www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Gebyar Akhir Tahun Beli Cepat, Beli Hemat. Yuk Kunjungi Pameran Honda di Ska
 
Butuh Pembinaan dan Pemasaran, Petani Aren di RTB Kesulitan Pasarkan Gula Aren
Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:44:22 WIB
Jamaluddin tunjukan hasil produk gula aren yang dihasilkan petani aren di Desa RTB.
Jamaluddin tunjukan hasil produk gula aren yang dihasilkan petani aren di Desa RTB.

PASIR PANGARAIAN - Potensi gula aren (enau) hasil kerajinan petani di Desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kecamatan Rambah, kualitasnya sudah tak diragukan. Sayangnya, masih banyak petani enau yang kesulitan memasarkannya.

Kelompok petani aren di Kaiti Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, selain kesulitan memasarkan produk mereka juga berharap ada pembinaan dari pemerintah

Seperti pengamuan Ketua Kelompo Tani Aren di Kaiti Desa RTB Jamaluddin Nasution bergelar Sutan Tuah, Minggu (25/10/2030) mengaku, petani aren di daerahnya cukup banyak.

Disebutkannya, dalam sehari sebut Jamaluddin, para petani bisa menghasilkan air aren atau nira sekira 500 liter. Bila diolah menjadi gula aren bisa menjadi 250 kilogram (Kg).Untuk membuat 1 Kg gula aren membutuhkan 5 liter air nira.

Gula aren yang diproduksi juga secara tradisional, yang dibuat dalam bentuk batangan dijual Rp25 ribu per Kgnya di pasaran. Hanya saja tambah Jamaluddin, karena kesulitan memasarkan gula aren dan kurangnya pembinaan dari pemerintah. Padahal tidak sedikit petani aren menjual air nira ke warung tuak, apalagi membuat gula aren membutuhkan beberapa jam.

Kata mantan Kepala Desa RTB, bila air nira sebelum diolah dijual ke pemilik warung tuak bisa dihargai Rp5.000 per liter. Namun sebagian petani lebih memilih mengolah air nira menjadi gula aren.

Alasan petani menjual air nira ke warung tuak, kata Jamaluddin, karena sulitnya memasarkan gula aren. Apalagi selama ini kurangnya pembinaan dari pemerintah.

"Ini yang terus upayakan, bagaimana air nira ini bisa diproduksi sebagai oleh-oleh khas dari Rohul, selain gula aren," kata Jamaluddin.

Jamaluddin yang juga Pimpinan Kerapatan Adat Huta Haiti, mengakui upaya membantu ekonomi petani, ia sengaja membuka warung, tepat di sebelah Kantor Desa Rambah Tengah Barat, atau di Tempat Wisata Budaya Boru Namora Suri Andung Jati.

Di warungnya, Jamaluddin mengolah air nira menjadi minuman kopi yang biasa disebut masyarakat Rohul kopi nira atau kopi enau. Selain kopi nira, sambung Jamaluddin lagi, di warungnya tersebut juga menyediakan kopi dengan pemanis gula aren.

"Sebenarnya air nira ini bisa diolah berbagai macam produk, seperti permen. Namun kami perlu semacam pembinaan dari instansi terkait. Ini juga untuk menyelamatkan generasi muda kita," harap Jamaluddin.

Penulis: Feri Hendrawan
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Dirut BPR Rohul Aggi Firmansyah, foto bersama dengan para karyawan usai peringatan HUT-13 BPR Rohul, yang dirayakan secara sederhana.Di HUT ke-13, Dirut BPR Rohul Targetkan Tahun Ini Terima Laba
Kegiatan petani karet kini sepi akibat murahnya harga karet, sehingga banyak petani mencari pekerjaan​ lain. Harga Karet Petani di Sialang Jaya Terpuruk Jadi Rp5500 Per Kg, Banyak Beralih Tanam Kelapa Sawit
Sales Area Manager Indosat Ooredoo Pekanbaru Helmar Dodi berfoto bersama wartawan.Fokus di Kampar dan Rohul, IM3 Ooredoo Akan Tambah BTS Tahun Ini
    Perwakilan PT.EDI Kunto Darussalam, Rohul, salurkan alat alahraga ke desa sekitar perusahaan dan sekolah, sebagai bentuk kepedulian perusahan terhadap kesehatan masyarakat sambut new normal Covid-19Peduli Kesehatan Masyarakat di New Normal, PT EDI Bantu Alat Olahraga ke Masyarakat
Telekonferensi​ dengan Gubernur Riau terkait kesiapan kabupaten/ kota mengantisipasi peyebaran Corona, di ruang rapat rumah dinas Bupati Rohul.Tersimpan 100 Ton, Kebutuhan Beras Rohul untuk 3 Bulan ke Depan Aman
Karet dan Sawit.Harga Karet Rp8.000 dan Sawit Rp700 per Kg, Ekonomi Petani Rohul Kian Terpuruk

 
Berita Lainnya :
  • Gebyar Akhir Tahun Beli Cepat, Beli Hemat. Yuk Kunjungi Pameran Honda di Ska
  • Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang di Pilkada
  • Jenis Kelamin Laki-laki Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Riau
  • Dikukuhkan Wagubri, Seluruh Kabupaten Kota di Riau sudah Miliki TPAKD
  • Satgas Penanggulangan Bencana Tinjau Titik Banjir di Kecamatan Bangko
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved