www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
 
BSI Gandeng Riyad Bank Perkuat Bisnis Global
Kamis, 03 November 2022 - 07:21:02 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat bisnis global untuk meningkatkan kontribusi dalam pengembangan perdagangan dan investasi. Hal itu dilakukan dengan menggandeng Riyad Bank untuk menjadi mitra strategis dalam pengembangan bisnis di Arab Saudi.

Direktur Treasury & International Banking BSI Moh Adib mengatakan, melalui kesepahaman strategis ini, Riyad Bank akan menjadi mitra BSI dalam melakukan ekspansi bisnis di Arab saudi. Kedua pihak menggarap potensi bisnis, seperti treasury, haji dan umrah, trade finance, remitansi, dan bisnis antar bank lainnya.

"Langkah ini merupakan bagian dari upaya kami dalam mewujudkan visi untuk menjadikan BSI sebagai top ten global islamic bank," katanya dalam keterangan, Rabu (2/11/2022).

Sinergi ini juga diharapkan dapat memudahkan masyarakat Indonesia untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Sekaligus membantu pelaku UMKM maupun perusahaan-perusahaan Indonesia dalam memperluas pasar di Timur Tengah, terutama di Arab Saudi.

Dalam kerja sama tersebut, BSI dan Riyad Bank juga akan berkolaborasi dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam peningkatan literasi perbankan syariah. Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan di Riyad Bank administration building library di Jeddah, Arab Saudi.

Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan bilateral di bidang ekonomi yang telah terjalin dengan baik. Nilai perdagangan Indonesia-Arab Saudi tercatat sebesar 5,5 miliar dolar AS pada 2021. Ekspor Indonesia ke Arab Saudi selama periode Januari-Desember 2021 mencapai 1,5 miliar dolar AS, naik 12,78 persen (yoy).

Adapun total nilai investasi langsung dari Arab Saudi ke Indonesia mencapai 24,6 juta dolar AS pada periode 2016-2021. Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi pada kuartal II 2022 menembus 11,8 persen, disumbang peningkatan aktivitas terkait migas sebesar 23,1 persen, serta kegiatan ekonomi nonmigas yang tumbuh 5,4 persen.

"Kami meyakini kerja sama strategis ini dapat semakin memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Arab Saudi, dimana ke depan dapat menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sehat dan berkelanjutan," ujar Moh Adib, sepeti yang dilansir dari republika.

Di level global, BSI telah memulai ekspansi bisnisnya dengan membuka BSI Representative Office di Dubai, Uni Emirat Arab pada pertengahan Mei lalu. Kehadiran BSI di Dubai sekaligus menjadi babak baru sejarah sektor keuangan nasional dalam ekspansi pasar di Timur Tengah. Kehadiran BSI di Dubai juga diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa Indonesia yang saat ini sedang memegang Presidensi G2-0 terus menunjukkan performa kinerja keuangan dan perbankan yang baik. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved