www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
 
Nasib Rupiah Bergantung pada Penanganan Covid-19
Sabtu, 21 Maret 2020 - 08:25:17 WIB
Rupiah dan Dollar.
Rupiah dan Dollar.

JAKARTA - Pelemahan rupiah bisa terus berlanjut jika penanganan Covid-19 mengecewakan investor asing. Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menyampaikan kepercayaan investor perlu diraih kembali atau rupiah bisa berada di level Rp 17 ribu per dolar AS.

"Rupiah bisa mencapai Rp 16.500, dan kalau berlanjut kemungkinan akan sampai Rp 17 ribu," katanya kepada Republika.co.id, Jumat (20/3/2020).

Ibrahim mengatakan kebijakan tes Covid-19 secara massal memberikan harapan baru. Ini menjadi langkah yang dinilai serius oleh investor terkait penanggulangan wabah. Setelah tes massal, maka jumlah orang positif Covid-19 akan meningkat.

Pada saat seperti ini, pelemahan bisa terus terjadi. Sama seperti Italia yang saat ini juga sedang berjuang menangani wabah sambil menghadapi kemerosotan ekonomi. Ibrahim memprediksi dampak wabah bisa berlangsung hingga bulan Juni 2020 di Indonesia.

"Jumlah orang yang terangkit akan meningkat tajam, tapi ini artinya kita sedang berjuang dan ini yang dinantikan pasar," katanya.

Pelemahan mata uang Indonesia menjadi yang terburuk di Asia. Penyesuaian aliran masuk modal asing di pasar keuangan domestik pasca meluasnya Covid-19 telah menekan nilai tukar rupiah sejak pertengahan Februari 2020.

Ini karena berkurangnya aliran masuk modal asing akibat meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. Hingga 18 Maret 2020, rupiah secara rerata melemah 5,18 persen dibandingkan dengan rerata level Februari 2020, dan secara point to point harian melemah sebesar 5,72 persen.

Dengan perkembangan ini, rupiah dibandingkan dengan level akhir 2019 terdepresiasi sekitar 8,77 persen, seiring dengan pelemahan mata uang negara berkembang lainnya. Segala stimulus ekonomi kini sudah terlambat menyelamatkan rupiah.

"Seharusnya di bulan Februari lalu sudah ada langkah cepat penanggulangan corona, sehingga pasar tidak alami kepanikan," katanya.

Kini pasar terlanjut panik karena penanganan corona Covid-19 yang lambat sehingga rupiah terus melemah. Sehingga satu-satunya cara untuk menyelamatkan rupiah adalah dengan menangani Covid-19 dengan sangat serius.

Ibrahim meyakini fundamental ekonomi Indonesia masih cukup bagus. Pemerintah hanya perlu koordinasi penuh dan intensif dengan pemerintah daerah hingga ke tingkat keluarga masyarakat. Komunikasi yang terus berjalan akan meminimalisir kepanikan warga.(*)






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi.Bagi-bagi Sembako Buat 3.150 Karyawan di Riau, Baru 869 Paket Tersalurkan, Sisanya Nyusul Bisa hingga Habis Lebaran
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai wilayah.Kampanye Perubahan Perilaku, Pemerintah Sediakan Layanan Informasi Covid-19 di Nomor 321
Walikota Dumai H. Zulkifli AS terima bantuan APD dari Pertamina Dumai di posko gugus tugas Covid-19.Selama Pandemi Covid-19, Pertamina Group Salurkan Bantuan Senilai Rp401 Juta
  KFC.KFC PHK 4.988 Karyawan dan Potong Gaji hingga 50%
Walikota Dumai ketua gugus tugas Covid-19 Dumai H. Zulkifli As menerima bantuan APD dari Pertamina Dumai.Hingga Medio Mei, Pertamina Peduli Telah Salurkan 1,3 Miliar Bantuan Covid-19 di Riau dan Jambi
Pertamina menyerahkan bantuan ke panti asuhan An Nuur Kota DumaiPeringati Nuzulul Quran di Masa Pandemi, Pertamina Santuni 500 Anak Yatim

 
Berita Lainnya :
  • Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
  • Kabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
  • PPDB Tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru Dibuka 1-7 Juli 2020
  • Bobol Karaoke dan Kafe di Pekanbaru, Doyok Diamankan Polisi
  • Besok Citilink Terbang Lagi, Penumpang Cek Kembali Kelengkapan Dokumen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved