www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tangkal Hoax di Tengah Wabah Corona, Legislatif Minta Masyarakat Cerdas Saring Informasi
 
XL Axiata Umumkan Pemenang Tender Penjualan Menara
Selasa, 11/02/2020 - 22:01:45 WIB
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini (kiri  tengah ) bersama dengan Presiden Direktur Protelindo, Ferdinandus Aming Santoso (kanan tengah) dalam acara penandatangananperjanjian jual beli untuk penjualan menara telekomunikasi di Jakarta, Jumat (7/2/2020).
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini (kiri  tengah ) bersama dengan Presiden Direktur Protelindo, Ferdinandus Aming Santoso (kanan tengah) dalam acara penandatangananperjanjian jual beli untuk penjualan menara telekomunikasi di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengumumkan pemenang tender penjualan menara milik perseroan sebanyak 2.782 unit dan penyewaan kembali lahan milik XL Axiata dimana sebagian menara berlokasi senilai total Rp 4.050.255.163.200. 

Ada dua perusahaan yang memenangkan tender ini, yaitu PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Centratama Menara Indonesia (CMI). Penandatanganan perjanjian jual beli untuk transaksi ini telah dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Februari 2020, setelah sebelumnya telah melalui proses eAuction yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2020.

Protelindo memenangkan tender akuisasi atas 1.728 unit menara dan CMI memenangkan tender akuisisi atas 1.054 unit menara.

“Setelah selesainya transaksi ini maka kami akan bisa lebih fokus pada core business di bidang penyediaan layanan seluler dan mobile internet, terutama dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Kami juga optimis, transaksi ini juga akan berdampak positif pada optimalisasi dan peningkatan efektivitas terhadap biaya operasional serta biaya sarana dan prasarana pendukung," ungkap Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini.

Dian menambahkan, penting bagi kami untuk mendapatkan harga penyewaan kembali yang lebih rendah/kompetitif atas menara yang dijual agar dapat lebih menjamin pengelolaan neraca keuangan yang lebih kuat termasuk tercapainya profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang yang lebih berkesinambungan. 

"Selain itu, transaksi ini juga akan bisa mendukung XL Axiata dalam memperkuat struktur permodalan, meskipun saat ini XL Axiata juga telah memiliki neraca keuangan yang stabil dan kuat untuk mendukung kegiatan operasional dan ekspansi perusahaan," katanya.

XL Axiata telah mendapatkan persyaratan sewa yang paling kompetitif atas menara melalui mekanisme jual dan penyewaan kembali seperti yang sudah disebutkan di atas. Penjualan 2.782 menara telekomunikasi milik XL Axiata dan penyewaan kembali lahan milik XL Axiata dimana sebagian menara berlokasi dengan nilai transaksi sebesar Rp 4.050.255.163.200 ini setara dengan 21% dari ekuitas perseroan berdasarkan Laporan Keuangan Perseroan untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019 yang direview oleh Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan.

Selain perjanjian jual beli, XL Axiata juga telah menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menyewa Menara dengan kedua perusahaan pemenang tender. XL Axiata akan menyewa kembali 2.763 unit menara yang dijual tersebut untuk jangka waktu 10 tahun, di mana XL Axiata menjadi penyewa utama (anchor tenant), terhitung sejak tanggal penutupan sesuai dengan Perjanjian Induk Sewa Menyewa Menara. Tanggal penutupan yang dimaksud adalah tanggal penyelesaian transaksi yang dijadwalkan pada atau sebelum tanggal 30 Juni 2020.

Selanjutnya, karena sebagian menara yang dijual kepada para pemenang berada di atas tanah milik XL Axiata, maka XL Axiata akan menyewakan tanah-tanah tersebut kepada para pemenang.

Setelah transaksi penjualan menara yang terakhir ini, maka kini menara yang dimiliki XL Axiata ada sebanyak kurang lebih 1,600 menara.

Tender penjualan menara telekomunikasi milik XL Axiata ini telah dibuka mulai 5 November 2019. Tender diikuti oleh hampir semua perusahaan menyewaan menara telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia.(rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
(ki-ka) Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyerahkan bantuan kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, ST. MSi di Jakarta, Kamis (26/3/2020). XL Axiata mendukung penuh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menangani penyebaran dan penanggulangan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Dukung Penanganan Covid-19, XL Axiata Sediakan Akses Komunikasi Gratis untuk BNPB
  (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih (kiri) melalui live streaming memberikan pemaparan mengenai kenaikan trafik jaringan XL Axiata sepanjang satu pekan berlakunya bekerja dam belajar di rumah yang dilakukan masyarakat Indonesia, 15-22 Maret 2020, Jakarta, Senin (23/3/2020).Sepekan Penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah, Trafik Data XL Axiata di Sumatera Naik hingga 16%
Petugas pengamanan melakukan pengecekan suhu tubuh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini di XL Axiata Tower, Rabu (11/3/2020). Guna mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan kerja, XL Axiata terus memperketat lingkungan kerja.Cegah Virus Corona di Lingkungan Kerja, XL Axiata Terapkan Aturan Ketat
  Direktur & Chief Commerce Officer XL Axiata, Allan Bonke ( kanan ) bersama dengan Direktur - Chief Information and Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya ( tengah ) dan Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses (kiri). XL Axiata Umumkan Pengunduran Diri Allan Bonke Sebagai Direktur & Chief Commerce Officer
Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz (kiri) bersama dengan Head of Human Resources Nutrifood, Veronica Shinta (kanan) dalam acara kerjasama XL Axiata dengan Nutrifood.XL Axiata Sediakan Layanan Solusi Smart Building untuk Nutrifood
Group Head Marketing Strategy & Analytics XL Axiata, Dheeraj Kumar (kanan) menerima penghargaan 15th Annual Customer Experience Management in Telecoms Global Summit 2020 di London akhir Januari 2020 lalu.Sukses Terapkan Customer Value Management, XL Axiata Raih Penghargaan International

 
Berita Lainnya :
  • Tangkal Hoax di Tengah Wabah Corona, Legislatif Minta Masyarakat Cerdas Saring Informasi
  • Cegah Corona, Nasdem Peduli Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kelurahan Sungai Salak
  • Gubri Hadiri Penyemprotan Disinfektan di Lapas Kelas II A Pekanbaru
  • PWI Peduli Masuk Desa Salurkan Bantuan Warga Terdampak Covid-19
  • Kembali, 1 Pasien PDP Covid-19 di Bengkalis Diperbolehkan Pulang, PDP Dalam Perawatan Tinggal 4 Orang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved