www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Gedung di Area Plasa Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Teganggu
 
Kelola Blok Rokan, Pertamina Targetkan Sumbang 60 Persen Produksi Minyak RI
Kamis, 02 Juli 2020 - 11:22:43 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menargetkan kontribusi produksi minyak perseroan meningkat hingga 60 persen dari total produksi minyak nasional pada 2021. Hal tersebut didukung oleh pengalihan pengelolaan Blok Rokan kepada perusahaan minyak pelat merah ini mulai 9 Agustus 2021.

"Produksi kontribusi hulu Pertamina itu 41 persen dari total produksi nasional 2019. Tahun ini ditargetkan 49 persen, tahun depan kami berharap dengan masuknya Rokan di Agustus, kontribusi mencapai 60 persen," ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menghadiri rapat dengan komisi VII DPR di Gedung DPR, Rabu (1/7/2020) dikutip dari cnnindonesia.

Blok Rokan sendiri merupakan blok minyak terbesar di Indonesia dengan luas 6.220 kilometer. Blok ini memiliki 96 lapangan dengan tiga lapangan memiliki potensi minyak yang baik, yaitu Duri, Minas dan Bekasap.

Saat ini, laju produksi Blok Rokan melandai mengingat blok tersebut telah beroperasi selama lebih dari 50 tahun. Terlebih sejak 2019 tidak ada pengeboran sumur baru, sehingga diperkirakan saat ini laju penurunan produksi di Blok Rokan sekitar 25 persen.

Untuk mengoptimalkan produksi Blok Rokan, Pertamina sendiri telah merencanakan pengeboran 44 sumur baru di tahun 2021 melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Selain itu, peningkatan produksi Blok Rokan akan dilakukan Pertamina melalui optimasi pengembangan lapangan-lapangan produksi baik melalui kegiatan Primary, Secondary/Waterflood maupun Tertiary Recovery.

Di sisi lain, lanjut Nicke, Pertamina optimistis dapat meningkatkan produksi hulu di tahun depan karena sebagian besar investasi yang telah diprioritaskan untuk sektor hulu beberapa tahun terakhir.

Meski belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan  tahun ini dipangkas sebesar 23 persen, sebagian besarnya akan diarahkan kepada sektor hulu.

"Mulai tahun lalu alokasi anggaran Pertamina investasi itu 60 persen di hulu, jadi walaupun sekarang kami harus cut sampai 23 persen anggaran investasi tapi Hulu kami prioritaskan," imbuhnya.

Tahun ini, Pertamina menargetkan mengebor 411 sumur atau naik 17 persen dibanding 2019 yang tercatat 351 sumur. Sementara untuk sumur existing akan tetap dioperasikan tetapi tentu dengan beberapa efisiensi.

Adapun alokasi investasi untuk hulu di tahun ini dianggarkan sebesar US$7,8 miliar, naik dibanding tahun lalu yang sebesar US$4,2 miliar.

"Ini penting sekali karena kita juga alokasikan anggaran untuk pencairan cadangan baru dengan seismik supaya bisa meningkatkan kapasitas kilang Jadi concern mengenai kemandirian benar sekali karena kemandirian butuh resource dari dalam negeri," pungkas Nicke. (*)





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiJuli 2020, BPS Catat Nilai Tukar Petani Riau Naik 3,56 Persen
IlustrasiSemester I 2020, Ekspor Riau Naik 6,96 Persen
IlustrasiUMKM akan Jadi Fokus Awal Dalam Pemulihan Ekonomi Riau
  IlustrasiBulog Jamin Ketersediaan Beras di Riau Cukup Lima Bulan Mendatang
istSandiaga Uno dan Jaya Setiabudi Kupas UMKM di Webinar IKA FPUA Riau-Kepri
KAHMI gelar diskusi dengan mengangkat Tema Transisi Blok Rokan Riau Mendapatkan Apa?Diskusi Transisi Blok Rokan Awali Launching Kahmi Studio

 
Berita Lainnya :
  • Gedung di Area Plasa Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Teganggu
  • Kesaksian Persidangan Sebut BBM di SPBU PT BLJ Dioplos, Direktur PT BLJ: Kita Merasa Dirugikan
  • Satpol PP Diminta Tindak Pasar Ilegal di Pekanbaru
  • Riau Tambah 16 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini
  • Kasus Corona Indonesia Tambah 1.693, Total Positif Jadi 128.776 Kasus
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved