www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pegawai Swasta Dapat Bantuan Rp 600 Ribu, Apa Tujuannya?
 
Telkomsel Masih Jadi yang Terkencang, Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G
Rabu, 18 Desember 2019 - 06:18:25 WIB
ilustrasi BTS
ilustrasi BTS

PEKANBARU - Di akhir 2019, perusahaan mobile analitik, OpenSignal kembali merilis laporan performa jaringan seluler di Indonesia. Secara keseluruhan, OpenSignal mencatat ketersediaan jaringan 4G di Indonesia semakin membaik dibanding pertengahan tahun.

Hasil laporan ini tidak banyak berubah dibanding laporan yang dirilis pada Juli lalu. Telkomsel masih unggul di berbagai penilaian riset OpenSignal.

Perusahaan pelat merah itu masih unggul di kecepatan upload dengan kecepatan 5,4 Mbps, atau naik 46 persen. Sementara kecepatan download rata-rata Telkomsel adalah 12 Mbps atau naik 23 persen.

Kenaikan kecepatan upload Telkomsel diklaim paling besar dalam metrik OpenSignal, namun tidak demikian untuk kecepatan download.

Meski masih yang terdepan, peningkatan kecepatan download Telkomsel tidak lebih tinggi dibanding Indosat Ooredoo, yang naik 37 persen, dengan kecepatan 6,6 Mbps, dan Hutchison Tri yang naik 26 persen dengan kecepatan 6,5 Mbps.

Sementara kecepatan download XL Axiata adalah sebesar 8,7 Mbps.

Di kategori pengalaman video, Telkomsel masih masuk dalam peringat "baik" dengan kenaikan 4,5 poin ke angka 58,8. Kenaikan performa pengalaman video juga dialami Indosat dengan peningkatan 7 poin ke peringkat "sedang" ke angka 41,7.

Sisanya, disebut OpenSignal masih mendapat peringkat "buruk" untuk pengalaman video seluler.

Telkomsel juga mencatatakan skor terbaik di kategori baru yakni Pengalaman Aplikasi Suara di Indonesia. Skor yang diraih adalah 77,3 dari maksimal skor 100.

Artinya, pelanggan Telkomsel pada umumnya disebut tidak mendapatkan halangan berarti saat melakukan panggilan telepon.

Misalnya gangguan suara lain, bunyi klik, atau volume penerimaan suara yang kecil, sehingga membuat mereka harus mengulang-ulang pembacaraan agar lebih jelas ke telinga penerima.

Namun, operator lain disebut mendapatkan skor yang buruk dalam kategori ini.

Sementara itu, Smartfren masih unggul untuk ketersediaan jaringan 4G dengan skor 96,4 persen, sebagaimana dirangkum dari keterangan resmi OpenSignal yang diterima KompasTekno, Selasa (17/12/2019), seperti yang dilansir dari tempo.

Hal ini tidak cukup mengejutkan, lantaran Smartfren hanya fokus mengalokasikan bandwidth di jaringan 4G saja.

Sedangkan jaringan 3G sudah dimatikan sejak tahun 2017 lalu. Peningkatan ketersediaan jaringan 4G juga diikuti operator seluler lain, dan membuat ketersediaan 4G di Indonesia tumbuh positif ke angka 86 persen.*

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya. Diikuti Lebih 30 Ribu Peserta, Telkomsel Komit Kembangkan Industri Mobile Gaming Melalui IGC 2020
 (Ka-ki) Direktur Human Capital Management Telkomsel R Muharam Perbawamukti, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menerima penghargaan dari Menteri BUMN Erick Thohir atas apresiasi yang diberikan Telkomsel kepada relawan penanganan Covid-19 dengan menghadirkan paket data khusus kuota data 25GB di Jakarta, Kamis (9/7/2020).Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data 25GB Per Bulan
 Head of Home LTE Telkomsel Arief Pradetya saat memperkenalkan solusi internet rumah serba digital yaitu Telkomsel Orbit di acara peluncuran Telkomsel Orbit dalam virtual press conference menggunakan platform CloudX di Jakarta, Kamis (2/7). Mau Koneksi Data dengan Kecepatan Unggul dan Fitur Premium? Pilihannya Telkomsel Orbit
  Press conference Komitmen Telkomsel untuk Keamanan Data Pelanggan.Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman
Tinc Batch 5 2020 telah membuka pendaftaran pada bulan ini dengan menargetkan jangkauan kepada para innovator lokal di seluruh IndonesiaGelar Program Tinc Batch 5, Telkomsel Perkuat Kolaborasi Bersama Inovator Membangun Ekosistem Digital di Indonesia
Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah mengadakan bincang-bincang dengan media setempat secara virtual menggunakan layanan video conference CloudX Telkomsel.Peran Aktif Telkomsel dalam Penerapan Era New Normal di Wilayah Sumatera Bagian Tengah

 
Berita Lainnya :
  • Pegawai Swasta Dapat Bantuan Rp 600 Ribu, Apa Tujuannya?
  • BNPP Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program Perbatasan di Bengkalis
  • Pilkada Kepulauan Meranti, Bacalon Diminta Segera Berkoordinasi dengan KPU
  • Sidang Dugaan Kasus Suap Alih Fungsi Hutan, Annas Maamun Batal Bersaksi karena Sakit
  • Ledakan di Beirut Diduga Bukan Hanya dari Amonium Nitrat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved