www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Trafik Melonjak, WhatsApp Batasi Video di Status Jadi 15 Detik
 
Stok Menipis, Harga Gula Pasir di Riau Capai Rp18.000 Per Kilogram
Jumat, 13/03/2020 - 15:05:16 WIB
Gula pasir.
Gula pasir.

PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru, Riau mengeluhkan semakin melambungnya harga gula pasir di pasar tradisional dan modern setempat hingga mencapai Rp18.000 per kilogram di tingkat pengecer.

"Dulu gula pasir hanya Rp13.000 per kilogram, kini naik jadi Rp18.000 per kilogram di warung dekat rumah," kata Rosmina warga Jalan Fazar, Pekanbaru, Jumat (13/3/2020).

Rosmina mengatakan terpaksa mengurangi kebutuhan minum teh/kopi bagi keluarganya menjadi sekali sehari dari dua kali, karena anggaran untuk beli gula tidak mencukupi.

"Kalau sudah mahal, terpaksa beli gula hanya untuk pencampur susu anak saja," katanya.

Sementara itu Kepala Bulog Riau Abdul Muis S Ali kepada Antara mengatakan saat ini stok gula pasir di Bulog menipis. Sehingga harga tebus dari gudang juga naik Rp17.000 per kilogram.

"Kini stok kami hanya ada 1.289 kg di gudang," kata Abdul Muis S Ali.

Abdul Muis S Ali mengatakan Bulog sejauh ini belum bisa melakukan operasi pasar gula di pasar setempat, mengingat belum ada instruksi. Selain saat ini masih menunggu pengadaan.

"Bulog sudah mengantongi ijin impor Raw sugar dan akan diproses menjadi white sugar di pabrik gula milik bulog. Tidak lama lagi akan di kirim ke divre -divre untuk penguatan stok," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan distributor guna melaksanakan operasi pasar untuk komoditas gula pasir yang harganya semakin tinggi di atas harga acuan.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir Nasional hingga Rabu (11/3/2020) ini sudah mencapai Rp17.400 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp12.500 per kg.

"Jadi pada dasarnya stok ini masih cukup. Kita juga akan operasi pasar sesegera mungkin, kemarin sudah bicara dengan distributor, ini ada stok sekitar 160.000 ton saat ini," kata Mendag Agus Suparmanto saat ditemui usai Dialog Nasional Perdagangan di Jakarta, Rabu.

Mendag menjelaskan bahwa saat ini stok gula pasir di tingkat distributor masih tersedia sebanyak 160.000 ton. Oleh karena itu, ia meminta agar para distributor segera mengeluarkan stok untuk menahan harga gula yang kian merangkak tinggi.

Ia menargetkan bahwa stok gula akan dikeluarkan sesegera mungkin dengan harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp12.500 per kilogram.

"Harus sesuai HET, nanti kita lihat. Kita segera mungkin, kemarin kita sudah ada komitmen 2-3 hari akan keluar karena stoknya sudah siap, bukan tidak ada," kata Agus, dikutip antarariau.com.

Selain itu, impor gula yang akan masuk hingga akhir Maret ini mencapai 260.000 ton. Volume tersebut merupakan bagian dari izin impor yang diterbitkan Kementerian Perdagangan pada tahun ini. (*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Gubri dan Wagubri saat launching Operasi Pasar untuk netralkan harga sembako yang merangkak naik.Bulog Mulai Operasi Pasar untuk Keluarga Miskin, Harga Gula Pasir Rp10.500/Kg
Gula pasir.Stok Menipis, Harga Gula Pasir di Riau Capai Rp18.000 Per Kilogram
Bawang putih Sempat Tembus Rp 50 Ribu Per Kilogram, Harga Bawang Putih di Pekanbaru Berangsur Turun
  IlustrasiHarga Gula Pasir dan Bawang Bombai di Pekanbaru Melejit
Tim gabungan saat sidak di pasar tradisional Pekanbaru.Sidak Awal Tahun, Satgas Pastikan Stok Sembako di Pekanbaru Aman Tiga Bulan ke Depan
Bawang putih Harga Bawang Putih Meroket, DPP Pekanbaru Koordinasi dengan Bulog

 
Berita Lainnya :
  • Trafik Melonjak, WhatsApp Batasi Video di Status Jadi 15 Detik
  • Jika Pekanbaru Lockdown, Kebutuhan Pokok Dipastikan Aman
  • Beda Israf dan Tabdzir
  • PGN Pastikan Pasokan Gas ke Sektor Kelistrikan Aman
  • Azuan Helmi: Jika Diterapkan, Darurat Sipil Berpotensi Timbulkan Keributan dan Pelanggaran HAM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved