www.halloriau.com

Ekonomi
BREAKING NEWS :
BPJS Diminta Percepat Pencairan Klaim Biaya Pasien Covid-19 ke RS
 
Pertamina EP Lirik Field Sigap Padamkan Karhutla di Desa Pasir Ringgit
Minggu, 05 Juli 2020 - 13:16:29 WIB
Tim HSSE Pertamina EP Lirik Field memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit.
Tim HSSE Pertamina EP Lirik Field memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit.

LIRIK - Kejadian Karhutla hampir menjadi bencana tahunan yang mengancam di wilayah Kecamatan Lirik terlebih saat memasuki musim kemarau. 

Ini disikapi serius oleh Pertamina EP Lirik Field, seperti yang baru-baru ini dilakukan tim HSSE Pertamina EP Lirik Field, sigap memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit, Kecamatan Lirik, pada Jumat (3/7/2020).

Berdasarkan informasi dari Andi (warga Desa Pasir Ringgit) yang disampaikan melalui seluler kepada Fungsi Legal & Relation Pertamina EP Lirik Field, telah terjadi kebakaran lahan belukar tanpa diketahui penyebabnya. Dengan sigap informasi tersebut segera direspon oleh tim HSSE untuk melakukan tindakan pemadaman dengan membawa satu unit mobil pemadam kebakaran. 

Tiba di lokasi kejadian tim langsung melakukan pemadaman dibantu oleh koramil Pasir Penyu dan warga sekitar. Selang satu jam kemudian api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. Pun demikian, walau api sudah berhasil dipadamkan tetapi asap masih mengepul di lokasi, sehingga tim tetap waspada dan berjaga-jaga jika api kembali berkobar.

"Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dari Pertamina Lirik dan para pihak yang telah membantu pemadaman di Pasir Ringgit," kata Andi.

Menanggapi kejadian tersebut Kurniawan Triyo selaku Lirik Field Manager menjelaskan bahwa Pertamina EP Lirik Field akan selalu siap siaga dalam menghadapi bencana terlebih di musim kemarau yang mulai datang. 

"Kami upayakan yang terbaik dalam menanggulangi potensi bahaya yang mungkin terjadi, terlebih menjelang musim kemarau seperti ini," kata Kurniawan Triyo.

"Dalam waktu dekat juga kami agendakan untuk kegiatan fire drill dan koordinasi dengan aparat  instansi-instansi terkait seperti Pemda, TNI-Polri, BNPB dan unsur-unsur lainnya guna meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan tim kami." pungkasnya.

Kurniawan juga menghimbau penduduk sekitar agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya karhutla, dan meminta tidak bakar bila saat akan buka lahan perkebunan baru," tegasnya. 

Pertamina EP Lirik Field adalah lapangan penghasil minyak dan gas (migas) yang beroperasi di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 1 dengan wilayah kerja Lirik Field meliputi Kabupaten Indra Giri Hulu, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan.

Sebelumnya pada kondisi musim kemarau yang berkepanjangan tahun 2019 banyaknya titik karhutla di beberapa provinsi di Indonesia. 

Kondisi ini membuat Pertamina EP – SKK Migas tergerak untuk membantu Pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah, antara lain di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara. 

Di Provinsi Riau, melalui PEP Asset 1 Lirik Field, telah dilaksanakan pemasangan jembatan sementara sebagai akses jalur pemadam kebakaran di Desa Seko Lubuk Tigo, Bantuan konsumsi untuk tim pemadam kebakaran selama 8 hari. Bantuan alat berat untuk pembuatan 10 titik embung sumber air dengan luasan 2,5 meter pada sekitar area kebakaran di Desa Seluti, bantuan pemadaman di Desa Seko Lubuk Tigo, Lirik.

Selain itu juga telah dibantu pemasangan rambu-rambu pencegahan pembakaran lahan di Kelurahan Ukui dan Desa Ukui 2, Kecamatan Koto Gasib dan Kabupaten Siak guna penanganan kebakaran di areal luar kawasan hutan.

Pembagian masker di Kabupaten Pelalawan kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan serta Pembuatan posko kesehatan di Kecamatan Koto Gasib, Siak kerjasama dengan Puskesmas Koto Gasib. 

Penulis: Andy Indrayanto
Editor: Yusni Fatimah




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pertamina EP  Lirik Field rutin memonitor perkembangan programDi Tengah Masa Pandemi, Pertamina EP Lirik Field Dukung Program Pulsa Cacing
 Gubri dalam acara launching posko dan simulasi Karhutla.Ada Karhutla Saja Investasi di Riau Peringkat 6 Nasional, Apalagi Bebas Asap
Tim Operasi Keadaan Darurat (OKD) PHE Kampar yang didukung personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menangani Karhutla di sekitar wilayah operasi.PHE Terjunkan Personel Atasi Karhutla, Fasilitas Operasi Aman
  Tim HSSE Pertamina EP Lirik Field memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit.Pertamina EP Lirik Field Sigap Padamkan Karhutla di Desa Pasir Ringgit
Lahan terbakar. FOTO: GoogleKabut Asap: Ketidakberdayaan Negara Menghadapi Korporasi
APP Sinar Mas.APP Sinar Mas Dukung Pemprov Riau Wujudkan Asian Games 2018 Bebas Karhutla

 
Berita Lainnya :
  • BPJS Diminta Percepat Pencairan Klaim Biaya Pasien Covid-19 ke RS
  • Pelamar Lulus Administrasi Penerimaan Tenaga Kontrak Kesehatan Penanganan Covid-19
  • Diskominfo Pekanbaru Siap Luncurkan Aplikasi untuk Penanganan Covid-19
  • Mitos dan Fakta Berjemur Bisa Cegah Virus Corona
  • Buron 5 Tahun, Tersangka Pasutri Dugaan Penipuan Tanah di Kampar Malah Berubah Jadi Tahanan Kota
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved