www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Guna Peremajaan Sawit Rakyat, Riau Terima Dana Rp720 Juta dari BPDPKS
 
Ekonomi Melambat, BI Riau Sebut Penghiliran Sebagai Kunci
Jumat, 13 Desember 2019 - 16:04:54 WIB
BI Riau.
BI Riau.

PEKANBARU - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menyatakan untuk menghadapi situasi perekonomian global yang melambat, kuncinya adalah penghiliran hasil sumber daya alam.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Decymus mengatakan penghiliran harus didorong karena akan membantu daerah dalam menghadapi tantangan pelemahan ekonomi dunia.

"Hilirisasi dapat dipercepat dengan meningkatkan kemudahan berusaha. Hilirisasi juga memerlukan dukungan infrastruktur strategis," ujar Decymus pada pertemuan tahunan Bank Indonesia, Kamis (12/12/2019).

Dia menjelaskan berbagai sektor alternatif pertumbuhan ekonomi Riau saat ini semakin berkembang. Dari sektor perdagangan, perikanan, real estate, UMKM/Ekonomi Kreatif, dan juga pariwisata. Dengan berbagai peluang dan tantangan tersebut, pemulihan ekonomi Riau 2020 diperkirakan bakal terus berlanjut.

Selain kondisi perekonomian global sedang berada dalam fase melambat, perang dagang antara China dan Amerika hingga kini juga belum menemukan titik penyelesaian. Sementara itu, permintaan CPO dunia masih dibayangi berbagai hambatan, baik tarif maupun non-tarif.

"Perlambatan ekonomi global ternyata memukul ekspor Riau. Tren pertumbuhan ekonomi Riau terus melambat sejak 2011 dan semakin rendah sejalan dengan melemahnya ekspor," ujarnya dikutip bisniscom.

Dari sisi inflasi, Bank Indonesia melihat adanya peningkatan inflasi di 2019, namun secara garis besar masih lebih rendah dari provinsi penghasil komoditas seperti Sumatra Utara.

Andil terbesar penyumbang inflasi di Riau yakni cabai merah, daging ayam ras, dan bawang merah yang menjadi fokus utama semua pihak, agar inflasi rendah dan stabil mampu tercapai untuk menunjang terjaganya daya beli masyarakat.

Riau juga dihadapkan pada berbagai tantangan pengendalian inflasi dikarenakan posisinya yang bukan sebagai daerah penghasil komoditas pangan, persaingan usaha yang tidak sehat, struktur harga yang tidak wajar, dan keadaan cuaca yang kurang kondusif.

“Tahun depan, inflasi Riau diperkirakan masih tetap terkendali. Meskipun demikian kita tetap perlu mewaspadai laju inflasi pada masa mendatang. Melihat beberapa indikator utama pada inflasi inti, inflasi administered price, dan inflasi volatile food kami memperkirakan bahwa pada 2020 mendatang, inflasi Riau berada pada rentang 2,1 persen sampai dengan 4,1 persen," ujarnya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Riau, Emri Juli Harnis Pembangunan dan Pengembangan Riau 2021 Bakal Disesuaikan dengan RPJMD, Fokus Pemulihan Ekonomi
Uang Koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit. FOTO: Dok: Bank Indonesia.Heboh Uang Koin Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, BI Angkat Bicara
Ilustrasi.Walau Pekanbaru Jalankan PSBB, Penukaran Uang Kecil Tetap Bisa Dilakukan
  IlustrasiPandemi Covid-19 Bikin Riau Terpaksa Sesuaikan Pertumbuhan Ekonomi Jadi 1,43 -2,14 Persen
Ilustrasi.Penukaran Uang Kecil di BI Perwakilan Pekanbaru Menurun Gara-gara Corona
Musrenbang melalui video conference yang dipimpin langsung Gubernur Riau Syamsuar.Target Pertumbuhan Ekonomi Riau Tahun 2021 Sebesar 2,93 - 3,2 Persen

 
Berita Lainnya :
  • Guna Peremajaan Sawit Rakyat, Riau Terima Dana Rp720 Juta dari BPDPKS
  • Sapi Kurban PTPN V Tak Sampai ke DPRD Riau, Ini Penjelasannya
  • Besok, Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka
  • Petronas Melesat, Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko
  • Tapal Batas 93 Desa di Kepulauan Meranti Bermasalah, Berpotensi Timbulkan Konflik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved