www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Mahasiswa KKN Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri Buat dan Bagikan Handsanitizer Gratis untuk Masyarakat Perawang
 
Dampak Covid-19 Mulai Terasa, Riau Deflasi -0,26 Persen Bulan April
Selasa, 05 Mei 2020 - 10:03:39 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan Provinsi Riau mengalami deflasi sebesar -0,26 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,18 pada bulan April 2020, dan pandemi COVID-19 turut andil dalam hal ini.

"Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya tiga indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau yang mengalami deflasi sebesar -1,05 persen, diikuti kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -1,03 persen dan kelompok transportasi sebesar -0,31 persen," kata BPS Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Senin (4/5/2020) dikutip dari antarariau.

Deflasi dinilai merupakan pengaruh dari wabah COVID-19 yang mulai terasa pada bulan April. Sejak mulai ditemukan kasus positif virus Corona di Riau pada akhir Maret, aktivitas warga lebih banyak di rumah. Kemudian Kota Pekanbaru memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat aktivitas di bandara, terminal dan pelabuhan dihentikan sementara melayani penumpang sejak April. Selain itu, banyak restoran, rumah makan dan pusat perbelanjaan tutup saat PSBB.

Misfaruddin menjelaskan, BPS menghitung tingkat deflasi Riau dari IHK tiga kota besar, yakni Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan. Hasilnya, dua kota mengalami deflasi dan satu kota mengalami inflasi. Kota yang mengalami deflasi yaitu Kota Pekanbaru sebesar -0,34 persen dan Kota Dumai sebesar -0,19 persen. Sedangkan kota yang mengalami inflasi yaitu Kota Tembilahan sebesar 0,43 persen.

Menurut dia, sebenarnya masih ada lima kelompok mengalami inflasi pada April, yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 2,21 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,06 persen, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga, kelompok kesehatan dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya masing-masing sebesar 0,03 persen.

Sedangkan tiga kelompok lainnya yaitu kelompok pakaian dan alas kaki, kelompok pendidikan dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran relatif stabil dibanding bulan sebelumnya.

Komoditas yang memberikan andil penurunan harga pada April 2020, antara lain cabai merah, daging ayam ras, biaya pulsa ponsel, ayam hidup, cabai rawit, angkutan udara, ikan tongkol, bawang putih, ikan patin dan cabai hijau.

Sementara komoditas yang memberikan andil kenaikan harga, antara lain bawang merah, emas perhiasan, rokok putih, gula pasir, rokok kretek filter, jengkol dan bayam.

"Inflasi Tahun Kalender Riau sebesar 0,49 persen, dan Inflasi Year on Year sebesar 1,33 persen," katanya.

Dari 24 kota di Sumatera yang menghitung IHK, lanjutnya, 20 kota mengalami deflasi, dengan deflasi tertinggi di Kota Pangkal Pinang sebesar -0,92 persen, diikuti oleh Kota Gunung Sitoli sebesar -0,71 persen dan Kota Sibolga sebesar -0,66 persen. Sedangkan deflasi terendah terjadi di Kota Banda Aceh sebesar -0,08 persen.

Di Indonesia, dari 90 kota yang menghitung IHK, 51 kota mengalami deflasi, dengan deflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar -0,92 persen. Sedangkan deflasi terendah terjadi di Kota Bogor dan Semarang masing-masing sebesar -0,02 persen. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiDampak Covid-19 Mulai Terasa, Riau Deflasi -0,26 Persen Bulan April
IlustrasiRiau Defisit Pangan, Produksi Beras Tahun 2019 Turun 13,13 Persen
Ilustrasi: imporImbas Berkurangnya Impor Migas-Nonmigas, Nilai Impor Riau Turun 8,42%
  IlustrasiData BPS: Produksi Beras Riau 2019 Turun 13,33 Persen
IlustrasiNilai Ekspor Riau 2019 Anjlok 22,27 Persen, Ini Sebabnya
IlustrasiBPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Melambat di 5,02 Persen

 
Berita Lainnya :
  • Mahasiswa KKN Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri Buat dan Bagikan Handsanitizer Gratis untuk Masyarakat Perawang
  • Kelurahan Tobek Godang Masuk Nominasi Proklim 2020
  • Viral Video Mobil Wapres Diisi Pakai Jeriken, Setwapres Ungkap Alasannya
  • Tahun Ajaran Baru, Siswa di Kepulauan Meranti Masih Belajar dari Rumah
  • Hujan Masih akan Guyur Riau di Akhir Pekan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved