www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
 
Aksi Boikot Produk Pro-Israel Ternyata Berdampak Positif bagi UMKM Lokal, Ini Buktinya
Selasa, 09 Januari 2024 - 06:05:16 WIB

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) menilai, aksi boikot yang dilakukan sebagian masyarakat di Tanah Air berdampak positif terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Seperti diketahui, aksi boikot produk yang dianggap terafiliasi dengan Israel masih terus berlanjut, seiring masih berlangsungnya pembantaian yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

"Ya (boikot) itu ada dampak positifnya (bagi UMKM)," ujar Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop Yulius kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (8/1/2024). Hanya saja, ia mengaku belum menghitung lebih rinci peningkatan penjualan UMKM karena adanya aksi boikot.

Meski begitu, kata dia, pemboikotan tersebut jelas memengaruhi penjualan UMKM. Terutama UMKM di sektor makanan dan minuman (mamin).

"Belum dihitung, tapi boikot-boikot itu jelas (yang diboikot) Starbucks, ayam (KFC dan McD). Jadi pindah ke lokal kan ada ayam D'besto," tuturnya.

Mendukung pernyataan Yulius terkait masyarakat yang beralih ke produk lokal, Vivin Anggraini mengaku mulai melirik produk buatan dalam negeri setelah ajakan boikot marak. "Sudah nggak pernah beli Starbucks lagi," ujar wanita yang bekerja di perusahaan logistik Ondelivery di Jakarta Utara ini, saat ditanya Republika.

Ia menambahkan, kini lebih sering membeli produk kopi buatan anak bangsa seperti Kopi Kenangan, Kopi Tuku, atau Janji Jiwa. Dirinya pun mengganti produk perawatan wajah atau skincare ke produk lokal. Ia menilai, kini sudah banyak skincare buatan dalam negeri yang bagus dan memiliki kemasan menarik.

Pegawai Dinas Sosial di Tegal bernama Ade Nur Afifah turut mengaku mulai selektif saat berbelanja bulanan. Hanya saja, kata dia, sekarang masih menghabiskan beberapa produk yang telah dibeli sebelumnya.

Dirinya juga menuturkan, kini tidak pernah lagi makan di restoran cepat saji Mcdonals. Padahal sebelumnya Ade sering ke sana bersama anaknya untuk mengikuti kegiatan Mckids. "Itu semacam Club Mcd untuk anak-anak. Sejak ada aksi boikot, Mcd semakin sering buat acara Mckids, tapi Aksa (anak Ade) sudah bolos dua kali," ungkap dia.

Biasanya, kata Ade, anak yang berpartisipasi di Mckids mencapai 20, sekarang hanya lima. Ia mengaku akan terus berpartisipasi dalam aksi boikot sampai Israel menghentikan serangannya ke Palestina, seperti yang dilansir dari republika. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved