www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
 
Soal Utang Menggunung Rp694 Triliun, Begini Jawaban Bos PLN
Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:04:22 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Zulkifli Zaini menjawab kekhawatiran anggota DPR Mulan Jameela soal utang perusahaannya bernilai Rp694 triliun.

Ia menyatakan telah memahami posisi utang tersebut.

"Kami paham mengenai itu dan memang dalam situasi covid-19 ini, komitmen kami adalah menjaga sustainability keuangan PLN terjaga dengan baik," katanya Selasa (25/8/2020) dikutip dari cnnindonesia.

Meski memiliki tumpukan utang, ia menjamin masalah tersebut tidak akan berdampak ke masyarakat. PLN katanya akan tetap berupaya menjaga tarif listrik supaya terjangkau bagi masyarakat.

Kebijakan tersebut katanya sudah dilakukan PLN dengan tidak menaikkan tarif listrik sejak 2017 lalu.

"Jadi tidak ada kenaikan tarif sampai saat ini, yang ada adalah kenaikan pemakaian, padahal tagihan adalah tarif dikali pemakaian, jadi kalau ada tagihan naik kami yakinkan kenaikan pemakaian bukan kenaikan tarif," ucapnya.

Anggota Komisi VII DPR Mulan Jameela menyoroti utang sebesar Rp694,79 triliun yang ditanggung PT PLN (Persero) hingga kuartal I 2020. Anggota DPR dari Partai Gerindra itu menyatakan utang tersebut tidak sehat.

Ia khawatir kalau tak segera diatasi, utang bisa berdampak ke kenaikan tarif listrik ke masyarakat. Ia juga mempertanyakan upaya dan strategi perseroan melunasi utang jumbonya itu.

"Dengan kondisi keuangan seperti ini tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat," imbuhnya.

Tak hanya dari Mulan, pertanyaan mengenai utang PLN juga disampaikan oleh Anggota Komisi VII lainnya, Dyah Roro Esti. Ia menilai jika penarikan utang adalah hal lumrah dilakukan dalam bisnis.

Namun, ia mempertanyakan upaya PLN melunasi utang tersebut.

"Tapi yang perlu kami tanya apa strategi membayar utang mengingat kita dalam kondisi sulit akibat pandemi sehingga mempengaruhi permintaan," katanya. (*)



BERITA LAINNYA    
Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Gear Exhibition di Mal Living World.Perkenalkan Yamaha Gear 125 Multiguna, Alfa Scorpii Gelar Gear Exhibition di Living World
IlustrasiSelama 2020, Pemko Dumai Gelontorkan Rp1,2 Miliar Sewa Hotel untuk Pasien OTG
  Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Menaker Ida Fauziyah Bocorkan Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan 2021
Anggota LMP Macab Kepulauan Meranti tampak sedang membersihkan parit saluran air di area perkantoran Pemkab Kepulauan MerantiLMP Markas Cabang kepulauan Meranti Gotong Royong di Area Perkantoran Pemkab
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved