www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kepala BKD Riau Tegaskan Tak Akan Ada Pelantikan Pejabat hingga Akhir Tahun 2020
 
Menteri ESDM Berharap Alih Kelola Blok Rokan Dipercepat Tahun Depan
Kamis, 26 Desember 2019 - 15:22:52 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif minta PT Pertamina (Persero)  mempercepat proses transisi alih kelola Blok Rokan dari Chevron Pasific Indonesia. Ia berharap proses transisi bisa segera diselesaikan tahun depan.

Percepatan ia minta supaya proses pengeboran minyak dan gas bumi di blok tersebut bisa segera dilaksanakan. Percepatan juga perlu dilakukan guna mempertahankan tingkat produksi Blok Rokan saat jatuh tempo alih kelola pada 2021 mendatang.

"Kami sudah minta Pertamina proaktif kemudian Chevron bisa membuka pintu, sudah. Tiap minggu Chevron sudah lapor. Kemudian kami pertemukan dengan Pertamina," ujarnya seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Kamis (26/12) dikutip dari CNNIndonesia.

Selain percepatan transisi alih kelola, Ia juga meminta Pertamina untuk segera menyiapkan dana untuk investasi pengeboran.

"Pertamina sudah menyiapkan, karena ini Pertamina harus segera melaksanakan 20 poin pengeboran untuk bisa mempertahankan, dari 72 target. Ya paling tidak 20 itu bisa dilakukan," ujar Arifin.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menunjuk PT Pertamina (Persero) sebagai kontraktor baru Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Rokan di Riau mulai 8 Agustus 2021 hingga 2041.

Penunjukan tersebut menghentikan pengelolaan Blok Rokan oleh PT Chevron Pacific Indonesia yang mengantongi hak pengelolaan blok migas terbesar di Indonesia itu sejak 1971. Kementerian tersebut menyatakan memilih Pertamina dengan alasan komersial.

Dari sisi komersial, Pertamina mengajukan dalam proposalnya bonus tanda tangan sebesar US$784 juta atau sekitar Rp11, 3 triliun. Kemudian, komitmen kerja pasti untuk lima tahun sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7,2 triliun. Tak hanya itu, potensi pendapatan negara selama 20 tahun pengelolaan akan mencapai US$57 miliar, atau sekitar Rp825 triliun.  (*)











Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Bantuan modal usaha untuk Kelompok Jahit Pertiwi.Kembangkan Rumah Jahit Pertiwi, Pertamina Lewat Rumah Zakat Beri Modal Usaha
Refinery Unit (RU) II Pertamina meraih dua penghargaan pada malam penganugerahaan Indonesian CSR Award (ICA) 2020 di JS Luwansa Hotel Jakarta, Jumat (6/11/2020).
Refinery Unit II Pertamina Raih 2 Penghargaan dalam Ajang Indonesia CSR Award 2020
PFpreneur Pertamina Foundation Women Leaders and Enterpreneurs.Cinta Laura Kiehl dan Pertamina Foundation Wujudkan Impian Wirausaha Perempuan Jadi Kenyataan
  Didukung pengawasan aparat keamanan, Pertamina upayakan TA 2020 berjalan bebas hambatan.Masuki Tengah Progres, TA Kilang Pertamina Dumai Berjalan Lancar
Pipa Minyak Rokan merupakan salah satu proyek energi terbesar tahun ini yang berhasil mencetak efisiensi anggaran sebesar Rp 2,1 triliun. Efisiensi Proyek Pipa Minyak Blok Rokan Jadi Standar Baru Proyek Infrastruktur PGN
Walikota Dumai H. Zulkifli AS pimpin panen raya jagung manis Kelompok Tani Bukit Mekar Binaan Pertamina RU II Dumai.CSR Pertamina Dorong Kelompok Tani Bukit Mekar Bangkit dari Lahan Tidur hingga Berpenghasilan Rp 250 Juta

 
Berita Lainnya :
  • Kepala BKD Riau Tegaskan Tak Akan Ada Pelantikan Pejabat hingga Akhir Tahun 2020
  • Semakin Jelas Wujud Perangkat OPPO Reno5
  • Pjs Bupati Tandatangani Naskah Hibah Barang Milik Negara, 8 Sumur Bor Jadi Milik Pemda Siak
  • 434 ASN Pemprov Riau Sembuh dari Covid-19, 8 Meninggal
  • Sudah 20.601 Orang di Riau Terpapar Covid-19, Pekanbaru Sumbang 9.945 Kasus
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Exit Meeting Pelaksanaan Audit BPKP
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved