www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tiga WNI di Wuhan Gagal Dievakuasi, Bagaimana Kabarnya?
 
Berkah Musim Hujan, Harga Karet di Bengkalis Naik Jadi Rp 10 Ribu/Kg
Kamis, 01/12/2016 - 17:40:47 WIB

BENGKALIS - Para petani karet di Bengkalis mulai bergairah dan tersenyum sumringah, sejak beberapa terakhir harga karet (ojol) kembali naik mencecah Rp10 ribu/Kg. Harga tersebut jauh lebih tinggi dari harga sebelumnya yakni Rp5.500/kg bahkan pernah jeblok ke Rp2500/Kg.

Walau bekum mencapai belasan ribu seperti beberapa tahun lalu, namun menurut sejumlah petani harga Rp10 ibu/Kg sudah sangat membantu masyarakat petani. Setidaknya, harga satu kilogram karet sudah bisa membeli hampir 1 kg besar.

"Alhamdulillah, kebun karet yang selama ini semak karena tidak ‘diusik’ sejak beberapa tahun terakhir kini kami bersihkan lagi dan kami toreh lagi. Lumayan, sekarang harganya sudah Rp8 ribu/kg, ada juga yang berani membeli Rp10 ribu/kg. Alhamdulillah, sudah sangat membantu," ujar Mazlan warga Kembung Luar, Kamis (1/12/2016).

Sejak beberapa tahun terakhir, Mazlan dan sejumlah warga lainnya memang lebih memilih mengadu nasib ke negeri jiran Malaysia, sebagai pekerja bangunan dan lainnya. Diakui, hasil yang diperoleh dari bekerja bangunan di Malaysia sedikit lebih baik dari mengolah kebun karet di kampung.

Tapi sejak harga karet mulai naik sejak beberapa hari terakhir, sepertinya dia dan sejumlah rekan sekampung harus mikir-mikir lagi ke Malaysia, terlebih mencari kerja di Malaysia juga mulai sulit. 

"Kalau harga bertahan di Rp10 ribu/kg seperti sekarang ini, mungkin saya lebih memilih kerja di kampung," sebutnya.

Hanya sayangnya kata Mazlan, saat ini kondisi sedang musim penghujan, bahkan sejumlah lahan karet milik warga ada yang terendam banjir. Dirinya dan masyarakat petani lainnya kawatir, harga karet hanya naik di saat musim hujan dan akan kembali anjlok saat musim kering atau ketika hasil karet masyarakat petani melonjak.

"Biasanya seperti itu, harga naik ketika musim hujan karena saat itu pasokan karet turun drastis. Lalu kembali harganya turun saat musim kering, karena stok atau hasil pertanian melimpah," ujarnya.

Seperti diketahui, lima sampai enam tahun terakhir, harga karet di Bengkalis juga di belahan Indonesia lainnya sedang tidak berpihak kepada para petani. Harga karet yang pernah mencecah Rp18 ribu/kg itu anjlok hingga Rp2500/kg.

Sebagian petani karet di Bengkalis ada yang tetap mengolah lahan karetnya dengan mengumpulkan hasil karetnya dan baru dijual ketika harga karet mulai stabil. Namun sebagian terpaksa menganggurkan kebun karetnya dan memilih kerja bangunan di Malaysia dan kerja lainnya.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua Pansus Penyertaan Modal Bank Riau Kepri DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri, S.Ag, M.Si dan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bengkalis Indrawan beserta 16 orang anggota DPRD Komisi C Kabupaten Bengkalis bersama Dirut Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari usai pertemuan pembahasan penambahan modal Bank Riau Kepri, Selasa (22/1/19) di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri.Rencana Penambahan Modal, DPRD dan Pemkab Bengkalis Kunjungi Bank Riau Kepri
  Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Haryanto Syafri, didampingi oleh Manager PGPA Asset North PT CPI Rudi Arief dan Manajemen EMP Malacca Strait Yoyok Purwanto, memberikan kenang-kenangan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY, SH., MM., disaksikan Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra PutraPaparkan Rencana Kerja, SKK Migas Sumbagut-KKKS Kunjungi Pemkab Bengkalis
Petani di Kuansing Makin Terpuruk, Harga Karet Rp 5 Ribu Perkilo
  Bupati Bengkalis foto bersama Menko Bidang KemaritimanBupati Bengkalis Temui Menko Bidang Kemaritiman dan PUPR
 Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menandatangani dua prasasti peresmian dua Kantor Kas Bank Riau Kepri yaitu Kantor Kas di lingkungan RSUD Kecamatan Mandau dan Kantor Kas di RSUD Kabupaten Bengkalis, Rabu (16/5/2018).Bupati Bengkalis Resmikan Dua Kantor Kas Bank Riau Kepri
Kenaikan Harga Sejumlah Bahan Pangan di Bengkalis Dinilai Masih Wajar

 
Berita Lainnya :
  • Tiga WNI di Wuhan Gagal Dievakuasi, Bagaimana Kabarnya?
  • Dilanjutkan 2020, Tujuh Proyek di Riau Bisa Dinikmati Masyarakat
  • Kapolda Riau Ajak Masyarakat Dumai Jaga Hutan dan Lahan dari Kebakaran
  • Tingkatkan Daya Saing, Pertamina Dumai Produksi Bahan Bakar Kapal Low Sulphur Standar IMO
  • Kawal Dana Kampung, Bupati Siak dan Kajari Teken MoU Jaga Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved