www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Bawaslu Rohil Pantau Khusus Pemilih di Daerah Perbatasan
 
AS dan Eropa Terancam Resesi, Rupiah Makin Terpuruk ke Rp15.222
Rabu, 18 Maret 2020 - 17:10:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Nilai tukar rupiah berada di Rp15.222 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Rabu (18/3) sore. Mata uang Garuda melemah 0,33 persen dibanding nilai pada penutupan perdagangan pada Selasa (17/3).

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp15.223 per dolar AS, melemah dibanding posisi hari sebelumnya, yakni Rp15.083 per dolar AS.

Dikutip dari cnnindonesia.com, rupiah tak sendiri, mayoritas mata uang di kawasan Asia juga terpantau melemah terhadap dolar AS. Tercatat baht Thailand melemah 0,99 persen, lira Turki 0,96 persen, dan dolar Singapura 0,42 persen.

Selanjutnya, ringgit Malaysia juga turut melemah 0,39 persen, yuan China 0,25 persen, won Korea 0,16 persen diikuti rupee India 0,12 persen serta dolar Hong Kong 0,07 persen. Di sisi lain, penguatan hanya terjadi pada peso Filipina 1,53 persen dan yen Jepang 0,23 persen terhadap dolar AS.

Kemudian di negara maju, mayoritas nilai tukar bergerak melemah terhadap dolar AS. Dolar Australia dan dolar Kanada masing-masing melemah sebesar 0,85 persen dan 0,45 persen, diikuti poundsterling Inggris dan euro yang masing-masing melemah sebesar 0,04 persen dan 0,17 persen terhadap dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pelemahan rupiah hari ini disebabkan oleh dampak virus corona (covid-19) terhadap perekonomian global, termasuk AS dan Eropa.

"Buruknya aktivitas ekonomi akibat corona ini juga akan dirasakan Amerika Serikat dan Eropa," kata Ibrahim saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).

Ibrahim mengatakan lembaga pemeringkat global Standard & Poor's (S&P) menilai corona (covid-19) telah mengganggu aktivitas ekonomi jauh lebih drastis dari perkiraan sebelumnya.

S&P mengeluarkan catatan yang menilai AS sekarang dalam proses memasuki resesi, atau sudah memasuki resesi. Hal tersebut tercermin dari hasil analisis S&P global berdasarkan PDB AS yang turun 1 persen pada kuartal pertama, dan sebesar 6 persen pada kuartal kedua.

"Pembatasan interaksi antar orang ke orang di Eropa dan Amerika Serikat mengakibatkan anjloknya permintaan yang membuat aktivitas ekonomi terjun bebas pada kuartal kedua," tuturnya.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump tengah mempertimbangkan rencana untuk mengeluarkan paket dana sebesar US$1,2 triliun. Paket ekonomi ini rencananya dapat menjadi pembayaran langsung sebesar US$1.000 lebih ke penduduk Amerika.

Lebih lanjut, Ibrahim memprediksi rupiah berpotensi bergerak melemah di kisaran Rp15.190 hingga Rp15.320 pada perdagangan Kamis (19/3) esok. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi. Foto: AntaraBPS Ungkap Nilai Tukar Petani Riau Paling Tinggi di Sumatera
Penebangan pokok sawit secara simbolis pada 1 Juli 2020.Petani Mitra Asian Agri, Dapatkan Dana Puluhan Miliar untuk Replanting
Humas PT.IIS, Lundu Simatupang pada saat mengawasi langsung penyemprotan disinfektan di Pasar BTN Lama Pangkalan Kerinci dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19,   Selasa (31/3/2020).Lawan Covid-19, Asian Agri Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lokasi Fasum
  PT Kliring Perdagangan Berjangka Indonesia (KPBI) dengan PT Asia Sejahtera Mina Tbk melakukan kerjasama tentang Pembelian dan Penjualan Kembali (REPO) Resi Gudang. PT KBI Melalui Anak Usahanya Jalin Kerjasama REPO Resi Gudang dengan PT Asia Sejahtera Mina
Dollar AS melemah.Dolar AS Melemah Efek Para Investor Yakin Kebijakan Pemulihan Ekonomi
IlustrasiAS dan Eropa Terancam Resesi, Rupiah Makin Terpuruk ke Rp15.222

 
Berita Lainnya :
  • Bawaslu Rohil Pantau Khusus Pemilih di Daerah Perbatasan
  • Mau Beli Mobil LCGC, Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
  • Mulai Hari Ini, Tak Pakai Masker Siap-siap Denda Rp 250 Ribu !
  • Resmi Mengaspal Hari Ini, Berapa Harga Toyota Corolla Cross?
  • Madrid Terancam Tanpa Hazard Lawan Man City
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved