www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
 
Warga Pekanbaru Keluhkan Tagihan Listrik Naik Drastis, Biasa Rp200 Ribu Malah Jadi Rp800 Ribu
Jumat, 05 Juni 2020 - 15:43:19 WIB
Warga Pekanbaru tampak datangi kantor PLN mempertanyakan lonjakan tagihan yang naik drastis.
Warga Pekanbaru tampak datangi kantor PLN mempertanyakan lonjakan tagihan yang naik drastis.

PEKANBARU - Kabar kenaikan tagihan listrik yang dikeluhkan masyarakat beberapa hari terakhir di beberapa daerah ternyata juga dikeluhkan oleh warga Kota Pekanbaru. Bahkan kenaikan tagihan listrik yang dialami masyarakat dinilai tidak masuk akal.

Seperti yang disampaikan oleh Azizah. Warga Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru ini mengaku kaget dengan kenaikan tagihan yang sangat signifikan dengan pemakaian yang sama.

"Habis masa PSBB, langsung dikagetkan dengan tagihan listrik naik berkali lipat, rasanya ngak masuk akal kok bisa naik drastis gini. Padahal pemakaian sama seperti biasa, dari yang biasa hanya Rp150 ribuan hingga Rp200 ribu, tapi untuk bulan Mei (dibayar Juni) setelah dicek masak sampai Rp800 ribu lebih. Ini kenapa kok bisa begini," ungkap Azizah.

Kenaikan tagihan listrik ini tentunya sangat memberatkan masyarakat, lanjut Azizah. Ditambah dengan kondisi ekonomi yang serba sulit.

"Kepada PLN kita harapkan bisa menjelaskan kenapa ini bisa terjadi, jujur di tengah kondisi ekomi yang tertatih-tatih ini saya tidak sanggup bayar, belum sewa rumah, tagihan listrik naik, jadi mau makan apa kalau gini lagi," tegas Azizah.

Tidak hanya Azizah, ternyata masih banyak warga Pekanbaru yang mengeluhkan hal serupa, bahkan sampai mendatangi pihak PLN terdekat. Seperti yang terjadi di PLN Rayon Rumbai, beberapa warga mendatangi kantor PLN yang berada di Jalan Sekolah, Kecamatan Rumbai untuk meminta kejelasan dan alasan kenaikan tagihan listrik yang signifikan.

Tidak hanya itu, di media sosial Instagram juga beredar video masyarakat mendatangi Kantor PLN Rayon Pekanbaru Kota Timur Jalan DR. Sutumo pada Jumat (5/6/2020).

Sementara itu, saat diminta penjelasan terkait keluhan pelanggan atas kenaikan tagihan listrik ini, Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Tajuddin Nur mengatakan berdasarkan informasi  memang ada pelanggan yang datang ke PLN ULP Kota Timur.

"Kalau laporannya, pelanggan datang menanyakan perihal tagihan rekening listriknya hanya saja karena agak ramai makanya diatur supaya tertib. Kalau berapa jumlah orang yang kesana saya belum dapat, karena kejadiannya di ULP," ujar Tajuddin.

Untuk alasan atau dasar kenapa terjadi kenaikan yang cukup signifikan oleh pelanggan, Tajuddin belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Namun ia tetap menyarankan agar masyarakat bisa melaporkan tagihan yang melonjak bisa dilakukan melalui sarana resminya yaitu melalui situs www.pln.co.id.

"Setelah saya komunikasikan dengan Niaga bisa disampaikan untuk solusi permasalahan pelanggan, PLN sudah menyediakan sarana resminya yaitu melalui situs www.pln.co.id. Selain itu bisa juga melalui Call Center PLN 123 atau melalui Hp 0761 123 untuk Provinsi Riau," ungkap Tajuddin.

Selain itu juga melalui aplikasi PLN Mobile atau bisa juga melaporkan ke ULP terdekat dengan membawa foto stand meter kondisi terbaru.

"Dan sesuai informasi yang disampaikan oleh dari Direktur Niaga, proses koreksi atau perbaikan rekening kalau ada kesalahan bisa dilakukan di atas tanggal 6," tukasnya.

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Stimulus Covid-19 dari PLN.Ayo Login www.pln.co.id untuk Klaim Token Listrik Gratis Oktober 2020
Ilustrasi.Tarif Listrik Pelanggan Nonsubsidi Tegangan Rendah Turun, yang Lain Ikutan Gak?
Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Faris Aziz dan Direktur Utama PT Energi Listrik Batam Danny Praditya, melakukan penandatangan  Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) secara virtual pada  Jumat (28/8/2020) yang akan berkontribusi memenuhi ketersediaan listrik di wilayah Batam melalui PLTG Tanjung Uncang.Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT ELB Teken Perjanjian Jual Beli Gas
  IlustrasiMulai Oktober hingga Desember, Tarif Listrik Pelanggan Golongan Rendah Turun
Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati saat peresmian pengaliran gas ke pembangkit listrik Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako di Kabupaten Siak, Riau, Jumat (28/8/2020). Foto: AntaraTingkatkan Produksi Minyak, Pertagas Alirkan Gas ke Pembangkit Listrik BOB di Siak
IlustrasiSoal Utang Menggunung Rp694 Triliun, Begini Jawaban Bos PLN

 
Berita Lainnya :
  • Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
  • Dunia Pers Riau Berduka, Wartawan Berdedikasi Itu Mendahului Kita
  • Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
  • Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
  • Dari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved