www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
HK Catat Kenaikan Signifikan Lalu Lintas di 2 Tol Riau Selama Libur Iduladha
 
Kembangkan Talenta Digital Muda Medan
Indosat dan KADIN Gelar Pelatihan IT & Coding di Sektor Perikanan, Pertanian dan UMKM
Sabtu, 27 Mei 2023 - 22:27:45 WIB

MEDAN - Sabtu (27/5/2023), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Keduanya bekerja sama menggelar program KADIN Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045.

Peserta program mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan berbagai sistem, baik itu berupa database, sistem berbasis web, bahkan berbentuk aplikasi. Program ini diselenggarakan di tiga kota di Indonesia yakni Solo, Makassar dan Medan. Diikuti peserta yang berasal dari pelajar hingga freelancer.

Penyelenggaraan program di Kota Medan dilaksanakan selama dua hari secara tatap muka, yaitu 27-28 Mei 2023. KADIN Tech Challenge diikuti lebih dari 300 peserta yang melanjutkan ke level menengah. Nantinya setengah dari mereka yang berhasil mencapai tingkatan ini akan menerima pelatihan secara tatap muka.

Kelulusan program ini akan dilaksanakan pada Agustus 2023 sejalan dengan selesainya KADIN Tech Challenge dan 300 peserta tersebut akan otomatis tergabung ke dalam platform alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub. Program alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karir lain yang sesuai dengan keahlian para alumni.

Indosat dan KADIN Indonesia juga mengajak para peserta IDCamp X KADIN 2023 untuk membuat berbagai solusi dalam program KADIN Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045. Tiga sektor yang menjadi fokus penyelesaian masalah adalah sektor pertanian, perikanan serta pemberdayaan UMKM. Peserta memiliki waktu hingga Agustus 2023 untuk menyumbang ide dan solusi melalui produk yang mereka buat.

SVP-Head of Region Sumatera Indosat, Fahd Yudhanegoro mengatakan, perkembangan di sektor ekonomi digital saat ini berkembang sangat pesat. Diperkirakan perputaran uang di sektor ini mencapai Rp4 800 triliun di tahun 2030.

"Ini akan menjadi kekuatan kita di Asia Tenggara, hampir 40 persen pangsanya. Untuk itu kami selaku perusahaan telekomunikasi dengan visi Empowering Indonesia mengajak para milenial segera beradaptasi. Sehingga pertumbuhan ini harus juga diumbangi dengan perkembangan talenta digital Indonesia Bersama dengan KADIN," sebutnya.

"Kami berkomitmen untuk ikut memfasilitasi percepatan kebutuhan ini melalui IDCamp x KADIN yang akan berujung pada penyerapan tenaga kerja di masing-masing kota kegiatan ini dilakukan. Dari data yang masuk, sejak pertama kalinya IDCamp ini diluncurkan pada 2019, ada setidaknya lebih dari 182ribu alumni yang telah mengikuti serangkaian pembelajaran online Program ini akan terus kita dorong dan menjadi salah satu 'champion' dari program CSR Indosat," sambungnya.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Firlle H. Ganinduto menyambut baik, program kolaborasi antara KADIN Indonesia dengan Indosat. Untuk bergotong royong mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 melalui pemberian program beasiswa IDCamp x KADIN 2023.

"Guna mengembangkan talenta digital di Indonesia Selanjutnya, para peserta program beasiswa dari wilayah Medan (dan sekitarnya) berkesempatan untuk langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari dengan jaringan pengusaha yang ada di Medan untuk diserap menjadi tenaga kerja terlatih," sebutnya.

Dalam program ini, KADIN Indonesia bersama dengan Indosat memfokuskan pada tiga sektor. Ketiga sektor tersebut salah satunya melibatkan sektor perikanan, yang mana berperan dalam ekonomi Indonesia melalui peningkatan pendapatan, diversifikasi mata pencaharian, penyediaan protein hewani.

Serta pendapatan devisa Sektor ini menyumbang 3,14 dari total produk domestik bruto (PDB) nasional dan 21,04 dari total PDB pertanian, menciptakan sekitar 6,4 juta pekerjaan langsung bagi rakyat Indonesia. Serta sektor pertanian dan UMKM yang juga memiliki peran penting dalam perputaran ekonomi Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai IDCamp x KADIN 2023 dan KADIN Tech Challenge dapat dilihat di idcamp toh co.id/KADINChallenge. (rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi arus lalu lintas di Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar meningkat (foto/int)HK Catat Kenaikan Signifikan Lalu Lintas di 2 Tol Riau Selama Libur Iduladha
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto saat hadir pada acara peringatan Haul Allah Yarham Syekh MaPj Gubri Ajak Warga Teladani Pengorbanan Syekh Masum Tambusai di Peringatan Haul ke-63
Prof Syafrinaldi, Rektor UIR paparkan digitalisasi hukum di Konferensi Internasional Berlin (foto/ist)Prof Syafrinaldi Wakili UIR dalam Konferensi Internasional di Berlin Jerman
  PT CDN dan FIF Group aksi sosial di tiga panti asuhan Pekanbaru (foto/ist)Dua Roda Satu Misi: Capella Honda dan FIF Group Berbagi untuk 3 Panti Asuhan di Pekanbaru
Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto bagikan daging kurban ke masyarakat (foto/andi)Polres Pelalawan Sembelih 9 Sapi, Kapolres: Semangat Berkurban, Bantu Sesama
13 petak kios buah Pasar Pulau Payung di Jalan Sukajadi/Diponegoro, Kota Dumai, ludes terbakar (foto/Bambang)13 Kios Buah Pasar Pulau Payung di Dumai Ludes Terbakar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved