www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Begini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
 
23 UMKM Riau Ikuti Pameran Karya Kreatif Indonesia 2022
Sabtu, 28 Mei 2022 - 12:10:04 WIB
Pameran KKI 2022 yang ditaja BI diikuti UMKM seluruh Indonesia.
Pameran KKI 2022 yang ditaja BI diikuti UMKM seluruh Indonesia.

JAKARTA - Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) ini merupakan ruang untuk memotivasi UMKM agar secara kontinyu menghasilkan terobosan yang adaptif, kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pasar sesuai selera konsumen, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital.

"KKI ini juga menjadi bagian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia yang telah dicanangkan Pemerintah," kata Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat membuka Pameran KKI 2022, Jumat (27/5/2022).
 
Sementara itu, Gubernur BI, Perry Warjiyo menegaskan, sinergi, digitalisasi dan globalisasi merupakan tema sekaligus tiga kunci untuk membangkitkan UMKM menjadi kekayaan nasional dan pendorong ekonomi secara global.

"Sinergi dilakukan secara erat antara 13 kementerian/lembaga, 5 asosiasi dan 26 industri. Digitalisasi sebagai cara yang efektif dan efisien untuk mengintegrasikan UMKM dalam EKD Nasional," ucap Perry.

Selain itu, lanjut Perry, digitalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk merancang desain produk UMKM. BI melakukan digitalisasi SP melalui QRIS dan BIFAST agar transaksi UMKM menjadi lebih cepat, mudah, aman dan handal.

Dalam KKI tahun ini, terdapat 4 UMKM dari Riau yang turut serta secara luring dan 19 UMKM turut serta secara daring melalui www.karyakreatifindonesia.co.id.

UMKM Riau yang berkesempatan memamerkan produknya secara luring yaitu Tenun Wan Fitri, Tenun Sri Kemuning, Riau Roaster (kopi liberika) dan Pisang Kuantan II. Dalam kesempatan itu, kain tenun dari Wan Fitri dan Sri Kemuning mendapatkan apresiasi karena terpilih oleh designer nasional dalam fashion show yang ditampilkan pada acara pembukaan KKI.

Perhelatan yang merupakan panggung kolaborasi bersama antara BI dan Pemerintah ini merupakan sarana membangkitkan UMKM di masa pemulihan pascapandemi. KKI 2022 berlangsung secara hybrid dalam berbagai webinar dan showcasing yang dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id juga secara luring di Hall A JCC mulai 26-29 Mei 2022, tanpa biaya tiket masuk.

Sejalan dengan semangat Presidensi G20 2022 untuk pulih bersama dan semakin kuat, KKI tahun ini mengusung tema
 'UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan'.

KKI memfasilitasi pameran lebih dari 200 UMKM yang hadir secara fisik dan 500 UMKM secara online melalui website KKI dari seluruh nusantara yang menawarkan produk antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan, camilan, dan kopi.

Di samping itu, terdapat berbagai wadah untuk meningkatkan bisnis UMKM dengan dapat berkonsultasi mengenai berbagai hal untuk mengembangkan usahanya melalui BI–UMKM Lounge yang merupakan sinergi BI dengan Kementerian Kemenko Marves, Kemenkop UKM, Kemendag, Kemenparekraf, Kementerian BUMN, Kemenperin dan industri.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiBegini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19 2022Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0
PT PHE Kampar bersama sejumlah kader posyandu Desa Talang Sungai LimauCegah Stunting, PHE Kampar Gelar Pelatihan Olah MPASI di Desa Talang Sungai Limau Inhu
  Politisi India Nupur SharmaPengadilan Tinggi India Sebut Pernyataan Nupur Sharma Hina Nabi Menyebabkan Kekacauan
IlustrasiCapai 625 Kasus, Ini Langkah Pemprov Riau Atasi Wabah PMK
Pasangan tim ganda putri Indonesia Apriyani dan FadiaKandaskan Korsel, Ganda Putri Indonesia Apriyani-Fadia Rebut Tiket ke Final Malaysia Open 2022
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved