www.halloriau.com
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
XL Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics”, Solusi IoT untuk Urban Farming
Rabu, 11 November 2020 - 18:15:00 WIB
XL Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics”.
XL Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics”.

 

JAKARTA - Salah satu solusi berbasis Internet of Thing (IoT) yang saat ini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus kembangkan ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”. Sesuai dengan namanya, solusi ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik.

Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil mampu meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat. Pengembangan layanan inovatif berbasis IoT ini merupakan bagian dari transformasi digital yang sedang XL Axiata jalankan.   

“Bertani dengan menggunakan teknik hidroponik harus memperhatikan sejumlah hal penting, seperti antara lain pemantauan dan penyesuaian secara berkala atas takaran nutrisi, suhu air dan udara, serta tingkat keasaman (pH) air yang akan digunakan. Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Namun, seringkali pengukuran yang kurang akurat dan tidak dilakukan secara rutin sehingga pengendalian nutrisi menjadi kurang maksimal. Akibatnya pertumbuhan tanaman juga tidak seperti yang diharapkan. XL Smart Hydroponics ini dirancang untuk menjadi solusi atas permasalahan tersebut," Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto.

Feby memaparkan, XL Smart Hydroponics memiliki all in one system atau sistem yang telah terintegrasi, baik terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform dan aplikasi. Solusi ini telah dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan. Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real-time dan optimalisasi secara otomatis atas parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman. Teknologi ini akan mendemokratisasi teknologi dan membantu urban farmer untuk memiliki sistem hidroponik yang baik dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

XL Smart Hydroponics ini telah diimplementasikan tahun ini oleh Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Depok, Jawa Barat. Solusi ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali lipat. Sebelumnya, tanpa menggunakan alat ini, pengukuran nutrisi untuk tanaman dilakukan secara manual sehingga terdapat kecenderungan terjadi ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan nutrisi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Fungsi utama dari XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tanaman akan di monitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman. Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait, kemudian data-data ini akan diolah dalam system dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pengembangan machine learning, sensor, dan aktuator lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.  

Untuk mempermudah pelaku usaha, termasuk kalangan UMKM, bisa memanfaatkan solusi IoT guna meningkatkan produktivitas, XL Axiata memiliki laboratorium pengembangan solusi berbasis IoT  bernama “X-Camp”. Di tempat ini kebutuhan para klien sebagai pengguna akan dituangkan menjadi suatu perangkat berbasis IoT yang bisa dioperasikan sesuai dengan yang diharapkan. Setiap perangkat IoT dibangun di atas platform “flexIoT” milik XL Axiata. Platform ini merupakan unified full-stack platform yang dapat diintegrasikan dengan mudah dengan sistem lain dan memberikan keutuhan dalam layanan.

XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika, termasuk dengan mendorong pemanfaatan layanan-layanan inovatif, termasuk IoT untuk memajukan dunia usaha termasuk di kalangan UMKM. Menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, XL Axiata menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika yang digeluti sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional. Karena itu, manajemen XL Axiata akan terus selalu menyelaraskan kepentingan usaha dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
SMS Donasi XL Axiata Salurkan Bantuan dan Buka Layanan Gratis
Polres Kepulauan Meranti Ringkus 4 Terduga pelaku pengedar narkoba, dua diantaranya bawah umurPolres Meranti Ringkus 4 Terduga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Bawah Umur
Susana media meeting di Pekanbaru, Senin (18/1/2021).
Pertumbuhan Ekonomi Riau di Triwulan IV 2020 Dekati Arah Positif
  IstSembilan Santri di Bengkalis Positif Covid-19
Dara Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2019, dr Atika Fitri yang saat ini bertugas sebagai dokter umum di Rumah Sakit  MMC Jakarta sudah mengikuti vaksinasiCerita Dara Kepulauan Meranti 2019, dr Atika Usai Disuntik Vaksin Sinovac
dr Syaipul Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai
Covid-19 Dumai: Tambah 22 Kasus Baru, 13 Sembuh
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved