www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
AAI dan PWI Riau Teken MoU Bantuan Hukum
 
Gaji Rp 250 Juta Heboh, Rata-rata Upah Buruh RI Cuma Rp 2,92 Juta
Selasa, 16 Februari 2021 - 06:36:56 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PEKANBARU - Memiliki gaji besar tentu menjadi impian banyak pekerja. Terlihat dari hebohnya gaji Rp 250 juta yang jadi perbincangan di media sosial, ada yang menjadikan patokan penghasilan itu sebagai kriteria memilih pasangan, ada juga yang mencari tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Jika masyarakat Indonesia memiliki impian penghasilan hingga Rp 250 juta, berapa sebenarnya rata-rata penghasilan masyarakat saat ini?

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mengatakan rata-rata gaji masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai buruh/pegawai senilai Rp 2,92 juta per bulan. Hal itu berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

"Rata-rata gaji pegawai Rp 2,92 juta per bulan. Jakarta sama Riau yang di atas Rp 4 juta," kata Bhima, Senin (15/2/2021), seperti yang dilansir dari detik.

Rata-rata upah tertinggi dimiliki oleh warga DKI Jakarta sebesar Rp 4,59 juta, Kepulauan Riau Rp 4,07 juta dan Papua Rp 3,98 juta per bulan. Sedangkan paling rendah dirasakan oleh warga Jawa Tengah sebesar Rp 2,25 juta, Nusa Tenggara Timur (NTT) 2,23 juta, dan Sulawesi Barat Rp 2,19 juta per bulan.

Rata-rata upah buruh hingga Februari 2020 paling besar ada di sektor pertambangan dan penggalian sebesar Rp 5,1 juta per bulan. Kemudian sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar Rp 4,15 juta per bulan, informasi dan komunikasi Rp 4,08 juta per bulan.

Selanjutnya ada di sektor pengadaan listrik dan gas sebesar Rp 3,99 juta per bulan serta pekerjaan administrasi pemerintah sebesar Rp 3,98 juta per bulan. Rata-rata upah buruh laki-laki lebih besar daripada perempuan di mana laki-laki Rp 3,18 juta per bulan dan perempuan Rp 2,45 juta per bulan.

Sedangkan untuk rata-rata upah terendah ada di kategori jasa lainnya yang hanya Rp 1,71 juta per bulan. Penghasilan itu untuk kategori seperti pekerja salon, buruh cuci, hingga asisten rumah tangga.

Itulah rata-rata upah buruh/masyarakat/pegawai. Ternyata untuk mencapai gaji Rp 250 juta masih jauh ya.*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
AAI dan PWI Riau teken MoU.AAI dan PWI Riau Teken MoU Bantuan Hukum
Kajati Riau Jaja Subagja, saat melantik Kajari Rohul Pri Wijeksono.Pri Wijeksono Resmi Jabat Kajari Rohul Gantikan Silpia Rosalina
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto (atas) saat menerima sertfikat ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 20000-1 : 2018 dari Assurance Business Development Director BSI Indonesia, Nolia Natalia (bawah) secara virtual di Jakarta.XL Business Solutions Hadirkan Layanan Berkualitas Terbaik
  Kadiskominfo Rohul Drs Yusmar MSiDukungan Teknologi Informasi Sebagai Wujud Terbentuknya Smart Province
Kabut asap tebal yang menyelimuti membuat Pulau Rangsang yang dilihat dari Pantai Dorak tidak kelihatanKarhutla di Rangsang, Kabut Asap Selimuti Sebagian Wilayah Kepulauan Meranti
Tersangka diamankan polisi.Kantongi Sabu, Seorang Petani Diringkus Polsek Batang Cenaku
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Gubri dan Wagubri Kunjungi BPBD Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved