www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Diskes Riau Sudah Salurkan Insentif Tenaga Kesehatan Rp 6 Miliar Lebih
 
Periode Ini, Harga TBS Sawit Riau Turun Jadi Rp2.048,4 per Kg
Selasa, 29 September 2020 - 14:26:06 WIB
Sawit
Sawit

PEKANBARU - Harga TBS kelapa sawit di Provinsi Riau pada periode 30 September - 6 Oktober 2020 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp50,01 per Kg atau mencapai 2.43 persen dari harga minggu lalu.

"Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp2.048,4 per Kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (29/9/2020).

Ia menjelaskan, seperti dikutip mediacenterriau bahwa turunnya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Yang mana, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp284,80 per kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp68,00 per Kg, PT Astra Agro mengalami kenaikan harga sebesar Rp420,00 per kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp391.07 per Kg dari harga minggu lalu, PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp399.80 per Kg dari harga minggu lalu. Sedangkan untuk harga jual kernel, PT Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp126,36 per Kg, PT Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp18,00 per Kg dari harga minggu lalu dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp49,23 per Kg dari minggu lalu.

Sementara dari faktor eksternal, penurunan harga TBS minggu ini karena  harga CPO untuk kontrak pengiriman Desember di Bursa Malaysia Derivatif menguat 0,8 persen ke RM 2.780 per ton. Namun dalam sepekan harga CPO telah anjlok 9,7 persen dari level tertingginya pekan lalu.

"Dalam sepekan terakhir ada beberapa sentimen negatif yang membuat harga komoditas unggulan RI dan Negeri Jiran ini menukik tajam. Pertama adalah harga minyak nabati global yang terus melorot. Kedua adalah kondisi perpolitikan Malaysia yang sedang diwarnai dengan kisruh," ujarnya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Para peserta mengikuti seleksi penerimaan calon tenaga kerja.Ratusan Calon Tenaga Kerja Mendaftarkan Diri ke PT SSS Inhu
Ilustrasi.Dampak Virus Covid 19, Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Rp160,80/Kg
Gubernur Riau Syamsuar.Gubri: Jengkol dan Petai Bisa Diekspor, Jangan Sawit-sawit Terus
  Uang Koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit. FOTO: Dok: Bank Indonesia.Heboh Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, BI Angkat Bicara
IlustrasiHarga TBS Sawit di Riau Turun Lagi Pekan Ini
Ketua Dewan Pengawas BPDP-KS, Rusman Heriawan didampingi Bupati Kampar, Cartur Sugeng Susanto  menyerahkan dana hibah peremajaan sawit rakyat BPDP-KS secara simbolis kepada Ketua KUD Makmur Lestari, Sudirman di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Rabu (2/10/2019). Foto budyRealisasi Peremajaan Sawit Rakyat Tahun Ini Diprediksi Hanya 50.000 Ha

 
Berita Lainnya :
  • Diskes Riau Sudah Salurkan Insentif Tenaga Kesehatan Rp 6 Miliar Lebih
  • Hargai Perjuangan Tenaga Medis dengan Terapkan Protokol Kesehatan
  • Belum Sepekan, 2 Pasien Covid-19 asal Mandau Meninggal Dunia
  • Antisipasi Karhutla 2021, Riau Dapat Tawaran Bantuan Helikopter Water Bombing Chinook dari BNPB
  • Jijik! Pabrik Roti Ketahuan Bikin Adonan Pakai Air Mentah dari Toilet Jorok, Tempat Penyimpanan Dipenuhi Kotoran Tikus
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved