www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Dinilai Tak Akurat, Pemerintah Bakal Beralih dari Rapid Test Corona ke PCR
 
Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pertamina Ajak UMKM Binaan Melek Sertifikasi Produk
Selasa, 25/02/2020 - 18:12:59 WIB
Kepala Bidang UKM Drs H Misdiono menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi sertifikasi produk UMKM.
Kepala Bidang UKM Drs H Misdiono menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi sertifikasi produk UMKM.

DUMAI - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah menjadi fokus pemerintah untuk terus dikembangkan sebagai salah satu pilar penggerak roda perekonomian negara. 

Di era Revolusi Industri 4.0 yang tengah berlangsung, UMKM kini tidak hanya bersaing dengan kompetitor lokal saja, tapi persaingan menjadi lebih ketat dan global karena pasar sudah tersambung melalui jejaring internet. 

UMKM mau tidak mau harus berlomba menawarkan produk terbaiknya kepada sasaran konsumen. Oleh karena itu pencapaian standardisasi produk melalui sertifikasi menjadi hal yang penting dan perlu mendapat perhatian seksama. Terlebih, produk yang telah tersertifikasi juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Pejabat Sementara (Pjs.) Unit Manger Communication, Relations, & CSR RU II, Didi Andrian Indra Kusuma mengatakan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II telah merespon fenomena terebut melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Coroporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan upskilling tentang sertifikasi produk untuk UMKM Dumai di Rumah Kreatif BUMN Dumai pada Kamis (20/2/2020).

“Upskilling mengenai sertifikasi UMKM ini kami adakan supaya para pengusaha yang kami bina ini bisa memenuhi standar kualifikasi pada setiap produknya dan mampu bersaing dengan para pengusaha yang sudah lebih maju,” ungkap Didi.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini, pelaku UMKM dapat mengetahui macam-macam sertifikasi produk, khususnya pada proses alur mekanisme pengajuan terbaru, yakni dengan sistem digital OSS (One Single Submission). Selain itu, acara ini juga menjadi ajang sharing pengetahuan kewirausahaan antar pelaku UMKM.

Didi mengatakan Pertamina telah melakukan program CSR untuk beberapa kelompok usaha berbasis masyarakat secara berkesinambungan, khususnya pada salah satu pilar CSR Pemberdayaan Ekonomi.

“Ada yang bergerak di bidang makanan minuman, pengrajin tenun, konveksi, hingga pertanian dan perikanan,” terangnya.

Kali ini Pertamina bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Dumai untuk menjadi narasumber terkait sosialisasi sertifikasi UMKM kepada 20 peserta yang terdiri dari kelompok UMKM maupun individu, di antaranya Gaharu Swadaya, Tenun Palas, Karya Bersama, Kartika, Anggrek Maju Bersama, Mekar Lestari, beberapa usaha lainnya.

Ia menegaskan, selain diamanatkan untuk memasok kebutuhan energi negeri, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina juga mengambil peran sebagai penggerak roda perekonomian negara, salah satunya melalui pembinaan pelaku UMKM di Rumah Kreatif BUMN Dumai yang dikelola pihaknya.

“Rumah Kreatif BUMN Dumai merupakan satu wadah yang diharapkan menjadi sentra UMKM khususnya di Kota Dumai untuk berkumpul, bersiltaurahim, membangun jejaring, berbagi ilmu dan wawasan antar pelaku usaha,” kata Didi.

Semenjak dibuka secara resmi pada bulan November 2019, Rumah Kreatif BUMN Dumai telah menjelma menjadi salah satu destinasi singgah bagi para wisatawan maupun masyarakat Kota Dumai untuk melihat etalase UMKM di kota ini. 

Didi juga menjelaskan bahwa pihaknya memiliki Program Kemitraan (PK) berupa pinjaman modal bagi usaha mikro dan kecil di Dumai, Bengkalis, Rokan Hilir dan sekitarnya. Ia menyebutkan bahwa syaratnya adalah usaha sudah berjalan minimal 6 bulan, memiliki omset tidak lebih besar dari Rp 2,5 milyar setahun, memiliki aset tidak lebih dari Rp 500 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) serta sedang tidak mendapakan pinjaman dari bank dan BUMN lain.

“Untuk pengajuannya bisa melalui Communication, Relations & CSR Pertamina RU II Dumai atau melalui Contact Pertamina 1 500 000 dengan menyebutkan akan mengajukan ke Pertamina RU II Dumai,” tutupnya.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pertamina Dumai semprotkan Desinfektan di rumah ibadah Kelurahan Jayamukti dan Tanjung Palas tangkal penyebaran COVID-19Tangkal Penyebaran Corona, Pertamina Semprot Disinfektan di Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum
Kepala Bidang UKM Drs H Misdiono menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi sertifikasi produk UMKM.Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pertamina Ajak UMKM Binaan Melek Sertifikasi Produk
Ilustrasi.Pemerintah Turunkan Harga BBM, Berikut Rinciannya
  IlustrasiPasokan BBM dan Elpiji di Riau Aman, Tak Terganggu Corona
 Unit Manager Communication & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho memantau langsung kegiatan pengobatan gratis di halaman kantor lurah tanjung palas. FOTO: BambangMasyarakat Kelurahan Tanjung Palas Antusias Ikuti Pengobatan Gratis Pertamina Dumai
Direktur HCM Telkomsel, Irfan A. Tachrir saat menjelaskan Connecting Talents & Opportunities in 4.0 Era dalam acara program talk show Talks@Telkomsel di Bandung. Revolusi Industri 4.0 didominasi oleh perubahan yang begitu cepat serta pemanfaatan teknologi digital yang begitu kental. Oleh karena itu, talenta muda perlu menyesuaikan kapabilitasnya sesuai dengan fenomena tersebut.“Talks@Telkomsel”, Diskusikan Kesempatan bagi Talenta Anak Muda untuk Era 4.0

 
Berita Lainnya :
  • Dinilai Tak Akurat, Pemerintah Bakal Beralih dari Rapid Test Corona ke PCR
  • Banyak Mengandung Vitamin C, Berapa Gelas Sebaiknya Minum Jus Jeruk Tiap Hari?
  • Kadisdikpora Rohul Umumkan Pembatalan UN dan Kelulusan Pelajar Rohul
  • HIPMI Jaya Minta Gubernur Anies Bentuk Gugus Tugas Ekonomi Khusus Jakarta
  • ILC Gelar Perkara Khusus Kasus Karhutla Via Video Teleconference
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved