www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kualifikasi MotoGP Teruel, Nakagami Raih Pole Position
 
Di Tengah Masa Pandemi, Pertamina EP Lirik Field Dukung Program Pulsa Cacing
Jumat, 28 Agustus 2020 - 17:08:39 WIB
Pertamina EP  Lirik Field rutin memonitor perkembangan program
Pertamina EP Lirik Field rutin memonitor perkembangan program

PELALAWAN - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung ketahanan energi nasional. 

Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga menjalankan program pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk kepedulian Perusahaan terhadap sosial dan lingkungan di wilayah kerja. 

Salah satunya dilaksanakan melalui Pertamina EP Asset 1 Lirik Field, yang mempunyai wilayah kerja di Provinsi Riau, dengan program Pemberdayaan Masyarakat berupa kegiatan bertajuk PULSA Cacing. Program ini dilaksanakan di Dusun Ampel Gading, Kelurahan Ukui, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. 

Pertamina EP  Lirik Field rutin memonitor perkembangan program dengan sasaran Kelompok Tani Berkat Usaha selaku mitra binaan dan pelaksana program PULSA Cacing. Pada bulan Agustus 2020, Pertamina EP Lirik Field meninjau langsung ke lokasi pemberdayaan dimana pada waktu yang bersamaan dilaksanakan panen cacing dan pengambilan vermikompos yang rutin dilaksanakan oleh anggota kelompok setiap bulannya.

PULSA Cacing (Pengolahan Unik Limbah Sawit untuk Cacing) merupakan program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Program diinisiasi berdasarkan identifikasi kebutuhan dan potensi yang dilaksanakan melalui pemetaan sosial. Terdapat banyak terdapat limbah sawit, sampah daun, dan kotoran hewan di sekitar lingkungan yang belum temanfaatkan secara optimal.

Program PULSA Cacing mengusung konsep pemanfaatan limbah tandan sawit dan kotoran hewan sebagai media pengembangbiakkan cacing merah jenis pheretima dengan menggunakan teknik vertikultur. Teknik vertikultur sendiri merupakan teknik budidaya menggunakan alat bernama reaktor cacing yang dapat digunakan pada lahan sempit seperti perumahan. 

Budidaya cacing menggunakan reaktor merupakan teknik yang cukup efektif karena tidak hanya menghasilkan cacing merah ketika proses panen, namun juga dapat menghasilkan vermikompos yang telah diurai oleh cacing.

CSR Staff Pertamina EP Asset 1 Lirik Field, Yong Mursito Ardy, menghimbau seluruh anggota mitra binaan untuk melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak fisik selama masa pandemi. 

Ketua Kelompok Tani Berkat Usaha Ramin Sunarto.menerangkan harapannya terhadap kelanjutan program PULSA Cacing. 

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama enam bulan belakangan, permintaan terhadap cacing sempat tersendat. Oleh karenanya, kami mencoba berinovasi dengan mengalihfungsikan produk cacingnya sebagai tepung cacing untuk suplemen tambahan pakan ternak dari bantuan ayam kampung juga telah diberikan oleh Pertamina EP  Lirik Field“, terangnya. 

Pada kesempatan monitoring program tersebut,  Legal and Relation Assistant Manager Lirik Field Turjasari mengatakan sangat senang apabila kegiatan yang dilaksanakan oleh Lirik Field dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam upaya pengembangan masyarakat agar para petani agar dapat lebih berdaya secara ekonomi. Semoga kondisi pandemi ini dapat segera berlalu sehingga aktivitas mitra binaan dapat kembali normal” pungkasnya. 

Penulis: Andy Indrayanto
Editor: Yusni Fatimah





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Walikota Dumai H. Zulkifli AS pimpin panen raya jagung manis Kelompok Tani Bukit Mekar Binaan Pertamina RU II Dumai.CSR Pertamina Dorong Kelompok Tani Bukit Mekar Bangkit dari Lahan Tidur hingga Berpenghasilan Rp 250 Juta
Gubernur Riau, Syamsuar meresmikan Kawasan Eco-Wisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi Kabupaten Bengkalis, Minggu (27/9/2020).Memanfaatkan Kayu Nibung, Pertamina Kembangkan Pemecah Ombak Alami Cegah Abrasi
Rizal sedang meracik sabun berbahan eukaliptus. Masa pandemi ini, omzet penjualan mereka meningkat.Mitra Bina RAPP Raih Untung Selama Pandemi Covid-19
  Tim Pertamina EP Asset 1 Lirik Field (PEP Lirik Field) memberikan pelatihan reaktor cacing kepada para kelompok tani berkat usaha Kelurahan Ukui, Kecamatan Ukui. 
Kisah Ramin dan Cacing-cacingnya di Tengah Pandemi Covid-19
PFpreneur Menciptakan UMKM unggul serta mendorong pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaanPFpreneur Menciptakan UMKM Unggul Perempuan Indonesia
Penyerahan bantuan.Kembali Unjuk Kepedulian, Pertamina EP Lirik Field Salurkan Bantuan Covid-19 ke Kecamatan Ukui

 
Berita Lainnya :
  • Kualifikasi MotoGP Teruel, Nakagami Raih Pole Position
  • Cegah Covid-19, Satpolair Polres Meranti Pasang Stiker Imbauan Pakai Masker di Kapal
  • Menolak Didata, Oknum Anggota DPRD Kepulauan Meranti Kasari dan Omeli Petugas
  • Pemprov Riau Akan Ajukan APBN untuk Perbaikan Jalan di Pulau Rupat
  • Polsek Seberida Terus Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved