www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Urai Kemacetan, Tiga U-turn di Pekanbaru Ditutup Permanen, Ini Lokasinya
 
PT KBI (Persero) Dukung Pengembangan UMKM untuk Mitigasi Pasca Covid-19
Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:04:06 WIB
Serah terima mesin pemecah kedelai.
Serah terima mesin pemecah kedelai.

YOGYAKARTA - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI berkomitmen untuk turut mendukung pengembangan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM), khususnya dalam upaya mitigasi pasca covid-19.  

UMKM merupakan sektor yang sangat terpukul dengan adanya wabah covid-19 ini, dan apa yang KBI lakukan ini adalah dalam koridor KBI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki peran sebagai Agent of Development, khususnya bagi UMKM. 

Demikian disampaikan oleh Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), di sela-sela Pencanangan Program Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Pengembangan UMKM Pangan Lokal untuk Mitigasi Pasca Covid-19, yang diselenggarakan di Yogyakarta, 6 Agustus 2020.

Program Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Pengembangan UMKM Pangan Lokal untuk Mitigasi Pasca Covid-19 ini, merupakan kerjasama yang dilakukan antara PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dengan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada Yogakarta. 

Kegiatan yang dilakukan ini, merupakan kolaborasi antara Program CSR dan  kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang ada di PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Dalam Program pengembangan UMKM yang dilakukan di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, KBI dan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada Yogakarta memberdayakan UMKM Kelompok Tani untuk mampu memproduksi pangan lokal, meliputi Produksi jus kemasan, singkong beku, keripik sayuran, serta  keripik tempe.

Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng, Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada mengatakan, tujuan utama dari program pemberdayaan UMKM ini adalah mengembangkan usaha pengelolaan hasil tanaman buah dan makanan berbahan baku lokal.

"Masyarakat diharapkan mandiri dan meningkatkan kemampuan kelompok wanita tani dalam mengelola UMKM pangan berbasis bahan baku lokal. Kelompok wanita tani mampu memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan wilayah agrowisata di Desa Selopamioro. Selain itu, harapan kedepan dari pengembangan pemberdayaan UMKM ini mampu menjadi contoh bagi masyarakat di daerah lain untuk menerapkan kegiatan yang sama pasca pandemi COVID – 19 ini," urainya.

Desa Selopamioro merupakan salah satu Desa di Kabupaten Bantul yang memiliki potensi sumberdaya lokal berbasis sektor pertanian. Semenjak adanya wabah pandemi COVID-19, seperti daerah-daerah lain, ekonomi masyarakat di wilayah ini juga cukup mengalami dampak. 

Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M. Eng mengatakan,  sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan tentunya ini merupakan bentuk nyata kepedulian KBI dalam skala yang lebih luas, yaitu  mengakselerasi program pemberdayaan masyarakat dan menjamin keberlanjutan program dari aspek penguatan jaringan sosial, ekonomi dan lingkungan. 

"Dengan adanya program pengembangan UMKM kerjasama dengan KBI ini, ke depan diharapkan terjadi penguatan kapasitas UMKM Pangan Lokal di Desa Selopamioro dengan introduksi teknologi pertanian (alat dan mesin pertanian tepat guna), penguatan kapasitas dalam aspek produksi, kualitas dan keamanan pangan (food safety), serta peningkatan kemampuan ekonomi UMKM (keluarga)," katanya lagi.

Fajar Wibhiyadi menambahkan, sebagai Badan Usaha Milik Negara, ke depan KBI akan terus memberikan memberikan dukungan kepada masyarakat, khususnya dalam pengembangan UMKM. 

"Karena sebagai Badan Usaha Milik Negara, tentu peran kami tidak sekedar mencari keuntungan bisnis, namun lebih dari itu, kami juga dituntut untuk turut mengembangkan ekonomi masyarakat," tegasnya. (rilis)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
PT Pertamina melalui Rumah Zakat beri bantuan kepada UMKM.Dukung Penguatan UMKM, Pertamina Lewat Rumah Zakat Beri Modal Usaha
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian SiswariniDi Tengah Pandemi Covid-19 dan Kompetisi, XL Axiata Terus Raih Pertumbuhan Kinerja
7 Ritel Matahari ditutup karena terus menerus alami kerugian.Tutup 7 Gerai karena Covid-19, Matahari Rugi Rp 616 Miliar
  CEO Pfizer Albert Bourla.Sukses Uji Vaksin Covid-19, CEO Pfizer Jual Sahamnya Senilai Rp79,5 Miliar
Pengunjung Mal Pekanabru mencuci tangan sebelum masuk mallLibur Cuti Bersama Pekan Ini, Mal Pekanbaru Terapkan Prokes Ketat
IlustrasiDi Kuartal IV 2021, Ekonom Prediksi Ekonomi RI akan Pulih Sepenuhnya

 
Berita Lainnya :
  • Urai Kemacetan, Tiga U-turn di Pekanbaru Ditutup Permanen, Ini Lokasinya
  • Terbaru, WHO Perketat Pedoman Pemakaian Masker
  • Klaster Dharma Wanita "Menggurita", Makin Bertambah Pejabat Riau Tertular Covid-19
  • Sering Kecelakaan Maut, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Berkendara Dekat Truk
  • Pekan Depan, Rusia dan Inggris Mulai Vaksinasi Corona
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved