www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Target Produksi Minyak Mentah Riau Dipangkas Akibat Penurunan Harga
 
Walau Pekanbaru Jalankan PSBB, Penukaran Uang Kecil Tetap Bisa Dilakukan
Jumat, 24 April 2020 - 19:18:48 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

PEKANBARU - Menukarkan uang pecahan kecil sudah menjadi kebiasaan masyarakat jelang masuknya hari raya Idul Fitri, atau pada saat bulan Ramadan.

Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk membagi-bagikan rezeki untuk anak-anak. Beruntungnya, untuk tahun ini, Bank Indonesia sebagai pihak yang berwenang dalam mengatur kebijakan tersebut tetap membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan kecil.

Namun tetap dengan memperhatikan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang sudah diatur pemerintah.

Karena itu, pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau menyatakan tetap bisa dilakukan penukaran uang pecahan kecil oleh masyarakat, dan akan ada hingga menjelang Idul Fitri 2020 mendatang.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) Asral Mashuri mengatakan, untuk kegiatan penukaran uang rupiah pecahan kecil tetap dilayani, namun kegiatan ini dilakukan sejalan dengan imbauan pemerintah terkait PSBB.

"Untuk aktivitas penukaran uang tersebut nantinya tetap sejalan dengan PSBB, sehingga tidak menimbulkan kerumuanan," kata Asral, Rabu (22/4/2020).

Untuk mencegah terjadinya kerumunan tersebut, pihaknya membuat metode yang berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga tidak ada lagi penukaran bersama.

Karena itu, kegiatan penukaran akan dimulai pada hari pertama puasa, 24 April 2020.

"Penukaran uang rupiah pecahan kecil untuk kebutuhan lebaran dimulai di hari pertama Ramadan , yaitu pada 24 April. Tapi sebetulnya setiap hari pun bisa.  Sebelum ini perbankan sudah membuka loket penukaran. Masyarakat tidak harus menunggu awal Ramadan," katanya di tribun.

Asral menambahkan, pihak BI juga memberikan modal proporsional kepada perbankan terkait penukaran reguler, namun jumlahnya tidak sebanyak ketika Ramadan .

Permintaan masyarakat untuk menukarkan uang pada saat Ramadan atau menjelang lebaran menurutnya mengalami peningkatan signifikan.

"Biasanya kalau bulan Ramadan, demand masyarakat untuk uang pecahan kecil biasanya lebaran meningkat, jadi kami berikan modal lebih banyak," tuturnya.

Ia berharap, agar masyarakat tetap memperhatikan protokol PSBB yang sudah diatur oleh pemerintah, sehingga aktivitas penukaran uang pecahan kecil bisa berjalan lancar tanpa ada kerumunan.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Uang Koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit. FOTO: Dok: Bank Indonesia.Heboh Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, BI Angkat Bicara
Gojek dan Grab.Layanan GoRide-GrabBike Muncul Lagi di Aplikasi
Ilustrasi.Penukaran Uang Kecil di BI Perwakilan Pekanbaru Menurun Gara-gara Corona
   Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang beserta anggota hadir saat pembagian sembako untuk masyarakat Kota Pekanaru bersama Komunitas Generasi Penggerak (GERAK) Pekanbaru. Paket bantuan terdiri dari sembako, seperti beras, minyak makan, gula, kecap, dan mie instan.Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi, XL Axiata Bagikan Sembako di Pekanbaru
Direktur Indragiri Exchanger (IE) Handa FadillahMember Berkembang Pesat, Kantor Pusat Indragiri Exchanger Akan Pindah ke Pekanbaru
Bank BNI Syariah tetap berikan pelayanan penukaran uang kertas baru dengan disertai penerapan protokol Covid-19.Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19, Bank BNI Syariah Tetap Melayani Penukaran Uang

 
Berita Lainnya :
  • Target Produksi Minyak Mentah Riau Dipangkas Akibat Penurunan Harga
  • Karyawan BOB Salurkan 100 Paket Sembako kepada Warga Siak Terdampak Covid-19
  • Mobil Meledak Usai Pemotor Lempar Benda Mencurigakan
  • Mahasiswa Satgas Kerelawanan Covid-19 Unri Bantu Pelaksanaan UTBK 2020 di Era New Normal
  • Satu PDP Covid-19 Asal Bandar Laksamana Meninggal Dunia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved