www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
BNN Riau Musnahkan 1 Kg Sabu dan Inek Milik Warga Pekanbaru
 
Telkomsel Masih Jadi yang Terkencang, Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G
Rabu, 18/12/2019 - 06:18:25 WIB
ilustrasi BTS
ilustrasi BTS

PEKANBARU - Di akhir 2019, perusahaan mobile analitik, OpenSignal kembali merilis laporan performa jaringan seluler di Indonesia. Secara keseluruhan, OpenSignal mencatat ketersediaan jaringan 4G di Indonesia semakin membaik dibanding pertengahan tahun.

Hasil laporan ini tidak banyak berubah dibanding laporan yang dirilis pada Juli lalu. Telkomsel masih unggul di berbagai penilaian riset OpenSignal.

Perusahaan pelat merah itu masih unggul di kecepatan upload dengan kecepatan 5,4 Mbps, atau naik 46 persen. Sementara kecepatan download rata-rata Telkomsel adalah 12 Mbps atau naik 23 persen.

Kenaikan kecepatan upload Telkomsel diklaim paling besar dalam metrik OpenSignal, namun tidak demikian untuk kecepatan download.

Meski masih yang terdepan, peningkatan kecepatan download Telkomsel tidak lebih tinggi dibanding Indosat Ooredoo, yang naik 37 persen, dengan kecepatan 6,6 Mbps, dan Hutchison Tri yang naik 26 persen dengan kecepatan 6,5 Mbps.

Sementara kecepatan download XL Axiata adalah sebesar 8,7 Mbps.

Di kategori pengalaman video, Telkomsel masih masuk dalam peringat "baik" dengan kenaikan 4,5 poin ke angka 58,8. Kenaikan performa pengalaman video juga dialami Indosat dengan peningkatan 7 poin ke peringkat "sedang" ke angka 41,7.

Sisanya, disebut OpenSignal masih mendapat peringkat "buruk" untuk pengalaman video seluler.

Telkomsel juga mencatatakan skor terbaik di kategori baru yakni Pengalaman Aplikasi Suara di Indonesia. Skor yang diraih adalah 77,3 dari maksimal skor 100.

Artinya, pelanggan Telkomsel pada umumnya disebut tidak mendapatkan halangan berarti saat melakukan panggilan telepon.

Misalnya gangguan suara lain, bunyi klik, atau volume penerimaan suara yang kecil, sehingga membuat mereka harus mengulang-ulang pembacaraan agar lebih jelas ke telinga penerima.

Namun, operator lain disebut mendapatkan skor yang buruk dalam kategori ini.

Sementara itu, Smartfren masih unggul untuk ketersediaan jaringan 4G dengan skor 96,4 persen, sebagaimana dirangkum dari keterangan resmi OpenSignal yang diterima KompasTekno, Selasa (17/12/2019), seperti yang dilansir dari tempo.

Hal ini tidak cukup mengejutkan, lantaran Smartfren hanya fokus mengalokasikan bandwidth di jaringan 4G saja.

Sedangkan jaringan 3G sudah dimatikan sejak tahun 2017 lalu. Peningkatan ketersediaan jaringan 4G juga diikuti operator seluler lain, dan membuat ketersediaan 4G di Indonesia tumbuh positif ke angka 86 persen.*

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Jadi Raja Kuota, Ini Keuntungan dari Smartfren untuk Konsumen
Direktur HCM Telkomsel, Irfan A. Tachrir saat menjelaskan Connecting Talents & Opportunities in 4.0 Era dalam acara program talk show Talks@Telkomsel di Bandung. Revolusi Industri 4.0 didominasi oleh perubahan yang begitu cepat serta pemanfaatan teknologi digital yang begitu kental. Oleh karena itu, talenta muda perlu menyesuaikan kapabilitasnya sesuai dengan fenomena tersebut.“Talks@Telkomsel”, Diskusikan Kesempatan bagi Talenta Anak Muda untuk Era 4.0
Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro.Setyanto Hantoro Resmi Jabat Direktur Utama Telkomsel
   Program Daily Check In MyTelkomsel merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk mengajak para pelanggan menikmati layanan digital MyTelkomsel yang memberikan banyak kemudahan dalam mengakses berbagai informasi tentang produk dan layanan Telkomsel. Program ini memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan kuota nelpon 100 menit/7 hari ke sesama Telkomsel dan kuota internet hingga 2 GB. Program Daily Check In MyTelkomsel Berikan Kuota Gratis Bagi Pelanggan
Direktur Keuangan Heri Supriadi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar IV Budi Prasetya (tengah) beserta Manajemen Telkomsel dan Manajemen  Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar IV saat pemberian penghargaan dari Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar IV di Jakarta, Selasa (14/1). Telkomsel Terima Apresiasi Sebagai Kontributor Pajak Terbesar di KPP Wajib Pajak Besar Empat
 Seorang petugas sedang bersiaga memastikan performansi layanan di Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel, Jakarta (31/12/2019). Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% di Nataru, Video Streaming dan Medsos Jadi Favorit Pelanggan

 
Berita Lainnya :
  • BNN Riau Musnahkan 1 Kg Sabu dan Inek Milik Warga Pekanbaru
  • DLH Rohil Ajukan Ranperda Pengendalian Pencemaran Air
  • Gubri Sampaikan 5 Misi dan 7 Isu Strategis Pemprov Riau Periode 2019 - 2024
  • Pimpin Musrenbang Sungai Apit, Pj Sekda Siak Berharap Usulan 2021 Dapat Terealisasi
  • Pemilik Kayu Illog 20 Ton Masih DPO, Sewa Kapal Pompong Milik Warga
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved