www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tersiar Kabar Perwira di Polres Siak Terpapar Covid-19, Kadiskes: Kami Akan Cek
 
Nasib Rupiah Bergantung pada Penanganan Covid-19
Sabtu, 21 Maret 2020 - 08:25:17 WIB
Rupiah dan Dollar.
Rupiah dan Dollar.

JAKARTA - Pelemahan rupiah bisa terus berlanjut jika penanganan Covid-19 mengecewakan investor asing. Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menyampaikan kepercayaan investor perlu diraih kembali atau rupiah bisa berada di level Rp 17 ribu per dolar AS.

"Rupiah bisa mencapai Rp 16.500, dan kalau berlanjut kemungkinan akan sampai Rp 17 ribu," katanya kepada Republika.co.id, Jumat (20/3/2020).

Ibrahim mengatakan kebijakan tes Covid-19 secara massal memberikan harapan baru. Ini menjadi langkah yang dinilai serius oleh investor terkait penanggulangan wabah. Setelah tes massal, maka jumlah orang positif Covid-19 akan meningkat.

Pada saat seperti ini, pelemahan bisa terus terjadi. Sama seperti Italia yang saat ini juga sedang berjuang menangani wabah sambil menghadapi kemerosotan ekonomi. Ibrahim memprediksi dampak wabah bisa berlangsung hingga bulan Juni 2020 di Indonesia.

"Jumlah orang yang terangkit akan meningkat tajam, tapi ini artinya kita sedang berjuang dan ini yang dinantikan pasar," katanya.

Pelemahan mata uang Indonesia menjadi yang terburuk di Asia. Penyesuaian aliran masuk modal asing di pasar keuangan domestik pasca meluasnya Covid-19 telah menekan nilai tukar rupiah sejak pertengahan Februari 2020.

Ini karena berkurangnya aliran masuk modal asing akibat meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. Hingga 18 Maret 2020, rupiah secara rerata melemah 5,18 persen dibandingkan dengan rerata level Februari 2020, dan secara point to point harian melemah sebesar 5,72 persen.

Dengan perkembangan ini, rupiah dibandingkan dengan level akhir 2019 terdepresiasi sekitar 8,77 persen, seiring dengan pelemahan mata uang negara berkembang lainnya. Segala stimulus ekonomi kini sudah terlambat menyelamatkan rupiah.

"Seharusnya di bulan Februari lalu sudah ada langkah cepat penanggulangan corona, sehingga pasar tidak alami kepanikan," katanya.

Kini pasar terlanjut panik karena penanganan corona Covid-19 yang lambat sehingga rupiah terus melemah. Sehingga satu-satunya cara untuk menyelamatkan rupiah adalah dengan menangani Covid-19 dengan sangat serius.

Ibrahim meyakini fundamental ekonomi Indonesia masih cukup bagus. Pemerintah hanya perlu koordinasi penuh dan intensif dengan pemerintah daerah hingga ke tingkat keluarga masyarakat. Komunikasi yang terus berjalan akan meminimalisir kepanikan warga.(*)






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBio Farma Sebut Harga Vaksin Covid-19 Dijual hingga Rp147.000
Penyuluhan jasa keuangan bersama OJK mengenai Kebijakan Stimulus OJK bagi masyarakat terdampak Covid-19, Sabtu (25/7/2020) di Pekanbaru, Riau.Kebijakan Pelonggaran Kredit OJK Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat di Masa Sulit Covid-19
Head of Sales Sumut Outer – Aceh PT. XL Axiata, Tbk, Oloan Monang Sinambela menyerahkan langsung peralatan olah raga dan peralatan sekolah untuk Panti Asuhan Elim HKBP, Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dukung Masyarakat Terdampak Covid-19, XL Axiata Serahkan Alat Olah Raga untuk​ Panti Asuhan
  Serah terima mesin pemecah kedelai.PT KBI (Persero) Dukung Pengembangan UMKM untuk Mitigasi Pasca Covid-19
Ke pasar memakai masker.1.251 Pedagang Pasar Tradisional Positif Corona di 27 Provinsi, Terbanyak Jakarta
(Kanan) Hendranida Primanti, Head of Media Relations.JNE Raih Dua Penghargaan di Tengah Pandemi Covid-19

 
Berita Lainnya :
  • Tersiar Kabar Perwira di Polres Siak Terpapar Covid-19, Kadiskes: Kami Akan Cek
  • Kalahkan Leverkusen, Inter Milan Melaju Semifinal Liga Europa
  • Tingkatkan Imunitas saat Wabah Corona, Mulyadi akan Bersepeda Setiap Hari ke Gedung DPRD
  • Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pertamina EP Dapat Tambahan Produksi
  • 308 CPNS Kota Dumai Lulus SKD sudah Mendaftar Ikut SKB
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved