www.halloriau.com

Ekonomi
BREAKING NEWS :
Agar Hasil Maksimal, Walikota Pekanbaru Berharap Kabupaten Tetangga Terapkan PSBM
 
Ancaman Perang Dunia III Bikin Harga Emas dan Minyak Melambung
Selasa, 07 Januari 2020 - 11:23:19 WIB
Emas.
Emas.

JAKARTA - Konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran semakin membara sejak pekan lalu. Ketegangan ini mulai menimbulkan efek ke harga emas hingga minyak mentah dunia.

Konflik kembali membara ketika Presiden AS Donald Trump menyerukan serangan ke Baghdad hingga menewaskan komandan pasukan Quds Iran Jenderal Qasem Soleimani.

Soleimani, kepala unit pasukan khusus di Korps Pengawal Revolusi Islam, adalah arsitek utama operasi militer Iran di luar negeri. Dia terbunuh Kamis malam ketika meninggalkan bandara Baghdad, saat mobil konvoinya ditabrak oleh sebuah pesawat tak berawak yang diperintahkan oleh presiden AS.

Salah satu dari mereka yang terbunuh bersamanya juga adalah pemimpin penting milisi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis, yang juga wakil komandan milisi yang didukung Iran yang dikenal sebagai Pasukan Mobilisasi Populer. Konflik semakin pelik setelah AS juga mulai mengancam Irak.

Hal itu menimbulkan gejolak atas harga minyak mentah dan emas. Mengingat Irak merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia.

Diberitakan detik, pada perdagangan minggu malam harga minyak mentah dunia naik lebih dari 2%.

Melansir CNBC, Senin (6/1/2020), Benchmark harga minyak mentah Internasional, Brent, naik 2,3% menjadi US$ 70,18 per barel, sementara West Texas Intermediate naik 2,1% menjadi US$ 64,38 per barel.

Pada hari Jumat Brent mencapai level tertinggi sepanjang lebih dari tiga bulan di US$ 69,50 yang kemudian akhirnya menetap di $ 68,60. Sementara itu WTI naik ke sesi tertinggi US$ 64,09 yang merupakan level tertinggi sejak April sebelum menarik kembali untuk menetap di US$ 63,05 dengan kenaikan 3,06%.

Iran telah bersumpah untuk membalas serangan AS itu, dan bentuk pembalasan ini akan menentukan langkah prodiksi minyak selanjutnya, menurut analis Wall Street. Misalnya, jika negara menargetkan produksi di Arab Saudi atau Irak yang merupakan produsen terbesar OPEC harga bisa bergerak lebih tinggi lagi.

Pada hari Jumat, kepala penelitian komoditas global Citi Ed Morse mengatakan bahwa harga minyak mentah akan mencapai US$ 70 per barel dalam waktu singkat, sementara Again Capital's John Kilduff mengatakan bahwa jika produksi Irak tertahan maka harga minyak akan melonjak lebih tinggi.

Irak adalah produsen minyak terbesar kedua OPEC, memompa sekitar 4,6 juta barel per hari.

Konflik yang terjadi antara AS dan Iran membuat tensi kedua negara memanas. Irak merasa negaranya akan menjadi lokasi perang antara AS vs Iran.

Parlemen Irak mengambil tindakan dengan mengusir pasukan AS dan militer negara lainnya keluar dari negaranya. Hal itu membuat Trump kembali naik darah. (*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Dengan panjang kurang lebih 367 KM, Pipa Minyak Rokan dengan ukuran 4" - 24" akan melintas di 5 Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau, Dumai, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Rokan Hilir. Pipa ini berpotensi mengangkut minyak diperkirakan kurang lebih 200.000 - 265.000 BOPD.Dorong Efisiensi PSN & Holding Migas, PGN Komitmen Selesaikan Proyek Pipa Minyak Rokan
Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati saat peresmian pengaliran gas ke pembangkit listrik Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako di Kabupaten Siak, Riau, Jumat (28/8/2020). Foto: AntaraTingkatkan Produksi Minyak, Pertagas Alirkan Gas ke Pembangkit Listrik BOB di Siak
Minyak mentah.Target Produksi Minyak Mentah Riau Dipangkas Akibat Penurunan Harga
  Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih SKK Migas: Lifting Minyak hingga Agustus Melebihi Target
Gubernur Riau (dua dari kanan) didampingi oleh GM EMP Malacca Strait SA Kelik Hadi Suharya, General Manager EMP Bentu Ltd Tri Firmanto dan Direktur PT EMP Energi Terbarukan Bagus C Kartika (dari kiri ke kanan).EMP Lakukan Survei Seismic dan Pengeboran di Empat Kabupaten di Provinsi Riau
IlustrasiKelola Blok Rokan, Pertamina Targetkan Sumbang 60 Persen Produksi Minyak RI

 
Berita Lainnya :
  • Agar Hasil Maksimal, Walikota Pekanbaru Berharap Kabupaten Tetangga Terapkan PSBM
  • DPRD Pekanbaru Sahkan APBD-P 2020 Rp2,78 Triliun, Penanganan Covid-19 Jadi Fokus Anggaran
  • Tambah 13 Kasus, Pasien Covid-19 di Bengkalis Capai 235 Orang
  • Ketuk Palu, DPRD Riau Sahkan APBD Perubahan Rp8,7 Triliun
  • Cari Rumput di Babussalam, Kakek 68 Tahun Meninggal Mendadak Akibat Kelelahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved