www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Hujan Masih akan Guyur Riau di Akhir Pekan
 
Menteri Ini Ungkap Alasan Sebenarnya Indonesia Butuh New Normal
Senin, 01 Juni 2020 - 17:14:53 WIB
New Normal.
New Normal.

JAKARTA - Demi pulihkan kondisi ekonomi Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan new normal di tengah pandemi Corona (COVID-19). Tapi, keputusan ini menimbulkan pro kontra di masyarakat.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pun buka suara menjelaskan alasan pemerintah menerapkan new normal. Dasar utama keputusan penerapan new normal itu adalah ekonomi. 

Perekonomian Indonesia dibuat hampir lumpuh oleh pandemi ini. Berhentinya aktivitas sosial telah membuat roda perekonomian terhambat. Kondisi ini tak bisa terus dibiarkan karena akan memicu badai PHK makin menjadi-jadi. 

Mimpi buruk itu tentu harus segera dicegah, dan tak perlu menunggu vaksin COVID-19 dirilis.

"Tentu kita menginginkan agar pandemi COVID-19 ini tidak merembet atau merembes pada pandemi PHK. Sehingga salah satunya adalah melakukan restart, produktif tapi aman dari COVID-19. Oleh karena itu protokol-protokol nya baru, cara protokol baru ini diberlakukan sampai ditemukannya vaksin. Kalau kita menunggu vaksin sampai tahun depan. Kelihatannya dengan protokol kesehatan yang harus uji klinis dan yang lain, tidak dalam waktu dekat," ujarnya dalam wawancara eksklusif Blak-blakan dengan detikcom beberapa hari lalu.

Airlangga menjelaskan, permasalahan pandemi yang mengancam kesehatan jika disandingkan dengan sosial-ekonomi seperti dua sisi mata uang yang selalu beriringan. Ketika sektor kesehatan terancam, maka sisi ekonomi ikut terhantam.

"Kita melihat bahwa pertumbuhan ekonomi ini penting. Karena sekarang sebelum pandemi ini 7 juta orang belum mendapat pekerjaan, bukan PHK dan pada saat PHK terjadi pandemi sekitar 1,8 juta. Tentu kita harus segera mungkin menciptakan kesempatan-kesempatan baru," tambahnya di detikcom.

Penerapan protokol yang ketat dalam kehidupan normal baru diharapkan bukan hanya aktivitas sosial yang bisa menyesuaikan tapi juga ekonomi. Pemerintah pun juga telah menyiapkan penunjangnya dengan memastikan keberlangsungan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pemerintah juga memasukkan 89 proyek baru ke dalam daftar PSN 2020-2024. Proyek-proyek baru itu hasil penyaringan dari 245 proyek usulan untuk masuk ke dalam PSN.

89 proyek baru yang masuk ke dalam PSN itu nilainya mencapai Rp 1.422 triliun. Menurut hitungan pemerintah dari nilai investasi itu bisa menyerap hingga 19 juta pekerja selama 5 tahun ke depan.

"Oleh karena itu new normal ini menjadi sangat perlu dan penting. Ini dilakukan bukan hanya di Indonesia, negara lain juga sudah membuka dan melakukan hal yang sama. Nah tentu sampai vaksin ditemukan. Kita tidak bicara situasi seperti sebelum COVID-19. Jadi sampai vaksin ditemukan maka sebelumnya kita harus melakukan new normal," tutupnya.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah mengadakan bincang-bincang dengan media setempat secara virtual menggunakan layanan video conference CloudX Telkomsel.Peran Aktif Telkomsel dalam Penerapan Era New Normal di Wilayah Sumatera Bagian Tengah
Ekonomi merosot.Duh, Ekonomi RI Diprediksi Minus Parah di 2020
foto humasPGN Siap Laksanakan New Normal Skenario Pengelolaan Layanan Gas Bumi
  JokowiDi Tengah Pandemi, Jokowi Turunkan Target Pendapatan Negara Jadi Rp1.699,94 Triliun
New Normal.Menteri Ini Ungkap Alasan Sebenarnya Indonesia Butuh New Normal
Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom. Hasil Forum Ketum HIPMI Se-Indonesia, Pengusaha Muda Terapkan "New Normal"

 
Berita Lainnya :
  • Hujan Masih akan Guyur Riau di Akhir Pekan
  • Fatwa MUI, Salat Idul Adha dan Penyembelihan Kurban di Tengah Pandemi harus Ikuti Ketentuan Ini
  • Depresi, Janda Muda Bunuh Diri Usai Digilir 8 Pemuda
  • Firdaus Akui Ada Potensi Kebocoran Retribusi Parkir di Pekanbaru
  • Rotte Foundation Bantu Permodalan UMKM Terdampak Corona di Pantai Raja
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved