www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pemko Dumai Siapkan Rp40 Miliar Atasi Wabah Virus Corona
 
Telkomsel 5G for Industry 4.0
Telkomsel Uji Coba 5G untuk Kebutuhan Industri, Akselerasikan Negeri Menuju Making Indonesia 4.0
Jumat, 29/11/2019 - 08:44:50 WIB
Director Planning and Transformation Edward Ying, DirJen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. IR. Ismail MT, Director Sales Ririn Widaryani dan Acting CEO Telkomsel Hari Supriadi, menjelaskan kepada Awak Media terkait 5G Industry.
Director Planning and Transformation Edward Ying, DirJen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. IR. Ismail MT, Director Sales Ririn Widaryani dan Acting CEO Telkomsel Hari Supriadi, menjelaskan kepada Awak Media terkait 5G Industry.

BATAM - Sukses menjadi yang pertama menghadirkan pengalaman teknologi 5G pada gelaran Asian Games pada tahun 2018, Telkomsel kembali dilibatkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menggelar uji coba jaringan IMT-2020 (5G) yang kali ini berfokus pada kebutuhan industri. 

Uji coba tersebut dilakukan melalui gelaran “Telkomsel 5G for Industry 4.0” di kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/11/2019).

Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi mengatakan, uji coba Telkomsel 5G ini merupakan wujud keseriusan transformasi Telkomsel menjadi digital telco company yang terus bergerak maju dalam mengakselerasikan negeri, dengan menghadirkan teknologi terkini yang dapat mendorong perwujudan ekosistem Industry 4.0.

"Teknologi seluler generasi ke lima ini diyakini akan menjadi faktor yang penting di era revolusi Industry 4.0, karena pemanfaatannya secara nyata akan meningkatkan produktivitas serta efisiensioperasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa," katanya.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. IR. Ismail MT mengucapkan, selamat atas babak baru ini bagi Telkomsel, yang sudah smart memilih waktu dan tempat untuk peluncuran uji coba 5G yang kedua ini di Batam, setelah melakukan ujicoba yang pertama untuk mendukung pemerintah saat penyelenggaraan Asian Games.
 
"Perubahan teknologi sudah semakin cepat, baru sekitar empat tahun lalu kita dikenalkan dengan teknologi 4G dan kini kita sudah bersiap menyambut 5G. Dengan tsunami teknologi ini, kita harus bersiap diri menjadi tuan rumah dalam implementasi 5G sehingga teknologi ini dapat memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya untuk perusahaan tapi juga untuk masyarakat dan perekonomian nasional. Kunci agar kita mendapatkan manfaat sebesar-besarnya adalah dengan mengedepankan inovasi sehingga investasi untuk infrastruktur teknologi baru mendatangkan multiplier effect. Kami dari Kominfo siap bekerja sama dengan Telkomsel untuk membantu agar teknologi terbaru ini menghadirkan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan bangsa dan negara," jelas Ismail.
 
Uji coba jaringan 5G untuk segmen industri ini juga merupakan  upaya Telkomsel dalam mengakselerasikan kesiapan ekosistem sehingga dapat mengadopsi teknologi 5G dan mendorong peningkatan kualitas, produktivitas, otomasi, optimasi, dan efisiensi di dalam operasional industri.

Penyediaan koneksi terhadap teknologi jaringan tersebut juga menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengedepankan prinsip customer-centric bagi seluruh segmen pelanggan, baik segmen business-to-business (B2B) maupun business-to-consumer (B2C). 

Para pelaku industri membutuhkan teknologi jaringan yang mampu membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan agar bisa berkolaborasi bersama menyukseskan inisiatif pemerintah Making Indonesia 4.0.

Sedangkan pemilihan Batam menjadi lokasi penyelenggaraan “Telkomsel 5G for Industry 4.0” sendiri tidak terlepas dari sejarah penting Telkomsel di kota terbesar di Kepulauan Riau itu. Layanan Telkomsel pertama kali beroperasi di Pulau Batam, sebelum akhirnya jaringan Telkomsel menjangkau wilayah lainnya di seluruh Indonesia. 

Selain itu, kota Batam juga merupakan kawasan transit perdagangan dengan Singapura dan Malaysia, yang menjadikan Batam sebagai kawasan industri perdagangan internasional terpadu dan menjadi bagian yang sangat relevan dalam pemanfaatan teknologi 5G untuk transformasi digital dalam sektor industri.

Telkomsel 5G for Industry 4.0

Dalam menghadirkan uji coba 5G untuk para pelaku industri, Telkomsel berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), sehingga uji coba dilakukan sesuai dengan standar 5G NR (New Radio) yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang menyusun protokol untuk jaringan mobile. Sepanjang periode uji coba jaringan 5G di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk senantiasa patuh terhadap ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah dan mengoptimalkan kesempatan tersebut untuk mengakselerasi kesiapan ekosistem 5G secara matang.

Pada penyelenggaraan uji coba 5G di Batam ini, Telkomsel juga berkolaborasi dengan Ericsson, salah satu mitra strategis Telkomsel yang telah berpengalaman sebagai penyedia jaringan 5G di seluruh dunia, untuk menghadirkan beberapa use-case atau implementasi teknologi terkait penyediaan solusi layanan sektor industri yang terintegrasi dengan layanan jaringan 5G.  

Sejumlah  use-casetersebut terdiri dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, dan  Industry 4.0 Enabler. Melalui use-casetersebut, Telkomsel memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk melihat dan mencoba secara langsung sejumlah penerapan 5G yang mampu menunjang operasional perusahaan.

Selain itu, Telkomsel juga berhasil melakukanpanggilan telepon seluler menggunakan fitur video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia denganmenggunakan jaringan 5G, yang didukung oleh perangkat smartphone 5G dari Oppo.

Heri melanjutkan, “Penyelenggaraan “Telkomsel 5G for Industry 4.0” dapat mendorong Indonesia agarmenjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia pada 2030. Maka dari itu, teknologi ini diharapkan mampu berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.”

Hadirnya jaringan 5G di Indonesia melalui uji coba  kali ini melanjutkan konsistensi Telkomsel untuk senantiasa menghadirkan teknologi terkini dan terdepan dalam upaya menciptakan ekosistem digital yang berkesinambungan, melanjutkan pengembangan teknologi jaringan berbasis broadband di Indonesia mulai dari memperkenalkan jaringan 3G (2006) dan 4G LTE (2014) hingga menggelar pengalaman 5Gpertama di Indonesia melalui ‘Telkomsel 5G Experience Center’ pada ajang internasional Asian Games 2018 di Jakarta.

Ke depannya, Telkomsel juga akan melanjutkan rangkaian uji coba jaringan 5G di berbagai kota di Indonesia melalui implementasi lintas sektor guna memastikan pemanfaatan teknologi 5G dapat mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia.(rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Bidang UKM Drs H Misdiono menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi sertifikasi produk UMKM.Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pertamina Ajak UMKM Binaan Melek Sertifikasi Produk
Sebagai one-stop digital customer touch point, pelanggan dapat memenuhi seluruh kebutuhannya melalui MyTelkomsel. Jika pelanggan dengan keterbatasan memori ponsel, aplikasi MyTelkomsel yang lebih ringkas yaitu MyTelkomsel Lite. Aplikasi MyTelkomsel Hadirkan Versi Terbaru untuk Tingkatkan User Experience
Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro.Setyanto Hantoro Resmi Jabat Direktur Utama Telkomsel
  IlustrasiPertumbuhan Produksi Industri Manufaktur di Riau Masih Kalah dari Nasional
Direktur HCM Telkomsel, Irfan A. Tachrir saat menjelaskan Connecting Talents & Opportunities in 4.0 Era dalam acara program talk show Talks@Telkomsel di Bandung. Revolusi Industri 4.0 didominasi oleh perubahan yang begitu cepat serta pemanfaatan teknologi digital yang begitu kental. Oleh karena itu, talenta muda perlu menyesuaikan kapabilitasnya sesuai dengan fenomena tersebut.“Talks@Telkomsel”, Diskusikan Kesempatan bagi Talenta Anak Muda untuk Era 4.0
 Seorang petugas sedang bersiaga memastikan performansi layanan di Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel, Jakarta (31/12/2019). Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% di Nataru, Video Streaming dan Medsos Jadi Favorit Pelanggan

 
Berita Lainnya :
  • Pemko Dumai Siapkan Rp40 Miliar Atasi Wabah Virus Corona
  • Jika Pilkada Ditunda, KPU Kepulauan Meranti Siap Kembalikan Uang Sisa Hibah
  • Dekranasda Salurkan Bantuan 800 Masker BC-19 untuk ODP Kabupaten Siak
  • KPBD Indragiri Hulu Ergusfian: Stop Bakar Lahan, Nyawa Petugas Pemadam Taruhannya
  • Persiapan Penyusunan APBD, Disperkim Rohil Bahas Renja 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved