www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Aktifitas Warga ke Bagansiapiapi Dibatasi Walau Ada Keluhan
 
BPS Ungkap Riau Alami Deflasi -0,07 Persen di Bulan Oktober
Jumat, 01 November 2019 - 19:56:58 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa Provinsi Riau pada Oktober 2019 mengalami deflasi sebesar -0,07 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 140,47.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Jumat, mengatakan bahwa terjadi penurunan indeks harga konsumen yang cukup signifikan terutama pada kelompok bahan pangan yang menjadi pemicu utama deflasi, yang artinya harga kebutuhan bahan pangan turun dan nilai uang bertambah.

"Deflasi Riau pada Oktober 2019 sebesar -0,07 persen terjadi karena ada penurunan indeks harga konsumen yang cukup signifikan pada kelompok bahan makanan yang mengalami deflasi sebesar -0,47 persen," katanya.

Ia mengatakan deflasi juga terjadi pada kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga yakni sebesar -0,09 persen, kelompok sandang sebesar -0,01 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar -0,003 persen.

"Komoditas yang memberikan andil terjadinya deflasi di Riau antara lain cabai merah, kentang, cabai rawit, cabai hijau, ikan mujair, udang basah, tarif bioskop, jeruk, daging sapi, telur ayam ras dan lain-lain," ujar Misfarudidn.

Pada Oktober ada tiga kelompok lainnya yang mengalami inflasi, atau kenaikan harga, yaitu kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,33 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,03 persen.

"Komoditas yang memberi andil inflasi antara lain: daging ayam ras, bawang merah, ikan serai, beras, ikan tongkol, ayam hidup, harga mobil dan lain-lain," katanya.

Ia menjelaskan Inflasi Tahun Kalender Provinsi Riau mencapai 2,76 persen, dan Inflasi "Year on Year" atau Oktober 2019 terhadap Oktober 2018 sebesar 3,50 persen.

BPS menentukan inflasi/deflasi di Riau dengan menghitung IHK dari tiga kota besar di daerah tersebut, yakni Kota Pekanbaru, Tembilahan, dan Dumai.

Pada Oktober dua kota mengalami deflasi, yakni Kota Pekanbaru sebesar -0,04 persen dan Kota Tembilahan sebesar -0,59 persen. Sedangkan Kota Dumai mengalami inflasi sebesar 0,05 persen.

Ia menambahkan, Kota Tembilahan tercatat sebagai kota tertinggi yang mengalami deflasi dari 23 kota di Sumatera yang dihitung IHK oleh BPS. Dari jumlah tersebut, 13 kota di Sumatera mengalami deflasi, dengan deflasi tertinggi terjadi di Kota Tembilahan, diikuti oleh Kota Bengkulu sebesar -0,56 persen dan Kota Sibolga sebesar -0,37 persen. Deflasi terendah terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar -0,02 persen.

Di Indonesia, dari 82 kota yang menghitung IHK, 39 kota mengalami deflasi, dengan deflasi tertinggi terjadi di Kota Balikpapan sebesar -0,69 persen. Kota Tembilahan dan Kota Kendari berada pada peringkat dua yang masing-masing sebesar -0,59 persen. Sedangkan deflasi terendah terjadi di Kota Palopo sebesar -0,01 persen. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiRiau Defisit Pangan, Produksi Beras Tahun 2019 Turun 13,13 Persen
IlustrasiNilai Ekspor Riau 2019 Anjlok 22,27 Persen, Ini Sebabnya
Cabai merah.Cabai Merah dan Ikan Serai Penyebab Riau Alami Deflasi 0,16 Persen di Bulan Desember 2019
  Riau mengalami inflasi sebesar 0,34 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,46.BPS Catat Riau Alami Inflasi Sebesar 0,34 Persen
Ilustrasi.Hingga November 2019, Neraca Perdagangan Riau Surplus 9,7 Miliar Dolar AS
Ilustrasi.Nilai Ekspor Riau November 2019 Capai US$ 1.05 Miliar, Turun 3,39 Persen

 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Penyebaran Covid-19, Aktifitas Warga ke Bagansiapiapi Dibatasi Walau Ada Keluhan
  • BRK Diminta Peduli UMKM Terdampak Covid-19
  • Pemdes Sialang Bungkuk Bagikan BLT Desa Tahap I
  • Ronaldo Selfie Bergaya Alay
  • Sambut New Normal, Beginilah Prosedur Keamanan Gerai Operator Seluler
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved