www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pegawai Swasta Dapat Bantuan Rp 600 Ribu, Apa Tujuannya?
 
Transaksi Kontrak Berjangka Derivarif Triwulan I 2020 Tumbuh 40 Persen Dibanding Tahun Lalu
Sabtu, 11 April 2020 - 13:13:49 WIB
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

JAKARTA -  PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI merilis data,  transaksi Kontrak Berjangka Derivatif di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan dikliringkan di KBI, di Triwulan I Tahun 2020 (Januari – Maret) mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. 

KBI sendiri merupakan BUMN yang berperan sebagai lembaga kliring dan penjaminan transaksi atas transaksi kontrak berjangka yang ada di Bursa Berjangka Jakarta.

Untuk triwulan I 2020, terjadi pertumbuhan volume transaksi Kontrak Berjangka Derivatif sebesar 40 % dibanding triwulan I tahuh 2019 (secara yoy). Volume  Transaksi Kontrak Berjangka di triwulan I tahun ini sebesar  2.205.468,2 lot, sedangkan Triwulan I tahun  2019 volume transaksi sebesar  1.572.079,9 lot.  

“Pertumbuhan yang cukup signifikan di Kontrak Berjangka Derivatif di Triwulan I tahun 2020 ini, tentu sangat menggembirakan. Ditengah Indonesia dilanda wabah Covid-19 saat ini, investasi di Kontrak Berjangka masih diminati para investor. Ini membuktikan, bahwa perdagangan berjangka komoditi cukup tahan terhadap guncangan ekonomi, baik nasional maupun global,” kata Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). 

Dalam Kontrak Berjangka Derivatif, terdapat beberapa jenis transaksi, yaitu Currency, Index, Komoditi Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) serta single stock. Untuk Currency, sepanjang Triwulan I tahun 2020 volume transaksi sebanyak 252.669,0 lot meningkat 23 % dibandingkan transaksi di Triwulan I 2019 yaitu sebanyak 205.646,1 lot. 

Untuk Index, di triwulan I tahun 2020 tercatat volume transaksi sebanyak 221,187,0 lot atau meningkat sebesar 28, % dibandingkan transaksi sepanjang triwulan I tahun 2019 yaitu sebesar 172,280,4 lot. 

Sedangkan Komoditi SPA, volume transaksi sepanjang triwulan I 2020 sebesar 1.731.612,0 lot, atau meningkat 45 % dibandingkan volume transaksi di triwulan I tahun 2019 sebanyak 1.194.153,4 lot.

Fajar Wibhiyadi menambahkan, “Kami optimis, kedepan Kontrak Berjangka Derivatif akan terus tumbuh. Kalau kita melihat saat ini saja, disaat situasi ekonomi sedang tidak baik karena ada wabah Corona, bisa mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Dan kedepan apabila ekonomi kembali kondusif, besar kemungkinan pertumbuhan akan lebih baik”.

Selain data tentang Kontrak Berjangka Derivatif, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) juga merilis data tentang Perdagangan Pasar Fisik Timah yang ada di Bursa Berjangka Jakarta. Untuk Triwulan I tahun 2020, perdagangan pasar Fisik timah batangan ini mencatatkan transaksi sejumlah 3.859 lot. 

“Pasar Fisik Timah di triwulan I tahun 2020 ini perkembangannya cukup menggembirakan. Dan kami optimis, kedepan Pasar Fisik Timah Murni Batangan ini akan menarik minat para investor. Selain timah murni batangan, KBI akan terus mengajak para pemangku kepentingan untuk membawa perdagangan komoditas ke Bursa Berjangka. Yang dilakukan KBI ini tentu sejalan dengan peran yang kami emban, yaitu selaku BUMN kami juga diharapkan berperan dalam peningkatan ekonomi nasional. Ada beberapa komoditas yang saat ini sedang dikaji bersama antara KBI dengan BBJ. Dan kalau tidak ada aral melintang, tahun 2020 ini kami akan merilis ada beberapa komoditas. Kami masih terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait ini,” lanjut Fajar Wibhiyadi menambahkan. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyaluran APD.Melalui Program CSR, KBI Peduli Salurkan Bantuan APD ke Berbagai Rumah Sakit di Daerah
PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang menyebutkan, di tahun 2019 pemanfaatan SRG untuk komoditas Gabah mencapai 289 RG dengan volume 5.208.427 Kg. Riset KBI E-Ducentre Memproyeksikan Resi Gudang Gabah dan Beras akan Tumbuh di Semester II Tahun 2020
Salah satu mitra binaan KBI adalah petani rumput laut yang verada di Maccini Baji, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. .KBI Jalankan Program Kemitraan untuk Pengembangan UMKM
  Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Pesero) Satgas Temukan Investasi Ilegal, KBI Ajak Masyarakat Waspada
PT Kliring Perdagangan Berjangka Indonesia (KPBI) dengan PT Asia Sejahtera Mina Tbk melakukan kerjasama tentang Pembelian dan Penjualan Kembali (REPO) Resi Gudang. PT KBI Melalui Anak Usahanya Jalin Kerjasama REPO Resi Gudang dengan PT Asia Sejahtera Mina
IlustrasiTingkatkan Ekonomi Nelayan, KBI Jalin Kemitraan Strategis dengan Perinus

 
Berita Lainnya :
  • Pegawai Swasta Dapat Bantuan Rp 600 Ribu, Apa Tujuannya?
  • BNPP Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program Perbatasan di Bengkalis
  • Pilkada Kepulauan Meranti, Bacalon Diminta Segera Berkoordinasi dengan KPU
  • Sidang Dugaan Kasus Suap Alih Fungsi Hutan, Annas Maamun Batal Bersaksi karena Sakit
  • Ledakan di Beirut Diduga Bukan Hanya dari Amonium Nitrat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved