www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Aparat Selamatkan Pria yang Coba Bunuh Diri Loncat dari Jembatan Siak III Pekanbaru
 
Tingkatkan Produktivitas Kerja
PTPN V Lindungi Karyawan dengan Asuransi Ketenagakerjaan
Jumat, 14/02/2020 - 17:11:31 WIB
 Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyaksikan alat egrek yang diperagakan Dirut PTPN V Jatmiko K Santosa disaksikan Gubernur Riau Syamsuar, di sela peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pekanbaru, (14/2/2020). FOTO: Humas
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyaksikan alat egrek yang diperagakan Dirut PTPN V Jatmiko K Santosa disaksikan Gubernur Riau Syamsuar, di sela peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pekanbaru, (14/2/2020). FOTO: Humas

PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) berkomitmen untuk memberikan jaminan sosial kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan tenaga kerjanya. Hal itu dilakukan lewat asuransi ketenagakerjaan.

Direktur Utama PTPN V, Jatmiko K Santosa pada momen peringatan bulan K3 Nasional tahun ini, perusahaan telah mengangkat 1.542 karyawan vendor menjadi Pekerja PKWT dan mendaftarkan seluruh karyawan yang dipekerjakan tersebut sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

Juga melakukan kontrak pengadaan alat panen dengan total Rp1,6 miliar, yang dibeli dari UMKM Pandai Besi setempat guna mendorong peningkatan ekonomi melalui pengembangan kapasitas produk industri kecil dan menengah.

Komitmen tersebut diungkapkan Dirut PTPN V saat menjadi tuan rumah upacara Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Riau, di lapangan komplek Venue Tenis PTPN V di Pekanbaru, Jumat (14/2/2020).

Upacara peringatan Bulan K3 Nasional yang dilaksanakan sekali setahun yang dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Dra H Ida Fauziyah, MSi dan diikuti 1.000 orang peserta yang berasal dari berbagai perusahaan di Riau tersebut, juga dihadiri Gubernur Riau l, Drs H Syamsuar MSi, jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan pimpinan perusahaan di Provinsi Riau.

"PT Perkebunan Nusantara V berkomitmen untuk memberikan jaminan sosial keselamatan dan kesejahteraan tenaga kerjanya. Setelah mengangkat 1.542 karyawan vendor menjadi karyawan Pemanen dengan sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, hari ini, PTPN V telah mendaftarkan seluruh karyawan tersebut, sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," sebut Jatmiko.

Hal tersebut sebagai upaya perusahaan dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja, agar mampu menghadapi resiko-resiko sosial secara mandiri dan bermartabat.

"Perusahaan sudah melakukan upaya maksimal untuk penerapan K3. Diantaranya dapat dilihat dari sertifikasi K3 yang dimiliki oleh seluruh pabrik serta penghargaan zero accident yang didapat. Namun sekecil apapun potensi resiko, kita harus mempersiapkan dan memberikan perlindungan, tidak hanya atas kesehatan dan keselamatan, termasuk juga dari sisi ekonomi dan sosial," ungkapnya lagi.

Risiko sosial sendiri merupakan resiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan pekerja, serta berdampak terhadap kemandirian ekonomi pekerja dan keluarganya, mulai dari resiko kecelakaan kerja, hilangnya pendapatan, resiko kematian, sampai dengan resiko hari tua.

"Sehingga mendaftarkan karyawan PKWT kami yang baru diangkat januari lalu ini, bukan hanya wujud kepatuhan terhadap penerapan k3 di lingkungan perusahaan, tapi juga guna mengantisipasi seluruh resiko, termasuk resiko sosial, secara mandiri dan bermartabat, demi kesejahteraan karyawan itu sendiri," tambah Jatmiko.

Tidak hanya fokus dalam penerapan K3, pada peringatan Bulan K3 tahun ini anak perusahaan Holding BUMN Perkebunan berkomoditas karet dan sawit ini juga menyerahkan Kontrak Pengadaan Alat-Alat Pertanian PTPN V kepada UMKM - Koperasi Rumbio Jaya Steel dengan total rencana pengadaan senilai Rp1,6 miliar.

"Untuk tahap pertama ini, kita tandatangani kontrak pengadaan alat-alat panen seperti egrek, dodos, gancu dan lain sebagainya senilai Rp 915 juta. Total rencana pengadaan alat panen sendiri yang akan diberikan kepada UKM lokal di Riau ini, mencapai Rp1,6 miliar," sebut Jatmiko.

"Ini merupakan wujud komitmen Perusahaan dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian melalui peningkatan UMKM, perluasan lapangan kerja dan penggunaan produk dalam negeri",

Menteri Ketenagakerjaan, Dra Hj Ida Fauziyah MSi yang menjadi inspektur upacara memberikan apresiasi dan memuji PTPN V atas komitmen dalam menerapkan perlindungan K3 di lingkungannya.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan PTPN V. Memberdayakan UKM dan komitmen penerapan K3 patut ditiru. Saya minta untuk ditularkan ke PTPN lain," harapnya. (rilis)





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
PTPN VPTPN V Beri Bantuan Program Kemitraan Rp10 Miliar pada Masyarakat Kampar
  Perwakilan KUD Dayo Mukti dan KUD Karya Mukti menerima penghargaan yang diserahkan oleh Dirut PTPN V, Mohammad Yudayat baru-baru ini. Petani Plasma PTPN V Raih Penghargaan Aspek-PIR

 
Berita Lainnya :
  • Aparat Selamatkan Pria yang Coba Bunuh Diri Loncat dari Jembatan Siak III Pekanbaru
  • Mitsubishi Tawarkan Program Penjualan Khusus Februari di Living World
  • Sebagai daerah Migrasi, Sensus Penduduk Harus Dimanfaatkan dengan Baik di Riau
  • Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan 2020, Lapas IIA Bengkalis Gelar Media Gathering
  • Kemenkum HAM Riau Dukung Lapas dan Rutan Raih Zona Integritas WBK dan WBBM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved