www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Angkut Warga Rohul Positif Covid-19, Penumpang Lion Air Pekanbaru-Jakarta 5 Juli Diminta Cek Kesehatan
 
Hasil Forum Ketum HIPMI Se-Indonesia, Pengusaha Muda Terapkan "New Normal"
Rabu, 27 Mei 2020 - 13:34:00 WIB
Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom.
Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom.

JAKARTA - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengadakan acara Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom. 

Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming memberikan arahan dan kebijakannya kepada 34 Ketum BPD seluruh Indonesia untuk menerapkan new normal.

Forum internal tersebut, Maming menyambut baik keputusan program pemerintah untuk menggerakkan hidup normal atau The New Normal. Untuk segera menggerakkan masyarakat menuju ke fase new normal.

"Pemerintah akan menerapkan new normal sebagai percobaan apakah program tersebut akan terus menerus diterapkan karena pandemi Covid-19 belum ada kepastian kapan selesainya," ujar Maming, dalam Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom, Selasa (26/5/2020).

Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu menyarankan, dalam penerapan new normal tersebut, kegiatan ekonomi memerlukan kepastian dan tidak boleh berhenti terlalu lama. Jika tidak, maka akan berisiko menambah pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mengarahkan ke kondisi resesi.

"Karena pemerintah mau keluarkan keputusan ini. Jadi, boleh tetap bekerja tetapi tetap mengikuti anjuran standar protokol kesehatan penanganan Covid-19," ucapnya.

Dalam memberikan arahan dan kebijakannya, Maming membahas salah satunya mengenai penyamaan persepsi terkait pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) secara virtual. Forum ini, Kata Maming, pembahasan yang tidak luput dari pandemi Covid-19, dia menghimbau kepada Ketum BPD di 34 provinsi untuk tidak terlalu memikirkan pandemi yang berujung membawa dampak.

"Kalau ikuti pandemi Covid-19 terus yang dipikirkan tidak ada habisnya. Anggota HIPMI harus diberikan siraman rohani, jasmani, dan mental biar tidak terbuai dengan pandemi Covid-19," ungkapnya.

Kemudian, arahan lainnya dalam forum tersebut yaitu pihaknya akan membuat program mingguan yang akan disampaikan oleh senior-senior dari mantam ketum (mantum) HIPMI. Melalui koordinasi dengan Pembina HIPMI dan juga berkoordinasi dengan protokol istana.

"Pelaksanaan Rakernas BPP HIPMI secara virtual adalah Rakernas pertama HIPMI yang melakukan virtual, bukan dari organisasi lain. Kita ingin membuktikan bahwa organisasi HIPMI ini memiliki kreativitas anak muda untuk menghadapi pandemi Covid-19," tuturnya.

Selain itu, Maming juga memberikan arahan dan kebijakannya dengan membuat rapat Badan Pengurus Harian (BPH) di setiap hari Selasa secara virtual. Tak hanya pengurus pusat saja, rapat tersebut juga akan menerima pengurus daerah HIPMI.

"HIPMI akan mengadakan acara secara virtual dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional di hari Selasa malam bernama 'HIPMI dan Tokoh', seperti mantum-mantum kita kasih waktu setiap minggu satu orang untuk memberikan arahannya. Kemudian, tokoh nasional lainnya yaitu Ketua Partai juga memberikan arahan dan kebijakan partainya untuk menjelaskannya kepada anak muda. Selain itu, para mantan presiden dan wakil presiden juga ikut andil dalam acara ini yang akan dipandu oleh pengurus pusat HIPMI," pungkasnya.

Maming juga memberikan kesempatan kepada para pengusaha di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan tempat belanja online. Artinya, banyak pengusaha khususnya BPD di sektor UMKM tidak tahu bagaimana cara memasarkan produknya scara online seperti bukalapak.

"Kita memberikan pelatihan secara virtual untuk masuk ke aplikasi seperti bukalapak dan langkah-langkah apa saja yang kita harus lakukan dengan mengadakan acara rapat secara virtual," imbuhnya.

Maming menambahkan, agenda lainnya yaitu pada hari lahirnya HIPMI yang jatuh setiap tangga 10 Juni, pihaknya akan memeriahkan sebagai Hari Entrepreneur.

Dalam forum tersebut, dihadiri juga oleh Pelawak Cak Lontong yang memberikan motivasi sekaligus menghibur para Ketum BPD HIPMI. Di satu sisi, Cak Lontong mengakui bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, sejak Maret lalu agenda atau job untuk mengisi di sebuah acara menjadi tertunda karena pandemi.

"Sejak Maret lalu, semua job ditunda hingga sekarang. Terima kasih sudah diundang oleh HIPMI untuk mengisi acara di forum virtual ini. Saya berharap para pengusaha muda HIPMI ini bisa mengikutsertakan saya untuk bergabung atau mengisi acara di kegiatan HIPMI secara virtual lainnya," katanya sambil tertawa.

Maming pun langsung merespon ucapan Cak Lontong dengan merencanakan untuk mengadakan acara mingguan dengan menghadirkan para stand up comedy termasuk Cak Lontong untuk menghibur para anggota HIPMI. Setiap minggunya, bintang tamu stand up comedy secara bergantian mengisi acara yang diusung oleh Ketua Umum Maming.

"Kami akan menghadirkan Cak Lontong dan banyak stand up comedy untuk menghibur anggota HIPMI. Di masa sulit seperti ini, tidak hanya pengusaha saja yang terkena dampak pandemi Covid-19, bahkan pelawak pun juga merasakan hal yang sama. Maka, kami membuka rezeki kepada kawan-kawan stand up comedy dengan mengundang acara HIPMI secara virtual," tutup Maming. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
New Normal.Menteri Ini Ungkap Alasan Sebenarnya Indonesia Butuh New Normal
Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom. Hasil Forum Ketum HIPMI Se-Indonesia, Pengusaha Muda Terapkan "New Normal"
  foto humasPGN Siap Laksanakan New Normal Skenario Pengelolaan Layanan Gas Bumi
Tribes.id Kupas Tuntas Sebab Kegagalan Jadi Modal Sukses Paling Fenomenal

 
Berita Lainnya :
  • Angkut Warga Rohul Positif Covid-19, Penumpang Lion Air Pekanbaru-Jakarta 5 Juli Diminta Cek Kesehatan
  • Surat Edaran dari Kemenkes Keluar, Tarif Tertinggi Rapid Test Rp150 Ribu
  • Dua Orang Warga Reaktif Saat Rapid Test Massal di Senapelan Pekanbaru
  • 7 Titik Blankspot, Pemkab Kepulauan Meranti Ajukan Pembangunan BTS ke Kominfo
  • Sekdaprov Riau Kembali Diperiksa Kejati Terkait Mekanisme Anggaran di BKD
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved