www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kepala BKD Riau Tegaskan Tak Akan Ada Pelantikan Pejabat hingga Akhir Tahun 2020
 
Tahun 2021, Pertamina Targetkan Bor 44 Sumur Baru di Blok Rokan
Rabu, 22 April 2020 - 08:22:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana mengebor 44 sumur baru di Blok Rokan pada 2021. Pengeboran itu dilakukan untuk menahan laju penurunan produksi blok migas terbesar di Indonesia itu usah alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

"Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan melakukan pengeboran 44 sumur di tahun 2021," kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, Selasa (21/4/2020) dikutip dari cnnindonesia.

Saat ini, perseroan sedang melakukan persiapan program pengeboran termasuk pengadaan logistik, rig dan crew untuk memastikan PHR dapat langsung melakukan pengeboran, segera setelah proses alih transisi selesai pada Agustus 2021.

"Karena waktu operasional PHR hanya tersisa 4 bulan di 2021, yakni Agustus hingga Desember, maka pengeboran 44 sumur tersebut akan difokuskan pada upaya menahan laju penurunan produksi dan selanjutnya jumlah pengeboran sumur akan ditingkatkan secara bertahap di tahun-tahun berikutnya untuk memaksimalkan produksi," ujarnya.

Di saat yang sama, perseroan berharap CPI dapat merealisasikan program pengeboran selama sisa masa transisi sehingga dapat menahan laju penurunan alamiah dan menjaga produksi pada tingkat yang wajar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"PHR siap untuk melakukan perpanjangan kontrak program pengeboran tersebut untuk dapat melanjutkan kegiatan pengeboran setelah masa alih kelola sehingga jumlah rig dan sumur pemboran dapat mencapai angka yang lebih tinggi. Untuk itu diperlukan kolaborasi konstruktif antara PHR dan CPI dengan dukungan dari SKK Migas selama masa transisi," ujarnya.

Saat ini, laju penurunan produksi Blok Rokan terjadi secara alamiah mengingat blok itu tergolong tua karena telah beroperasi lebih dari 50 tahun. Terlebih, tahun lalu, tidak ada pengeboran sumur baru sehingga laju penurunan produksi Blok Rokan diprediksi sekitar 25 persen.

Selain pengeboran sumur baru, perseroan juga akan berusaha meningkatkan produksi Blok Rokan melalui optimasi pengembangan lapangan-lapangan produksi baik melalui kegiatan Primary, Secondary / Waterflood maupun Tertiary Recovery (Steamflood dan Chemical EOR).

"Investasi dalam keseluruhan lingkup pekerjaan tersebut guna menahan laju penurunan alamiah dan menaikkan produksi dengan meningkatkan recovery factor lapangan. Dengan investasi yang terintegrasi tersebut diharapkan akan memberikan pengaruh yang signifikan pada pendapatan pemerintah dan Pertamina," jelas Fajriyah.

Sebagai informasi, Blok Rokan memiliki luas 6.220 kilometer. Blok ini memiliki 96 lapangan dengan tiga lapangan memiliki potensi minyak yang baik, yaitu Duri, Minas dan Bekasap.

Dengan dikelolanya Blok Rokan oleh Pertamina mulai 9 Agustus 2021 mendatang, konstribusi produksi minyak perseroan terhadap nasional meningkat dari 48 persen di tahun 2019 menjadi 60 persen di tahun 2021. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Bantuan modal usaha untuk Kelompok Jahit Pertiwi.Kembangkan Rumah Jahit Pertiwi, Pertamina Lewat Rumah Zakat Beri Modal Usaha
Didukung pengawasan aparat keamanan, Pertamina upayakan TA 2020 berjalan bebas hambatan.Masuki Tengah Progres, TA Kilang Pertamina Dumai Berjalan Lancar
PFpreneur Pertamina Foundation Women Leaders and Enterpreneurs.Cinta Laura Kiehl dan Pertamina Foundation Wujudkan Impian Wirausaha Perempuan Jadi Kenyataan
  PT Pertamina melalui Rumah Zakat beri bantuan kepada UMKM.Dukung Penguatan UMKM, Pertamina Lewat Rumah Zakat Beri Modal Usaha
Refinery Unit (RU) II Pertamina meraih dua penghargaan pada malam penganugerahaan Indonesian CSR Award (ICA) 2020 di JS Luwansa Hotel Jakarta, Jumat (6/11/2020).
Refinery Unit II Pertamina Raih 2 Penghargaan dalam Ajang Indonesia CSR Award 2020
Walikota Dumai H. Zulkifli AS pimpin panen raya jagung manis Kelompok Tani Bukit Mekar Binaan Pertamina RU II Dumai.CSR Pertamina Dorong Kelompok Tani Bukit Mekar Bangkit dari Lahan Tidur hingga Berpenghasilan Rp 250 Juta

 
Berita Lainnya :
  • Kepala BKD Riau Tegaskan Tak Akan Ada Pelantikan Pejabat hingga Akhir Tahun 2020
  • Semakin Jelas Wujud Perangkat OPPO Reno5
  • Pjs Bupati Tandatangani Naskah Hibah Barang Milik Negara, 8 Sumur Bor Jadi Milik Pemda Siak
  • 434 ASN Pemprov Riau Sembuh dari Covid-19, 8 Meninggal
  • Sudah 20.601 Orang di Riau Terpapar Covid-19, Pekanbaru Sumbang 9.945 Kasus
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved