www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Dua Warga Sumut Pengedar Narkoba Sindikat Internasional Diupah 2 Juta/Kg
 
Dukung Kenyamanan Pelanggan, Jaringan XL Axiata Siap Layani Libur Panjang Akhir Tahun
Selasa, 10/12/2019 - 14:24:33 WIB
  Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai kawasan wisata Sumatera.
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai kawasan wisata Sumatera.

PEKANBARU-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang di akhir tahun 2019 ini.

Dalam masa liburan sepanjang kurang lebih dua pekan tersebut, persiapan jaringan meliputi antara lain peningkatan kapasitas hingga 2x dari hari normal, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga persiapan untuk melakukan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari.

"Kami sangat serius karena selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun lalu, trafik data di Sumatera meningkat sebesar 22% dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Khusus untuk wilayah Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Barat, peningkatan trafik akan terjadi di Batam, Bintan, Pekanbaru, Dumai, Padang, dan Bukittinggi. XL Axiata telah memperkuat jaringan di sepanjang jalan Trans Sumatera yang menghubungkan ketiga provinsi, bandara, pelabuhan, tempat objek wisata lokal, dan pusat-pusat perbelanjaan yang menjadi tempat titik keramaian.

Desy menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia. Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas pemudik, seperti antara lain bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. Selain itu juga lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal.

Berdasarkan data trafik tahun-tahun sebelumnya, tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihana atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.
 
Desy optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa. 

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, tim kami di lapangan akan stanby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta," jelasnya.

Pada tahun lalu, libur panjang akhir tahun telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Antara 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83% dibandingkan hari-hari normal. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat lebih dari 500% dibandingkan hari-hari biasa.

Manajemen XL Axiata mencatat, antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Jalan-jalan di Ibukota Jakarta menjadi lengang, sementara itu jalan menuju luar kota menjadi padat.

Melalui sistem monitoring jaringan, bisa terlihat pula tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Bandara SSK II.Puncak Arus Nataru di SSK II Diprediksi 19 Desember - 5 Januari 2020
Pasar tradisional di Pekanbaru.Tenang! Stok Sembako di Riau Aman untuk 6 Bulan
UangBI Siapkan Rp 105 Triliun Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Natal dan Tahun Baru
  Head of Sales Kepri dan Ridar XL Axiata, Alex Burnama menunjukkan aplikasi Laut Nusantara kepada Kepala Dinas Kominfo Natuna, Raja Darmika dan nelayan Desa Mekar Jaya, Kabupaten Natuna, Jumat (20/12). XL Axiata Hadirkan Jaringan Telekomunikasi 4G, Program USO di Kepulauan Natuna
Tol Pekanbaru-DumaiLolos ULF, Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka saat Natal dan Tahun Baru
Perayaan Natal Bersama yang diadakan WOM Finance dengan Panti Asuhan Insan Permata Menebar Kasih, WOM Finance Natalan Bersama Anak-Anak Panti Asuhan

 
Berita Lainnya :
  • Dua Warga Sumut Pengedar Narkoba Sindikat Internasional Diupah 2 Juta/Kg
  • Riset Ilmiah Buktikan Pukul 7:30 Pagi Waktu Terbaik untuk Bercinta
  • Pemprov Riau Targetkan LKPJ dan LPPD Tuntas Maret 2020
  • IIDI Pekanbaru Sebut Konsep Keluarga Mulai Terkaburkan, Kehamilan Remaja di Indonesia Tinggi
  • Saat di Jalan Lintas, Polda Riau Gagalkan 3 Kg Sabu Masuk ke Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Citimall Dumai Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved