pengelolaan kelapa sawit untuk memaksimalkan produktivitas kebun TKD tersebut agar dapat memberikan hasil yang maksimal," katanya.

Oleh karena itu, sesuai pengajuan dari pemerintah desa bahwa ada tanaman kelapa sawit yang kurang produktif dan perlu diganti, maka tahun ini Asian Agri kembali memberikan bantuan bibit sawit  unggul Topaz sebanyak 200 batang untuk sisipan.

Pemberian bibit sawit unggul Topaz berlangsung di Kantor Desa Petapahan Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, 11 Desember 2017, yang diserahkan langsung oleh Yohanes Samosir selaku Head Research & Development Asian Agri), Tan Kim Seng (Manager OPRS Topaz) didampingi Welly Pardede ( Head CSR & Sustainability), Jaka Hermanto (Manager PT Tunggal Yunus Estate), Izahrul (Asisten Kepala OPRS) kepada perwakilan pemerintah desa.

Kepala Desa Petapahan, Abdul Cholil mengucapkan terima kasih kepada Asian Agri, yang sudah secara terus menerus membantu masyarakat, termasuk juga pemerintah Desa Petapahan.

"Bantuan ini sudah dimulai tahun 2014 dan PT Tunggal Yunus juga mendampingi kami (warga desa) dalam bentuk kemitraan ‘Petani Swadaya’. Tahun ini kami dibantu lagi sebanyak 200 batang untuk mengganti tanaman kelapa sawit yang kurang produktif di areal kebun TKD (Tanah Kas Desa) kami," ujarnya.

Sementara itu, Manager Kebun Topaz, Jaka Hermanto menambahkan, bahwa melalui kemitraan ini, maka desa mendapatkan sumber penghasilan yang dapat digunakan untuk operasional desa.

"Tujuannya agar pemerintah desa juga memiliki sumber pendapatan untuk menunjang operasional desa. Tercatat ada sekitar 5000 jiwa penduduk desa Petapahan dari 1500 KK yang diharapkan dapat memperoleh manfaat dari kemitraan ini" ucapnya.

Petapahan merupakan desa ring 1 yang berada di lingkungan operasional perusahaan. "Setiap tahunnya, Desa Petapahan memperoleh bantuan program CSR Asian Agri melalui PT Tunggal Yunus Estate. Bantuan yang diberikan ada dalam bentuk program kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur dan sosial," jelas Benjamin Hutagalung, koordinator CSR Asian Agri Wilayah Riau menambahkan.

Di bidang ekonomi, selain kemitraan dengan pemerintah Desa Petapahan, sebelumnya PT. Tunggal Yunus Estate juga  sudah bermitra dengan petani swadaya yang memiliki lahan seluas 498 Ha.

Sebagaimana diketahui, Asian Agri merupakan perusahaan perkebunan sawit besar di Indonesia yang menjadikan kemitraan dengan petani sebagai model bisnisnya dalam rangka mendukung industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Editor: Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersamaPT IIS Resmikan Program Desa Sawit Mandiri di Desa Ukui II
Perwakilan petani plasma binaan Asian Agri dari Riau dan Jambi menerima premi minyak sawit berkelanjutanKemenkop dan UKM Dukung Asian Agri Dampingi Lebih Banyak Koperasi Petani Kelapa Sawit
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita berkunjung ke booth ASIAN AGRI di Trade Expo Indonesia 2017, Tangerang, Banten, Rabu (11/10/2017). ISTAsian Agri Hadirkan Bibit Topaz ke Pasar Internasional di TEI 2017
  Bupati Siak H Syamsuar foto bersama petani dan manajemen Asain AgriPetani KUD Mulus Rahayu Panen Perdana Kelapa Sawit
Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri dan team mengunjungi areal kebun TKD bersama dengan Kepala Desa Petapahan, Abdul CholilAsian Agri Bermitra dengan Desa Kelola Tanah Kas Desa
Head of Mill and Engineering Asian Agri, James Boima Sembiring, mewakili Asian Agri menerima penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017.Asian Agri Raih Penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017

 
Berita Lainnya :
  • Seluruh Kegiatan Olahraga Dilarang di Halaman Masjid An-Nur Pekanbaru
  • Hukum Berkurban dengan Hewan yang Sedang Hamil
  • Hindari Penularan Covid-19, Seluruh Penyelenggara Pilkada di Dumai Ikuti Tes Swab
  • Begini Komentar Netizen Sandingkan Menu Bekal Makanan Saran Pemerintah Vs Realita
  • Stok Hewan Kurban di Riau Aman, Tata Cara Pemotongan dan Distribusi harus Penuhi Protokol Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved