www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Menpan-RB Tegaskan Selain Dilarang Mudik Lebaran, ASN Juga Tak Boleh Cuti Selama Pandemi Corona
 
Diduga Banyak Mafia LPG di Rohul
Rabu, 14/01/2015 - 20:13:43 WIB

PASIR PANGARAIAN-Perwakilan DPC Iswana Migas Provinsi Riau, Irfan Tanwil, menduga kuat, tidak sedikit mafia Liquified Petroleum Gas (LPG) yang berkeliaran di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Tegas Irfan lagi, bahwa sesuai aturan teknis tingkat provinsi juga kabupaten/kota, harga LPG tabung 3 kilogram (kg) Rp16 ribu per tabungnya sedangkan harga LPG tabung 12 kg Rp80 ribu per tabung.

Hanya saja fakta di lapangan, harga LPG tabung 3 kg sudah capai Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per tabungnya, termasuk LPG tabung 12 kg, harganya naik jadi Rp130 ribu sampai Rp 140 ribu per tabung.

Itu diungkapkan Irfan, usai Rapat Koordinasi (Rakor), menyikapi kelangkaan dan harga LPG di Kantor Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Rohul, Selasa (13/1/2015) sore kemarin.

"Harga LPG ada aturan teknisnya, tapi sayangnya, oknum mafia LPG membuat harga sendiri. Sehingga perlu dilakukan pengawasan ketat, agar tidak ada lagi masyarakat yang jadi korban dan dirugikan," saran Irfan.

Dalam Rakor yang membahas LPG dipimpin Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri dan Asisten II Ekonomi Pembangunan Syaiful Bahri, fenomena LPG semakin komplek. Mulai kenaikan harga LPG yang tidak sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), kelangkaan, penyulingan LPG dari tabung 12 kg ke LPG tabung 3 kg, stok tidak mencukupi serta lainnya.

Rakor yang melibatkan Diskoperindag, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Pewakilan Migas Provinsi Riau, semua Camat di Rohul, agen LPG, penyalur LPG, pengecer LPG dan pihak terkait lain.

Wabup sendiri saat itu dengan tegas mengakui, tahun 2014 lalu jatah LPG tabung 3 kg dan tabung 12 kg untuk Kabupaten Rohul sekitar 1.940.000 tabung, anehnya selain harga mahal, LPG juga sering terjadi kelangkaan.

Wabup juga berharap, peran aktif seluruh elemen masyarakat ikut mengawasi pemasaran LPG, termasuk pihak kecamatan. Hal itu dilakukan untuk menghindari kecurangan dilakukan oknum.

Bahkan saat rakor, dengan tegas Wabup menduga, bahwa ada oknum penyalur yang berani membayar lebih ke oknum terkait, agar kuota LPG di tempat usahanya lebih banyak dari tempat usaha lainnya. Wabup mendesak, agar dinas terkait menelusuri keberadaan oknum mafia LPG.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiPemprov Riau Bentuk Tim Khusus Pantau Kelangkaan Gas Elpiji
Selama Januari sampai dengan Maret 2020 PGN telah memasok gas bumi ke berbagai pembangkit listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) dengan rata-rata volume pemakaian sebesar 331 BBTUD.PGN Pastikan Pasokan Gas ke Sektor Kelistrikan Aman
IlustrasiPasokan BBM dan Elpiji di Riau Aman, Tak Terganggu Corona
  Mencegah penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan kerja dan di sekitar area perusahaan dengan penyemprotan disinfectant.Sinergi SKK Migas - Pertamina EP Asset 1 Field Lirik Bersama Upika Cegah Penyebaran Covid-19
PGN memiliki tugas dan tanggung jawab terkait optimalisasi pemanfaatan gas bumi domestik. PGN Dukung Kebijakan Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi untuk Industri melalui Penguatan Infrastruktur Gas
BPH Migas mendukung kemandirian investasi BUMN dan BUMD untuk jaringan gas guna percepatan 4 juta sambungan rumah. FOTO: Dok. BPH MigasBPH Migas Dukung Jaringan Gas dari BUMD untuk Pelanggan Kecil

 
Berita Lainnya :
  • Menpan-RB Tegaskan Selain Dilarang Mudik Lebaran, ASN Juga Tak Boleh Cuti Selama Pandemi Corona
  • Dikira Benda Jatuh, Ternyata Pasien Rumah Sakit yang Lompat dari Lantai 4, Mengeluh Sesak Nafas
  • Membaik, PM Inggris Terinfeksi Corona Dipindahkan dari ICU
  • Ini Sanksi Bagi ASN Pemprov Riau yang Nekat Mudik Lebaran
  • Satu Warga Positif Corona, Bupati Sukiman Tetapkan Rohul Status Tanggap Darurat Bencana
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved