www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Lagi, 67 TKI dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Dumai
 
Core Indonesia Siap Bantu Pemprov Riau Dorong Sektor Unggulan Kabupaten Kota
Rabu, 26/02/2020 - 21:58:38 WIB
Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Riau, Mardoni Akrom.
Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Riau, Mardoni Akrom.

PEKANBARU - Biro Perekonomian Sekretariat Provinsi Riau Menggelar Focus Group Discutions (FGD) dalam rangka program pendampingan pemerintah daerah untuk mendorong pergeseran ekonomi dari sektor ekstraktif menuju sektor-sektor lainnya yang lebih berkelanjutan, Rabu (26/2/2020) di Hotel Jatra.

Untuk narasumber FGD tersebut, langsung hadir Core Indonesia dan Pemprov Riau dihadiri oleh Plt Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Riau, Mardoni Akrom.

Direktur Riset Cord Indonesia, Piter Abdullah menyatakan FGD ini bertujuan untuk merubah prinsip suatu daerah dimana daerah-daerah yang selama ini perekonomiannya bergantung pada sektor ekstraktif itu hendaknya dapat merubah perekonomiannya, dan tidak lagi bergantung pada satu atau dua sektor.

"Sehingga perekonomian suatu daerah itu dapat lebih stabil. Kalau dilihat saat ini perekonomian Riau itu sangat fluaktif, tahun 2015 masih bisa tumbuh sebesar 5,1 persen, dan setelah harga komoditas jatuh, pertumbuhan ekonomi Riau hanya di kisaran 2,7. Tiga persen saja tidak sampai," terangnya.

"Inilah yang disebut dengan situasi ekonomi, dan kondisi ini sebetulnya tidak kita inginkan, karena dampak terhadap kehidupan masyarakat pun sangat besar," sebutnya.

Lanjutnya, jika dilihat data penjualan dan konsumsi, saat ini  pun sangat jauh menurun. Hal ini yang harus diantisipasi. Jangan sampai perekonomian terus bergantung pada satu dan dua sektor saja, khususnya sektor ekstraktif, yang sebenarnya dilihat secara lingkungan tidak baik dan tidak berdampak positif terhadap lingkungan.

"Maka dari itu, tugas kami di sini adalah untuk mencoba membantu pemerintah daerah, khususnya pemerintah Riau, kabupaten/kota, di dalam rangka untuk mempersiapkan hal tersebut," lanjutnya.

"Kalau kita ingin merubah strukturnya, maka kita harus menentukan terlebih dahulu sektor mana yang akan kita majukan, atau sektor mana yang akan kita pilih untuk dijadikan andalan di masa depan, dan sektor inilah yang kita sebut dengan sektor unggulan," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Riau, Mardoni Akrom mengatakan bahwa acara FGD yang digelar saat ini sangat didukung oleh Pemprov Riau sendiri.

"Untuk diketahui, selama inikan pertumbuhan ekonomi Riau itu sangat bergantung dengan migas. Untuk itu, kita tidak bisa hanya dengan mengandalkan migas untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi Riau," sebutnya.

Disebutkannya, sebab itu, harus mencari potensi - potensi apa yang dapat diunggulkan di Riau. "Semoga untuk kedepannya ekonomi Riau tidak hanya stuck di satu titik saja," harapnya.

"Dan potensi apa yang dapat diunggulkan di Riau, kita lihat lagi di masing - masing kabupaten/kotanya. Nantinya kita akan mendiskusikan kira - kira di masing - masing kabupaten/kota tersebut apa sektor yang paling diunggulkan," tuturnya.

Penulis : Rivo Wijaya
Editor : Fauzia






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Riau, Mardoni Akrom. Core Indonesia Siap Bantu Pemprov Riau Dorong Sektor Unggulan Kabupaten Kota
Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman Pemprov Riau Persiapkan BUMD Kelola Blok Rokan, Kadis ESDM: Silahkan LAM Jika Ingin Terlibat
Menara Bank Riau Kepri.Agar Punya Saham Mayoritas, Pemprov Ajukan Suntikan Modal Rp300 Miliar ke Bank Riau Kepri
  Sekdaprov Riau Yan Prana JayaDitanya Soal Calon Komut BRK, Sekdaprov Yan Prana Tak Banyak Komentar Sambil Goyangkan Jari Telunjuk
Penyerahan bantuan keuangan pada camat dan desa se Provinsi Riau.Gubri Sayangkan Desa di Riau Masih Banyak yang Belum Punya Bumdes
Usung Konsep Indoor dan Outdoor, Persiapan Riau Expo 95 Persen

 
Berita Lainnya :
  • Lagi, 67 TKI dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Dumai
  • Telantarkan TKI, Bupati Irwan Akan Stop Rute Kapal ke Selatpanjang
  • Satu dari 7 Pasien Positif Corona di Sumbar Meninggal Dunia
  • Selama Wabah Corona, Pemko Diminta Pastikan Ketersediaan Pangan dan Anggaran Aman
  • Cegah Corona, DPW FPI Kepulauan Meranti Semprot Disinfectant di Masjid dan Musala
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    AET Travel PT Penjuru Wisata Negeri Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved