www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Hingga Januari, Polisi Amankan 6 Tersangka Karhutla di Bengkalis
 
Dua Mitra Bina PT RAPP Raih Penghargaan Adikriya
Senin, 02/12/2019 - 17:31:43 WIB
Para mitra bina berfoto bersama dengan perwakilan Community Development PT RAPP.
Para mitra bina berfoto bersama dengan perwakilan Community Development PT RAPP.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau memberikan Penghargaan Adikriya kepada sejumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Riau. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (2/12/2019) di UPT Dinas Perindustrian, Pekanbaru, Riau.

Dua mitra bina PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berhasil meraih penghargaan dari pemerintah ini. Di antaranya Batik Nagori untuk kategori sandang dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Sahira untuk kategori pangan dari Kabupaten Kampar.

Menurut pengurus IKM Batik Nagori, Elpira, saat ini Batik Nagori sudah memiliki 10 orang pengrajin. Batik Nagori telah mendapatkan berbagai pelatihan dari Rumah Batik Andalan binaan Community Development RAPP. 

"Pemesanan juga sudah mulai hingga ke Provinsi Kepulauan Riau. RAPP melatih kami dan mendukung material membatik pada tahun 2018. Dari sanalah bermula hingga sekarang. Para pengrajin batik saat ini bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 3 juta per bulan," jelas Elpira.

Sedangkan Sahira, usaha kue di Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar telah dilatih oleh CD RAPP dalam pengemasan produk. Sahira, yang juga nama pemiliknya menyebutkan, dalam sehari pihaknya bisa meraup keuntungan Rp3-7 juta.

"Pengemasan yang diajarkan oleh RAPP lebih mudah dan menarik perhatian pengunjung. Di kedai kami tersedia berbagai macam kue seperti bolu kemojo, keripik-keripik dan lainnya," tutur Sahira.

Gubernur Syamsuar mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap para pelaku usaha IKM di Riau yang sudah mempromosikan kerajinan tangan dan makanan khas Riau. Selain itu melalui penghargaan ini untuk mencoba menginspirasi para pelaku IKM yang lain.

"Kita tidak bisa bergantung terus dengan sumber daya alam. Kita harus optimis untuk mencari usaha baru. Adanya sejumlah IKM yang ada dapat meningkatkan perekonomian rakyat kecil," katanya.

Diceritakan Syamsuar, saat dirinya bertemu Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, para pelaku IKM sebaiknya memproduksi nilai tambah dan bisa diekspor ke luar negeri. Hal tersebut diperlukan kerjasama, baik dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota dan perusahaan yang beroperasi di Riau.

"Berarti harus ada terobosan baru untuk mendorong ekonomi masyarakat. Pesan Presiden Jokowi, di tengah ketidakpastian ekonomi ini, kita disarankan untuk membuat sesuatu yang berbeda dan mencari jenis-jenis industri baru. Kita harus optimis mencari potensi itu," tuturnya. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif dan Engineering & Development Manager Fajar Basuki foto bersama seusai penyerahan PROPER oleh Wakil Presiden RI.Pertamina RU II Pertahankan PROPER Emas dan Hijau, Sungai Pakning Peringkat 2 Terbaik
Para mitra bina berfoto bersama dengan perwakilan Community Development PT RAPP.Dua Mitra Bina PT RAPP Raih Penghargaan Adikriya
PT RAPP menerima penghargaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dari Kemenkes RI.Kemenkes RI Beri Penghargaan GP2SP pada PT RAPP
  Polytron raih penghargaanSembilan Kali Juara, Audio Polytron Raih Platinum dari IBBA 2019
Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh dan Vice President Branding and Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana usai menerima penghargaan Telkomsel sebagai Brand of The Year Kategori Telekomunikasi Seluler dari World Branding Forum dalam ajang World Branding Awards 2019-2020 di London, setelah melalui tiga penilaian yaitu Brand Valuation, Consumer Market Research dan Public Online Voting.Telkomsel Raih Penghargaan World Branding Awards 2019-2020 Sebagai Brand of The Year
Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sihol Aritonang mewakili APRIL Group menerima Primaniyarta Award 2019 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam pembukaan Trade Expo Indonesia, Rabu (16/10/2019).Kinerja Ekspor Meningkat, APRIL Group Raih Penghargaan Primaniyarta 2019

 
Berita Lainnya :
  • Hingga Januari, Polisi Amankan 6 Tersangka Karhutla di Bengkalis
  • Masyarakat Resah, Buaya di Meranti Mulai Masuk Pekarangan Rumah
  • "Kami Sangat Bangga dan Bahagia Terima Reward Honda KJU Ini"
  • Baliho Eet-Samda Curi Perhatian Warga, Satu-satunya Balon yang Tampil Berdua
  • Pimpin Apel Bersama, Alfedri Minta Tindaklanjuti APBD dan Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Citimall Dumai Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved