www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
AAI dan PWI Riau Teken MoU Bantuan Hukum
 
Harga Gula Pasir dan Bawang Bombai di Pekanbaru Melejit
Senin, 16 Maret 2020 - 12:37:18 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Harga sembilan bahan pokok (Sembako) saat ini dikeluhkan mengalami kenaikan yang signifikan dari harga normal,  seperti untuk harga gula pasir dan bawang bombai.

Dimana berdasarkan pantauan di lapangan, untuk gulai pasir harga normal yang dijual di pasaran sekitar Rp12.500 per kg, namun beberapa hari ini harga gula melonjak tajam hingga tembus di angka Rp19.000 per kg.

Tidak hanya gula pasir, komoditi bawang bombai juga mengalami kenaikan yang siginifikan dari harga normal Rp35.000 per kg menjadi Rp55. 000 per kg.

Berbeda dengan harga bawang putih, dari sebelumnya sempat naik Rp50. 000 per kg sekarang sudah kembali turun ke harga nornal yakni Rp35.000 per kg.

Sementara untuk komoditi lainnya seperti untuk harga jahe juga mengalami kenaikan, yakni dari Rp25. 000 per kg menjadi Rp35. 000 per kg.

"Pada naik semua untuk bawang bombai, gula pasir dan jahe, gula saja modal saja kita beli Rp17. 000 per kg kita jual Rp19. 000 per kg.  berbeda untuk harga tomat cabe yang mayoritas masih standar," ungkap Ani salah seorang pedagang harian di Pekanbaru.

Menurut Ani kenaikan harga sembako terutama untuk barang-barang impor ini seperti gula dan bawang bombai ini ada kaitannya dengan wabah virus corona yang saat ini mengancam dunia.

"Kayaknya memang karena virus corona, karena kalau gejolak harga menjelang puasa tidak begitu pengaruhlah, beda tahun sebelumnya pas mau puasa harga tidak semahal ini. Contohya untuk prodak lokal yang dari sumbar misalnya masih murah," tambah Ani.

Sementara itu, berdasarkan catatan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, harga gula pasir saat ini bahkan melebih harga eceran tertinggi (HET).

Saat ini, harga gula pasir premium di pasar-pasar tradisional di Kota Pekanbaru mencapai Rp17.000 hingga Rp18.000 per kg. Sedangkan HET yang telah ditentukan adalah Rp12.500 per kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, Ingot Hutasuhut, mengatakan, kenaikan harga gula pasir ini dipengaruhi oleh merebaknya virus corona atau COVID-19. Mengingat, gula pasir premium mayoritas diimpor dari negara lain.

Mayoritas gula premium kita impor dari negara-negara lain. "Mungkin karena corona, jadi pasokannya terbatas. Ya kalau permintaan banyak, tapi pasokannya terbatas tentu harganya akan naik,” kata Ingot.

Ingot mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga gula ini. DPP juga akan berkoordinasi dengan bulog untuk melakukan operasi pasar, sehingga diharapkan harga gula ini dapat kembali normal. “Kita akan terus melakukan monitoring dengan Bulog,” katanya.

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Yusni Fatimah






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
AAI dan PWI Riau teken MoU.AAI dan PWI Riau Teken MoU Bantuan Hukum
Kajati Riau Jaja Subagja, saat melantik Kajari Rohul Pri Wijeksono.Pri Wijeksono Resmi Jabat Kajari Rohul Gantikan Silpia Rosalina
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto (atas) saat menerima sertfikat ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 20000-1 : 2018 dari Assurance Business Development Director BSI Indonesia, Nolia Natalia (bawah) secara virtual di Jakarta.XL Business Solutions Hadirkan Layanan Berkualitas Terbaik
  Kadiskominfo Rohul Drs Yusmar MSiDukungan Teknologi Informasi Sebagai Wujud Terbentuknya Smart Province
Kabut asap tebal yang menyelimuti membuat Pulau Rangsang yang dilihat dari Pantai Dorak tidak kelihatanKarhutla di Rangsang, Kabut Asap Selimuti Sebagian Wilayah Kepulauan Meranti
Tersangka diamankan polisi.Kantongi Sabu, Seorang Petani Diringkus Polsek Batang Cenaku
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Gubri dan Wagubri Kunjungi BPBD Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved