www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
 
Perbedaan Antara Perdagangan dan Investasi yang Harus Anda Ketahui
Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:31:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Perdagangan dan investasi adalah dua metode yang sangat berbeda untuk mendapatkan keuntungan dalam pasar keuangan. Baik investor maupun trader mendapatkan keuntungan lewat partisipasi dalam pasar.

Secara umum, investor mencari keuntungan lebih besar dalam satu periode perdagangan lewat pembelian aset dan menahan penjualan. Trader di lain pihak, mengambil keuntungan lewat naik dan turunnya harga pasar dalam durasi perdagangan yang lebih singkat, dengan aset yang lebih kecil, namun frekuensi trading yang lebih banyak.

Investasi

Tujuan dari investasi adalah dengan sedikit demi sedikit mengumpulkan harta dalam jangka waktu yang panjang lewat pembelian aset dan menahan penjualan dalam bentuk portofolio berupa saham, reksadana, obligasi, dan berbagai instrumen investasi lainnya.

Penting: Investor seringkali meningkatkan pendapatan mereka lewat ‘investasi kembali’ keuntungan yang diperoleh dalam aset terkait. Misalnya dividen yang diinvestasikan kembali dalam bentuk lembaran saham selanjutnya.

Investasi seringkali berlansung bertahun-tahun lamanya, atau bahkan sampai beberapa dekade, mengambil keuntungan dari bunga, dividen dan sebagainya. Saat pasar di luar kendali jatuh, investor akan tetap menahan aset yang dimilikinya, dengan harapan nilainya kembali naik pada batas equilibriumnya. Karena itu, investor lebih banyak berfokus pada aspek fundamental dari aset terkait, seperti rasio harga/pendapatan sampai prediksi manajemen perusahaan ke depan.

Anda bisa memulai investasi saham bersama bank lokal yang menyediakan fasilitas ini, seperti Mandiri Sekuritas atau BNI Sekuritas. Ada juga reksadana yang berupa gabungan dari pasar uang, saham dan obligasi. Apalagi melihat harga IHSG yang memiliki tren positif dalam satu dekade ini, Anda bisa menjadikan saham sebagai instrumen pensiun. Atau jika tidak yakin, ada manajer investasi yang akan mengelola dana Anda dalam bentuk reksadana saham.

Perdagangan

Perdagangan aset membutuhkan lebih banyak transaksi, berupa aksi Beli dan Jual dari saham, komoditas, pasangan mata uang, Bitcoin, atau banyak instrumen lainnya. Baca lebih lanjut di sini untuk mengetahui di mana mendapatkan Bitcoin lebih mudah dan lebih cepat. Tujuannya adalah demi mendapatkan keuntungan jangka pendek dari fluktuasi pasar. Walaupun investor bisa mendapatkan pendapatan tahunan mulai 7% sampai 14%, trader berusaha untuk meraup 10% keuntungan setiap bulannya.

Trader mendapatkan keuntungan lewat pembelian aset dalam harga murah kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dalam waktu singkat.

Trader juga biasanya menggunakan strategi stop loss untuk secara otomatis menutup posisi aset yang merugi dalam tingkat harga tertentu. Trader sering menggunakan alat analisa teknikal seperti moving average dan stochastic oscillators untuk mencari strategi trading yang dapat memberikan keuntungan besar. Karena itu, gaya trading trading bisa berbeda dari setiap orang, terutama dari segi periode waktu perdagangan yang digunakan.

Ada empat kategori trading yang bisa dikenali:

l  Position Trader: Aset ditahan bisa sampai bulanan atau tahunan

l  Swing Trader: Aset ditahan dalam hitungan mingguan atau harian

l  Day Trader: Aset langsung dijual setelah dibeli di hari yang sama

l  Scalp Trader: Aset dijual dalam hitungan menit atau bahkan detik

Trader seringkali memilih gaya perdagangan mereka berdasarkan faktor mulai dari besaran rekening akun, jumlah waktu yang bisa didedikasikan untuk trading, tingkat pengalaman trading, kepribadian sampai toleransi resiko.

Perbedaan Antara Keduanya

Investasi mangambil pendekatan jangka panjang. Dan seringkali dapat digunakan untuk rencana pensiun contohnya, karena resikonya lebih kecil dan disaat yang sama memiliki potensi peningkatan nilai yang menggiurkan. Di lain pihak, trading menerapkan strategi jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan dalam hitungan harian, bulanan atau secara musiman. Trader cenderung untuk memanfaatkan sentimen pasar, alih-alih nilai perusahaan secara langsung.

Investor juga lebih besar kemungkinannya untuk tetap menahan aset walaupun nilai aset sedang turun. Sedangkan trader akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan secepatnya lewat fluktuasi pasar. Dan ini beresiko tinggi. Namun, ada istilah stop loss yang akan bisa mengurangi resiko perdagangan. Karena itu trader kebanyakan akan menjual aset mereka saat faktor resiko sudah melewati batas.

Kesimpulan

Memang ada sebahagian yang berpendapat jika trading adalah sebuah aktivitas investasi. Namun perbedaan keduanya seperti yang kita utarakan sebelumnya tidak hanya sebatas pada perbedaan durasi spekulasi antara keduanya.

Saat Anda berinvestasi dalam sebuah aset, yang Anda cari adalah bagaimana cara untuk menumbuhkan aset tersebut. Beberapa investor menahan aset dalam jangka waktu yang lama, misalnya berkeinginan untuk membeli mobil atau rumah. Berinvestasi akan membutuhkan waktu yang lama, jauh lebih lama dari pada trader yang melakukan perdagangan jual beli saham atau komoditas lainnya dalam frekuensi lebih banyak.

Trading tidak berfokus pada pertumbuhan nilai aset, melainkan spekulasi dari fluktuasi pasar. Hukum permintaan dan penawaran berlaku. Dimana saat permintaan tinggi, aset bisa meningkat harga jualnya, begitu pula sebaliknya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kadis PMPTSP Riau, Helmi D saat konferensi persTriwulan Pertama 2020, PMA Riau Capai Rp5 Triliun, Naik Dibanding Tahun Lalu
Ilustrasi.Pertumbuhan Investor Baru di Riau Naik 4,08 Persen di Kuartal I
IlustrasiPerbedaan Antara Perdagangan dan Investasi yang Harus Anda Ketahui
  Direktur Indragiri Exchanger, Handa Fadillah S. SosBesok, Indragiri Exchanger Luncurkan Program Baru, Ini Penjelasannya...
Pimpinan Cabang RFB Pekanbaru, Liwan (kiri).Investasi Emas Berjangka Kian Bersinar, Locogold Rifan Financindo Berjangka Kian Menarik
Gubernur Riau Syamsuar.Dibuka Presiden, Gubri Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020

 
Berita Lainnya :
  • Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
  • Bawaslu Rohil Pantau Khusus Pemilih di Daerah Perbatasan
  • Mau Beli Mobil LCGC, Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
  • Mulai Hari Ini, Tak Pakai Masker Siap-siap Denda Rp 250 Ribu !
  • Resmi Mengaspal Hari Ini, Berapa Harga Toyota Corolla Cross?
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved