www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pemkab Rohul Susun KLHS RPJMD 2021-2024
 
Indonesia Kekurangan Pengusaha Dalam Negeri, Begini Tanggapan COO Ralali.com
Sabtu, 12/08/2017 - 17:49:44 WIB

TANGERANG - Jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat sedikit dibandingkan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Saat ini, wirausaha di Indonesia hanya sejumlah 3,1% dari jumlah penduduk, masih jauh dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura yang mencapai angka 7% dan Malaysia yang lebih dari 5% dari jumlah penduduk (Data BPS, 2016).

Menanggapi hal tersebut, Ralali.com berharap dapat berkontribusi untuk mendongkrak jumlah pengusaha dalam negeri. Chief Operations Officer (COO) Ralali.com, Alexander Lukman, berkata bahwa terdapat tiga pilar yang menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan jumlah bisnis di Indonesia, yakni ketersediaan marketplace, dukungan pembiayaan, dan pengelolaan logistik.

“Saat ini, yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah akses yang mudah untuk memperoleh barang. Era digital seharusnya dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Dengan adanya online marketplace yang menyediakan barang kebutuhan bisnis, pengusaha catering di Kalimantan tak harus jauh-jauh datang ke Jawa dan pengusaha catering tak harus pergi ke pasar induk untuk mencari packaging/dos makanan. 

Saat ini, menjadi pengusaha cukup dengan duduk manis di depan laptop untuk melakukan pemesanan barang-barang kebutuhan bisnisnya,” pungkas Alexander.

Dalam upaya memulai bisnis, Alexander juga berpendapat bahwa pengusaha harus mendapatkan dukungan dalam hal pembiayaan, pendanaan, dan pembayaran. 

“Memulai usaha pasti membutuhkan modal. Dengan adanya dukungan terhadap pembiayaan dapat mempermudah pelaku usaha dalam melakukan pembayaran untuk kebutuhan bisnisnya. Saat ini, Ralali.com telah bekerja sama dengan beberapa pemain fintech besar di Indonesia untuk memberikan bantuan dalam bentuk kredit yang difokuskan untuk UMKM,” Alex menambahkan.

Faktor ketiga yang tak kalah penting adalah pemenuhan terhadap kebutuhan logistik, terutama dalam hal pengiriman. Meningkatnya jumlah pembelanjaan online juga meningkatkan kebutuhan akan jasa pengiriman yang tepat waktu dan terpercaya. 

”Pengusaha catering di tadi akan membutuhkan jasa pengiriman yang dapat mengantarkan pesanannya dengan aman dan tepat waktu. Bisa bayangkan kalau pesan dos makanan tapi tidak datang tepat waktu, tidak hanya merugikan pemilik usaha saja, tetapi juga konsumennya. Oleh karena itu, Ralali.com menggandeng dan berkolaborasi dengan jasa pengiriman yang kredibel seperti SAP Express, First Logistics, dan jasa pengiriman lainnya,” pungkas Alexander.

Baik marketplace, pembiayaan, dan logistik memegang peranan yang sama penting dalam mendukung masyarakat Indonesia yang ingin mewujudkan cita-citanya untuk membangun bisnis. Dengan adanya Ralali.com sebagai platform yang menyediakan kebutuhan bisnis, diharapkan dapat menjadi pemicu lahirnya wirausaha-wirausaha baru di Indonesia.

Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Tak kurang dari seribu peserta antusias ikuti seminar akbar HIPO Pekanbaru di Hotel Pangeran, Sabtu (31/8/2019)DPD HIPO Riau Beri Reward dan Motivasi Kader Lewat Seminar
IlustrasiPromo Jor-joran Ojek Online Jadi Predator Driver Ojol
Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Kepri Dwi Sasono, MT, MBA, Kepala BP2RD Kepri Dra. Hj. Reni Yusneli, MTP, Dirlantas Polda Kepri Kombespol Roy Ardhya Candra, SIK dan Pemimpin Bank Riau Kepri Cabang Batam Burhan, SE menandatangani perjanjian kerjasama e-samsat, Kamis (2/5/19) di Hotel Harmoni One Batam.Kepri Resmi Gunakan E-Samsat Bank Riau Kepri
  Organda Dukung Pemerintah untuk Atur Promo Ojek Online
IlustrasiPromo Berlebihan Ojol Berbahaya, Pelanggar harus Disanksi Tegas
Ojol.Walau Tarif Naik, Ojol Tetap Bakal Banjir Orderan

 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohul Susun KLHS RPJMD 2021-2024
  • Hadiri Temu Ramah Polda Riau, Hamdani: Kita Apresiasi Kinerja Kapolda
  • Telah Diputuskan Pemerintah, Proses Transisi Pengelolaan Blok Rokan Masih Ngadat
  • Kirim Surat ke Raja Malaysia, Mahathir Mengundurkan Diri Sebagai PM
  • Pemerintah Akan Evakuasi WNI di Kapal World Dream, Dikarantina di Kepulauan Seribu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved