www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tim Gabungan Sat Narkoba dan Polsek Bangko Sweeping Tempat Karaoke
 
Januari - Desember 2021, Riau Alami Inflasi 1,54 Persen
Senin, 03 Januari 2022 - 16:14:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, Riau mengalami inflasi sebesar 1,54 persen pada Januari-Desember 2021 dan 0,05 persen di Desember 2021 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,78.

Untuk diketahui, inflasi sebagaimana dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI) adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan deflasi adalah penurunan harga barang secara umum dan terus menerus.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengatakan dari 3 kota IHK di Provinsi Riau yaitu Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan, dua mengalami inflasi.

"Kota Pekanbaru mengalami inflasi sebesar 0,07 persen dengan IHK 106,53 dan Kota Tembilahan mengalami inflasi sebesar 0,29 persen dengan IHK 107,42," kata dia, Senin (3/1/2022).

Sedangkan Kota Dumai, jelasnya, mengalami deflasi sebesar 0,13 persen dengan IHK 107,7.

Misfaruddin menjelaskan bahwa inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya tujuh indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok penyediaan makan dan minuman/restoran sebesar 0,50 persen, diikuti oleh kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,44 persen, serta kelompok transportasi sebesar 0,35 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,21 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,17 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,05 persen dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,04 persen.

"Komoditas yang memberikan andil peningkatan harga pada Desember 2021, antara lain kontrak rumah, bawang merah, nasi dengan lauk, cabai rawit, telur ayam ras, ayam hidup, minyak goreng, beras, tarif angkutan udara dan daging ayam ras," paparnya.

"Untuk komoditas yang memberikan andil penurunan harga antara lain cabai merah, tomat, udang basah, wortel, cabai hijau, jeruk, kol putih dan kelengkeng," katanya.

Penulis: Rinai
Editor: Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tim gabungan Satnarkoba dan Polsek Bangko.Tim Gabungan Sat Narkoba dan Polsek Bangko Sweeping Tempat Karaoke
Ilustrasi.Belum Semua Pasar Modern Pekanbaru Ikut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga
Mobil jenis Isuzu Panther dengan nomor polisi BM 1447 TP hangus terbakar.Mobil Dinas Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru Dibakar OTK
  Pedagang STC Pekanbaru melakukan aksi di depan Gedung STC.Ratusan Pedagang STC Pekanbaru Minta Pengelola Turunkan Service Charge
Vaksinasi boosterMasyarakat Riau Sudah Bisa Vaksin Booster, Ini Ketentuannya
Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto ikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.Kapolres Rohil beserta Puluhan Personil Ikuti Vaksinasi Booster
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved