www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Update Covid-19 di Indonesia, Pasien Posifif 1.790 Kasus, Meninggal 170 Jiwa, Sembuh 112 Orang
 
Pertamina Targetkan 20 Pengeboran Sumur Minyak Usai Ditetapkan Kelola Blok Rokan
Selasa, 28/01/2020 - 10:29:29 WIB
Pertamina targetkan 20 sumur minyak tahun 2020. Foto: Antara
Pertamina targetkan 20 sumur minyak tahun 2020. Foto: Antara

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menargetkan sebanyak 20 pengeboran sumur minyak pada tahun 2020, setelah resmi ditetapkan menjadi pengelola Blok Rokan di Riau.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, menjelaskan pada Juli 2018, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk mempercayakan pengelolaan Blok Rokan kepada Pertamina.

Ia mengemukakan bahwa dengan dukungan pemerintah, Pertamina terus mengupayakan proses transisi pengelolaan Blok Rokan berjalan dengan lancar agar dapat mempertahankan tingkat produksi saat alih kelola yang dimulai pada Agustus 2021.

Pengelolaan Blok Rokan oleh Pertamina pasca-Agustus 2021 telah dituangkan dalam Kontrak Bagi Hasil yang ditandatangani oleh anak perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Hulu Rokan dengan SKK Migas pada Mei 2019.

“Kami memenangkan tender Blok Rokan, sehingga Pertamina telah sah mendapatkan Participating Interest (PI) atau hak pengelolaan sekaligus menjadi operator Blok tersebut selama 20 tahun ke depan yakni sejak Agustus 2021 sampai 2041. Untuk memastikan produksi terus berjalan baik selama masa transisi, Pertamina pun telah menyiapkan investasi untuk melakukan pemboran pada 2020,” ujar Fajriyah.

Sebagai asumsi awal, lanjutnya, agar dapat menahan laju penurunan produksi alamiah, Pertamina menargetkan 20 sumur dapat dibor pada tahun ini.

Untuk dapat merealisasikan program pemboran tersebut, sampai saat ini Pertamina terus melakukan diskusi intensif dengan Chevron Pasific Indonesia (CPI) selaku pemilik PI saat ini, sekaligus mengkomunikasikannya dengan Pemerintah. Pertamina terus mendorong transisi alih kelola Blok Rokan tersebut selesai di tahun 2020.

"Pembahasan dengan CPI terus berlangsung untuk mencapai kesepakatan, sehingga kami berharap proses transisi Blok Rokan berjalan smooth,” kata Fajriyah dikutip dari antarariau.

Menurutnya, Pertamina belajar dari pengalaman di Blok Mahakam. Sebelum hak pengelolaan beralih ke Pertamina, pemboran sumur yang berkurang drastis dari 44 sumur di tahun 2016 menjadi 6 sumur di 2017 telah mempengaruhi penurunan produksi migas yang signifikan pada saat alih kelola dimulai pada 2018.

Walaupun setelahnya, Pertamina terus menggenjot pemboran dan melakukan investasi sehingga berhasil mencapai hasil produksi yang lebih tinggi dari target yang pernah dicanangkan operator sebelumnya.

Selain pemboran, upaya lain yang telah dilakukan adalah bersinergi dengan anak perusahaan Pertamina dengan menunjuk Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk mengerjakan proyek pergantian pipa hilir Blok Rokan.

Pipa tersebut rencananya akan menghubungkan beberapa lapangan, yakni Minas-Duri-Dumai dan Batam-Bangko-Dumai. Penggantian pipa diperlukan sebelum Blok Rokan beralih ke Pertamina karena pipa eksisting pun sudah berumur terlalu tua dan berpotensi menggaggu produksi Blok Rokan jika terus digunakan. Pertamina menargetkan pembangunan pipa hilir ini bisa selesai pada Agustus 2021 sebelum kontrak CPI berakhir.

Berdasarkan data, Blok Rokan merupakan blok minyak terbesar di Indonesia. Blok seluas 6.220 kilometer ini memiliki 96 lapangan dengan tiga lapangan memiliki potensi minyak yang baik yaitu Duri, Minas dan Bekasap.

Dengan dikelolanya Blok Rokan oleh Pertamina mulai 9 Agustus 2021 mendatang, maka kontribusi produksi minyak Pertamina dibandingkan produksi minyak nasional akan meningkat dari 48 persen di tahun 2019 menjadi 60 persen di tahun 2021.

Blok Rokan telah beroperasi selama 68 tahun, sejak 1952. Dapat dikatakan blok tersebut cukup mature sehingga perlu upaya khusus untuk terus mengoptimalkan resources yang ada dan menahan laju penurunan alamiahnya.

Upaya-upaya peningkatan produksi Blok Rokan direncanakan Pertamina melalui optimasi pengembangan lapangan-lapangan produksi baik melalui kegiatan Primary, Secondary / Waterflood maupun Tertiary Recovery (Steamflood dan Chemical EOR). Investasi dalam keseluruhan lingkup pekerjaan tersebut guna menahan laju penurunan alamiah dan menaikkan produksi dengan meningkatkan recovery factor lapangan. Dengan investasi yang terintegrasi tersebut diharapkan akan memberikan pengaruh yang signifikan pada pendapatan Pemerintah dan Pertamina. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Mencegah penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan kerja dan di sekitar area perusahaan dengan penyemprotan disinfectant.Sinergi SKK Migas - Pertamina EP Asset 1 Field Lirik Bersama Upika Cegah Penyebaran Covid-19
Pertamina Dumai semprotkan Desinfektan di rumah ibadah Kelurahan Jayamukti dan Tanjung Palas tangkal penyebaran COVID-19Tangkal Penyebaran Corona, Pertamina Semprot Disinfektan di Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum
IlustrasiPasokan BBM dan Elpiji di Riau Aman, Tak Terganggu Corona
  Selain penyemprotan disinfektan, PEP juga menempatkan hand sanitizer di tempat-tempat strategis.Cegah Covid-19, Seluruh Asset Pertamina EP Disterilisasikan
IlustrasiPertamina Buka Ruang Turunkan Harga BBM Non Subsidi
Pertamina EP raih penghargaan di ajang HSSE Award.Pertamina EP Raih 23 Penghargaan di Ajang HSSE Award 2020

 
Berita Lainnya :
  • Update Covid-19 di Indonesia, Pasien Posifif 1.790 Kasus, Meninggal 170 Jiwa, Sembuh 112 Orang
  • Warga Binaan Lapas Kelas II A Pekanbaru Beri Bantuan 20 Lusin APD untuk Tenaga Medis
  • Pemko Dumai Siapkan Rp40 Miliar Atasi Wabah Virus Corona
  • Jika Pilkada Ditunda, KPU Kepulauan Meranti Siap Kembalikan Uang Sisa Hibah
  • Dekranasda Salurkan Bantuan 800 Masker BC-19 untuk ODP Kabupaten Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved